Balik ke Bali : Ini 5 Destinasi yang Wajib di Kunjungi

September 27, 2017

Bali? Apa yang terpikirkan oleh anak berumur 12 tahun saat mengunjungi pulau ini? Wisata? Pura atau dengan banyaknya bule? Ya tepat 15 tahun lalu gue menginjakan kaki di pulau Bali. Tepat juga beberapa bulan sebelum bom Bali 1 pertama terjadi di Oktober 2002. Waktu itu liburan sekolah SMP di tahun 2002, gue bersama keluarga mengunjungi Bali. 


Pertama kali gue ke Bali saat itu menggunakan mobil. Menyusuri jalanan Jakarta-Jawa membawaku menuju Bali. Ah Bali pada saat itu masih baru dan banyak yang belum terjamah oleh banyaknya manusia. Bali merupakan surga bagi pecinta jalan-jalan.  Gue yang masih SMP sangat senang menuju kesana. Menikmati danau Batur yang indah, Pura yang keren dan banyak tempat yang bagus saat gue disini.

Hampir 15 tahun tidak mengunjungi pulau ini dan gue jadi ingin kembali ke pulau ini. Terbesit dalam pikiran gue " kayaknya seru balik ke Pulau ini". Bali aku akan kembali menikmati indah panorama alammu. Mencari-cari foto lama tidak ketemu, maklum saat itu masih dalam bentuk analog kameranya. Akhirnya, gue membayangkan apa yang mau dikunjungi ke Bali. Pastinya gue akan mengunjungi beberapa tempat yang dulu pernah dikunjungi 15 tahun lalu dan tempat wisata baru di pulau ini. Gue mau bikin listnya ahh

1.      Tanah Lot
Pura yang terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di tempat ini  ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing. Disini merupakan tempat yang kece untuk melihat matahari terbenam. Pertama kali kesini merupakan tempat yang sangat gue kagumi. Tempat ini harus gue kunjungi saat ke Bali nanti
Gambar. 2 Tanah Lot (hellopet.com)

2.       Danau Batur 
Pertama kali kesini gue tidak terlalu senang karena hanya sebuah danau biasa dan hanya menyajikan alam danau begitu saja. Namun ternyata danau ini menyimpan sebuah cerita yang membuat gue kagumi yaitu tentang trunyan. Trunyan adalah kuburan paling seram di Bali. Jenazah di sini tidak dikubur atau dibakar, tapi digeletakan begitu saja. Meski begitu, tak ada bau bangkai yang tercium karena pohon 'sakti' di kuburan tersebut. Waktu kesana gue naik perahu kecil, tapi kalo jadi ke Bali gue nanti akan Trekking kesana menyusuri alam danau Batur yang keren.
   
Gambar. 3 Danau Batur (balifunky.com)

3.      Nusa Penida 
Ketika pertama kali mengunjungi Bali tempat ini belum terangkat pariwisatanya. Nusa Penida tidak ada yang mengetahui tentang tempat ini namun saat sekarang ke Bali tidak ke pulau ini seperti tidak ke Bali. Pulau yang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia ini menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Ada beberapa spot yang ingin gue kunjungin seperti :

·         Pantai Kelingking 
Letak pantai ini ada di bawah dan tidak terlalu luas. Jurangnya  tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah. Tapi kalian bisa menyaksikan pemandangan tebing paluang/karang dawa ini dari atas. Kalau liat di Foto-foto tempat ini wajib gue kunjungi karena susah cari pemandangan kayak gini di indonesia. Sampai disini gue akan foto-foto kece yang akan bikin mupeng temen-temen gue
Gambar. 4 Pantai Kelingkimg (balifunky.com)

·         Angel Billabong 
Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida yang bermuara terlebih dahulu sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Selain itu terdapat cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah dan cantik, mungkin belum tentu dapat ditemukan di tempat lain. Dengan berciri khas artistik dan berbatu karang berwarna hijau kuning akan menambah eksotis dari Angel’s Billabong ini. Akan seru kalo gue berenang di air yang jernih disini dan bermain air di tempat ini bareng-bareng.. 
Gambar. 5 Angel Billabong  (balifunky.com)

·         Pantai Pasih Uug 
Banyak tempat di Nusa Penida yang menjanjikan keindahan alam dan bakal bikin gue terpesona untuk mengunjunginya. Salah satunya adalah pantai Pasih Uug alias Broken Beach yang wajib dan nggak gue lewatkan jika berkunjung ke pulau ini. Kenapa bisa dinamakan Beach Broken? karena pantai ini memiliki sebuah tebing yang berlubang pada bagian tengahnya dengan ketinggian kurang lebih 200 meter, sehingga membentuk seperti sebuah terowongan raksasa yang berada di tengah laut. 
Kayaknya gue kece banget nih kalo foto dari atas terus pemandanganya pantai di belakang ini. arghh pasti instagramable banget.
       
Gambar. 6 Pasih Uug (www.telusuri.com)
4.      Nusa Lembongan
Pulau ini merupakan satu kabupaten dengan pulau Nusa Penida. Pulau ini bagi gue wajib dikunjungi sebagai penikmat laut. Pulau yang menampilkan nuansa bawah laut yang kece ini wajib dikunjungi dan masuk dalam wishlist gue.
Gambar. 7. Lembongan (balifunky.com)

5.      Rafting di Sungai Telaga Waja
Selain wisata laut dan pura, Bali menawarkan wisata menarik dan atraktif lainya yaitu raftingRafting di Bali saat gue baca-baca di internet menampilkan keindahan yang eksotis dan menawan. Tidak terbayangkan ke Bali pakai ada rafting segala apalagi menurut orang-orang airnya jernih banget. 
Gambar. 8 Arung Jeram (Balifunky.com)


Cukup sudah 5 destinasi wisata yang akan gue kunjungi saat gue kembali ke Bali. Sebenarnya masih banyak yang ingin dikunjungi kembali di pulau ini namun 5 destinasi sudah cukup mengurangi rasa kangen dan rindu akan pulau ini. Ah mari Balik ke Bali mengunjungi pulau dewata yang menawan hati. Pasti kece banget kan dari laut dapat, wisata religi juga di tambah rafting pasti kece banget ini.





You Might Also Like

11 comments

  1. Aku baru sekali ke Bali, penasaran nih sama Nusa Penida Ki. Kudoain terpilih ya. Duh mupeng bisa ke Bali. Balifunky go go go!

    ReplyDelete
  2. aku juga pengen di ajak ke Bali..pengen lihat Nusa Penida terus seseruan bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ayoo ikutan koh * kalo koh dedy ikut duuhh hehehe

      Delete
  3. Pantai kelingking bagus banget kayanya. 3x ke Bali belom pernah ke sana juga

    ReplyDelete
  4. Pengen juga ke Bali bareng si yayang eh bukan deng..ini mah sudah pernah sih wkwkwk. Pengen seru seruan di Bali bareng tmn2 funky.

    ReplyDelete
  5. Doel..bom bali 1 loe ke bali?ga ketemu gw ya?ya iyalah..loe 12 th dan gw...aah jd malu ma umur..hehehe.Bali emg ga cukup didatangin sekali atau dua kali doel..Enaknya klo bisa balik ke bali rame2..Ikutan jg aahh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh