Lengkong Kulon, Berdaya dan Berbudaya di Kampung Sendiri

December 30, 2018

kampun lengkong kulon


Lengkong Kulon, merupakan sebuah kampung yang terletak di ujung BSD, tepatnya di Pagedangan, Tangerang, Banten. Kampung yang juga dikenal dengan sebutan Kampung Sawah ini lokasinya berada persis di tengah kota. Di antara gedung-gedung apartemen, perkantoran dan pusat perbelanjaan yang menjulang tinggi. 

Sulit memang membayangkan daerah urban, namun masih memiliki kampung yang sejuk nan asri layaknya gambaran lagu desaku yang permai. Kenyataannya, di antara gemerlapnya kehidupan ibukota, di tengah gerusan arus modernisasi, Kampung Lengkong Kulon ini mampu mempertahankan ciri khasnya

Eksistensi Kampung Lengkong Kulon ini, tentu tidak lepas dari kepedulian dari masyarakat dan berbagai pihak, salah satunya program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra, yang digagas oleh Astra Daihatsu. Ada tidak kurang dari 76 Kampung Berseri Astra (KBA) di seluruh Indonesia dan salah satunya adalah Kampung Lengkong Kulon yang hadir sejak tahun 2016 ini. 

Hebatnya Kampung Lengkong Kulon, saat ini sudah mencapai tingkatan KBA Utama. Tiga tingkat di atas tingkatan KBA Pratama, Madya dan Nindya. Dalam pengimplementasian program CSR Kampung Berseri Astra kepada masyarakat ini, mengedepankan konsep yang mengusung empat pilar utama yaitu: 

1. Pilar Lingkingan dengan Menciptakan Kebun Sabilulungan


"Pilar ini mengutamakan program penyediaan bahan makanan sehat untuk masyarakat KBA."

Kebun komunitas Sabilulungan yang ada di Lengkong Kulon, dimaksudkan untuk mendukung kecukupan gizi masyarakat juga untuk kemandirian dalam pemenuhannya itu sendiri. Sebab kebun Sabilulungan ini merupakan kebun organik sebagai upaya proklim yang dikelola oleh komunitas di Lengkong Kulon sendiri.

kampun lengkong kulon
Kebun komunitas Sabilulungan yang ditanami sayuran kangkug dan pepaya
Sebidang tanah kosong yang lokasinya dekat area pemakaman ini, oleh warga Lengkong Kulon dijadikan sebagai kebun sayur. Mengedepankan prinsip simbiosis mutualisme, di mana dengan mengambil unsur hara dari area pemakaman yang faktanya mampu menyuburkan tanah yang berimbas pada suburnya tanaman. Terdapat tanaman seperti jagung, labu, pisang, chaisim, kacang panjang, hingga rambutan, tampak tumbuh subur di kebun ini. 

Mungkin bagi orang awan akan terasa aneh, namun satu hal yang acap kali luput dari ingatan kita, bahwa sejatinya manusia diciptakan Tuhan dari saripati tanah. Kemudian saat ruh berpisah nyawa, kita akan kembali ke tanah lagi. Begitu seterusnya.Kerennya hasil penjualan dari kebun Kampung Lengkong Kulon ini bahkan sudah bisa untuk menggaji kelmpok yang mengurusinya lho.

Selain itu, pilar lingkingan ini menciptakan ide kreatif dalam pemanfaatan sampah organik. Dedaunan kering diolah sedemikian rupa hingga menjadi pupuk kompos. Setiap rumah di Kampng Lengkong Kulon, telah memiliki kesadaran untuk memisahkan berdasarkan jenis organik dan non-organiknya. Ada pula semacam lapak untuk menampung barang rongsokan yang bernilai jual.

2. Gerobak Pintar untuk Pilar Pendidikan 


"Membiasakan anak-anak Kampung Lengkong Kulon berinteraksi dengan buku-buku di gerobak pintar, merupakan implemntasi pilar pendidikan utama untuk menggerakkan minat baca."  

Sumber Daya Manusia yang berkualitas merupakan investasi masa depan yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, pengadaan program Gerobak Pintar KBA demi terciptanya generasi penerus yang gemar membaca dan intelektual merupakan hal yang utama di Kampung Lengkong Kulon ini. Gerobak pintar ini semacam taman baca praktis yang dapat bermobilisasi di sekitar kampung. 

kampun lengkong kulon
Gerobak pintar di Kampung Lengkong Kulon
Sebagai pendukung program Gerobak Pintar, anak-anak Kampung Lengkong Kulon juga disokong fasilitas berupa Pendidikan Anak Usia Dini dengan program belajar dan tenaga pendidik yang mumpuni. Mulai dari kegiatan belajar membaca, menulis, bermain permainan yang memicu psikomotorik anak, mengaji hingga menghafalkan surah-surah Al Quran. 

kampun lengkong kulon
Adik-adik di Kampung Sawah yang gemar membaca sejak dini 

3. Posbindu Juara Sebagai Bagian dari Pilar Kesehatan


"Seproduktif-produktifnya SDA adalah manusia-manusia yang sehat. Sebab itulah posyandu sebagai pusat kesehatan masyarakat desa merupakan bagian vital di Kampung Lengkong Kulon."

Sejalan dengan program Germas yang digagas oleh pemerintah, KBA juga mendukung program kesehatan masyarakat khususnya Kampung Lengkong Kulon dengan pengadaan Posbindu Juara  untuk melayani pemeriksaan seperti tekanan darah, gula darah, kolesterol, timbangan badan, kesehatan mata, hingga pengetahuan seputar ASI ekslusif untuk bayi. 

kampun lengkong kulon
Cek kesehatan rutin masyarakat Lengkong Kulon di Posbidu
Masyarakat di Kampung Sawah ini juga sadar kesehatan dengan rutin mengecek kesehatan mulai dari anak-anak dan dewasa. Posbindu di kampung ini telah didukung oleh tenaga medis mulai dari perawat dan dokter yang berkompeten.

4. Implementasi Pilar Kewirausahaan Demi Tercapainya Masyarakat Mandiri

"Kegiatan Workshop Kewirausahaan Sabilulungan yang dilakukan di Pusat Kegiatan Wirausaha merupakan bagian dari wujud nyata penciptaan kemandirian di Desa Lengkong Kulon."  

Salah satu kerajinan yang berkembang di masyarakat Kampung Sawah ini yaitu kerajinan sutil kayu yang murah meriah. Ada pula meubel berbahan dasar ban bekas kendaraan yang dibentuk sedemikian rupa hingga berubah menjadi kursi, meja hingga pot bunga yang unik dan bermanfaat. 

kampun lengkong kulon
Salah satu produk jus kemasan hasil olahan warga Lengkong Kulon
Selain itu olahan berupa rengginang, jus sirsak, jus mangga kemasan yang diolah oleh ibu-ibu Kampung Sawah ini juga mampu mendongkrak perekonomian warga. Tidak hanya enak dan segar, olahan-olahan ini juga terjamin kesehat dan higienitasnya, karena homemade tanpa pengawet dan pemanis buatan.

Hal Unik dan Patut Dicontoh dari Kampung Lengkong Kulon

Sebaik-baiknya masyarakat adalah mereka yang tidak meninggalkan budayanta. Ya, di kampung Sawah ini, masih sangat kental dengan budaya Betawinya lho. Tamu penting yang datang ke sini, akan disambut dengan ritual Palang Pintu. Tidak cukup sampai di situ, marawis dan sholawatan juga melengkapi sambutan hangat dari warga Kampung Lengkong Kulon. Unik dan menyenangkan tentu saja.

Masyarakat kampung Sawah ini juga sudah memiliki kesadaran dan kedisiplinan perihal menjaga lingkungan tempatnya tinggal agar tetap nyaman. Lihat saja, mereka tampak terbiasa memisahkan antara sampah oraganik dan non organik. Bahkan sampah berupa botol plastik mereka kumpulkan dalam sebuah wadah khusus. Sehingga tidak heran jika pengunjung betah berlama-lama di kampung ini, sebab tampak rapi dan bersih dari serakan sampah. 

Di Kampung lengkong Kulon ini, aktifitas pergerakan mata uang tampak konstan. Ini dibuktikan dengan hadirnya fasilitas publik seperti penjualan bahan bakar kendaraan alias bensin, steam kendaraan, laundry, warung sembako hingga kelontong ada di sini. kampung namun fasilitas tetap mumpuni. Luarbiasa sekali. 

Kesadaran masyarakat Lengkong Kulon untuk saling memajukan perekonomian bertetangga sepertinya amat tinggi. Sehingga perputaran mata uang di dalam kampung tetap terjaga, malah semakin bertambah dengan adanya pengunjung yang datang.

kampun lengkong kulon
Salah satu bentuk wirausaha yang digeluti warga Kapung Sawah
Tentu menjadikan sebuah kampung hingga peringkat KBA Utama seperti Kampung Lengkong Kulon ini bukan perkara yang instan dan sederhana. Ada Tekad, usaha keras, keinginan kuat masyarakatnya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Astra melalui program CSR 4 pilarnya merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dedikasi yang patut diacungi jempol. Selain menjadikan isnpirasi kampung-kampung di luar sana, semoga ke depannya akan lebih banyak lagi Kampung Lengkong Kulon yang lain melalui program Kampung Berseri Astra di seluruh penjuru Indonesia.#LFAAPABSD

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah keren sekali ya ini kampung lengkong kulon. tinggal di kota namun bersuasana desa, hmmmm

    ReplyDelete
  2. Sehat dan diproduksi sendiri. Selamat untuk usaha di sana mas :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh