Yuk ke Tolitoli

November 19, 2016

Tolitoli dimana sih? gue juga bingung saat di suruh tugas kesini.. ada apaan sih di kabupaten yang berjarak sekitar 9 jam dari kota provinsi palu ini..

nah gue sedikit ngasih info ada apa sih di tolitoli.

untuk ke tolitoli dapat di tempuh dengan jalur laut darat dan udara. wew banyak banget aksesnya.. 
nah kalo yang suka liat-liat jalan bisa naek jalur darat dari palu kalau dari palu biasanya berangkat jam 7 atau 8 malem dan langsung di jemput di tempat. dengan harga 250-150 ribu (tergantung tempat duduk). kalo mau naek kapal laut bisa juga namun karena akses informasi jadi agak susah untuk mengetahui jadwal keberangkatanya.
Nah ada juga kalo mau naek pesawat berangkat dari palu biasanya jam 9 pagi ada dua penerbangan bisa naek kalstar atau wing air yang setiap hari berangkat. turun di bandar udara sultan bantilan. dari bandara menuju kota kabupaten ada angkot warna biru yang biasa menawarkan sampai ke kota tolitoli dengan harga 50ribu rupiah




Sampai di toli-toli mau kemana? di daerah toli-toli ini komplit wisatanya dari gunung sampai laut. namun untuk saat ini di kota tolitoli akses kendaraan umum masih jarang dan juga kalo mau nyewa motor juga agak susah karena belum ada penyewaan yang  biasa untuk wisata. tapi kalo mau nyewa mobil bisa sewa harga 300ribu perhari tapi jangan takut angkutan atau disini bisa di bilang taksi bisa di sewa sih harga kisaran sekitar 150ribu perhari 

Nah masuk ke Kota kabupaten Tolitoli kita di sambut dengan pulau lutungan. pulau yang terletak di depan kota kabupaten ini dapat di tempuh dengan waktu 15 menit. namun untuk akses kesana masih susah untuk perahu yang umum. namun tenang masih ada bisa numpang perahu anak sekolah jam 7 pagi atau jam 3 sore dengan harga 10 ribu perorang. disana ada apaan sih? nah disana kita bisa naek ke makam raja atau mungkin yang suka snorkeling bisa bermain-main di pantai belakang. untuk tau paket harga silahkan main ke warung di perkampungan tanya saja dengan nama ardi dia bisa mengantar untuk spot snorkeling.


perahu yang bisa di tumpangi

di pulau ini bisa seharian menikmati wisata pulau. untuk menginap disini belum ada penginapan. mungkin teman-teman bisa ikut perahu sore atau bisa bayar sewa untuk mengantar ke kota dengan harga 50ribu rupiah (sudah tidak ada perahu ke kota sore hari)
 di pulau ini ada makam raja bantilan yang merupakan raja dari tolitoli yang di makamkan di pulau ini.. untuk melihat makam ini kita menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 115 anak tangga (terkadang berbeda dengan orang lain )
view dari makam raja



makam raja

pantai belakang pulau

makam raja
nah untuk menginap di sepanjang pelabuhan ferry di kota kabupaten toli-toli bisa di coba. tarif disini dari 200-300ribu atau kalo mau hotel murah ada dekat masjid raya disana satu kamar dengan harga 100 ribu. nah untuk wisata malam bisa kulineran di daerah tanjung batu disana banyak ikan bakar untuk makan malam yang viewnya langsung menghadap ke laut.

salah satu hotel di tolitoli

selain ikan bakar kalau mampir ke kota ini jangan lupa makan ambal. makanan khas tolitoli ini bisa di makan di siang hari sampai sore hari. kalo kata orang tolitoli makanan ini adalah pizzanya tolitoli. makanan yang terbuat dari sagu dengan toping ikan di atasnya.
Ambal
nah udah puas kulineran di kota ini. selain ke pulau lutungan ada juga spot pantai yang bisa di tempuh sekitar 1 jam dari kota tolitoli menggunakan motor atau bisa juga memakai angkot yang minta di antar ke pantai ini. pantai ini namanya pantai sabang tende (bukan sabang aceh ya). waktu pertama kali kesini gue juga bengong kenapa di samain pantai sabang eh ternyata karena terletak di desa sabang kec galang. nah akses kesini lumayan gampang-gampang susah karena kurangngya kendaraan umum yang menuju kesini. Pilihanya tadi kalo naek kendaraan umum bisa naek dari terminal sumbolan sampai terminal sandana dengan biaya 15-20ribu dan bisa juga nego dengan supir untuk di antar sampai pantai sabang (estimasi harga sekitar 50ribu).
pantai sabang

bolehlah narsis
 di sabang bisa snorkeling yang bawah lautnya masih bagus.. disini dapat melihat anemon laut dan ikan badut dan masih juga banyak spot yang bagus. selain snorkeling bisa juga untuk menyelam. wisata bawah lautnya masih bisa di nikmatin untuk yang suka menyelam dan maen-maen di bawah laut. disini juga kita bisa menikmati outbound seperti flyng fox dan berbagai macam kegiatan otutdoor lainya.
sunset di pantai sabang
 
sedikit foto dan video underwater di pantai sabang 
Nah-nah kalo temen-temen yang punya waktu sedikit bisa menikmati tolitoli selama 3 hari dengan estimasi dan perjalanan seperti yang di atas. namun kalau ingin lebih lama masih banyak pilihan tempat yang bisa di jelajahi. kalau ingin wisata pulau bisa bermain-bermain ke pulau lingayan, simatang dan kabetan sampai ke pulau kapas. kalau mau wisata darat bisa menikmati naik gunung galang dan menikmati air terjun di malangga bisa juga susur GOA di daerah oyom.. 

Kalo masih bingung mau kemana bisa kontak ke guide tolitoli

Jadi angkat ranselmu sekarang juga dan selamat menikmati kota cengkeh..

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh