Menikmati Makanan Halal di Kawasan Petak Sembilan Glodok - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

February 18, 2018

Menikmati Makanan Halal di Kawasan Petak Sembilan Glodok

Ada yang pernah ke kawasan pecinan glodok? Beberapa orang pernah mengunjungi tempat ini pastinya, tapi terkadang kalo lagi ke kawasan ini kita bingung untuk mencari makanan yang halal pastinya kan? . Kawasan Petak Sembilan terkenal dengan pasar dan banyaknya makanan-makanan. Di pasar ini banyak di jual berbagai macam kebutuhan mulai dari daging sapi hingga daging kodok. kawasan ini selalu ramai apalagi dihari minggu. 

Kawasan kuliner Petak Sembilan ini terletak di Gang Gloria, karena jalanya yang sempit dan merupakan gang. Namun di kiri kanannya adalah surga kuliner, tapi temen-temen jangan salah pilih ya karena bagi Bang Doel yang muslim memilih juga tapi terkadang melihat wah enak juga ya. Nah berikut ceria Bang Doel saat bermain di kawasan ini mencoba beberapa makanan yang wajib kamu rasakan di kawasan Petak Sembilan Glodok ini dan yang pasti halal juga ENAK. 





1.    Es kopi Tak kie
Siapa yang tidak tahu tentang es kopi ini? Orang yang datang ke kawasan ini pasti mengincar warung ini untuk disinggahi dan wajib untuk dicoba. Dengan harga yang murah dan rasa minuman yang segar di tengah hari bolong di kawasan pecinan es kopi ini wajib dicoba. Tapi kawan-kawan jangan sampai kesiangan jam 14.00 kedai es kopi ini sudah habis biasanya


2.    Gado-Gado Direksi
Ok bagi penggemar gado-gado tempat ini wajib disinggahi. Tempat ini berada di ujung gang gloria dan bertempat seperti foodcourt. Harga yang di tawarkan juga cukup murah sekitar 20.000 rupiah untuk satu porsi gado-gado ini.


3.    Kari Lam

Kari yang rasanya enak dan terdiri dari potongan daging dan mihun serta irisan kentang ini dibandrol seharga 45.000 rupiah. Letak tempat ini juga satu area dengan gado-gado Direksi. Jadi temen-temen yang mau mengunjungi ini silahkan tinggal lurus saja dan posisi outlet kari ini tepat di ujung gang Gloria. Kari ini kita bisa memilih jenis daging yang ada yaitu Ayam atau Sapi.

4.    Mie kangkung


Wow mie biasanya pakai sawi tapi mie ayam ini pakai kangkung. Mie ayam ini seporsi lumayan banyak dan makanan ini dengan tambahan ayam, ada udangnya di atasnya yang menambah tampilan dari makanan ini.

5.    Cakwe
Jangan lupakan jajanan kecil ini walaupun ini makanan masa lalu tapi porsinya besar. Harga yang ditawarkan sebesar 4000 rupiah per potong dan posisinya ada di dekat kopi es tak kie. Jangan lupa juga minta bumbu cukanya biar tambah nikmat

6.    Es Liang Teh 
Kalo sudah makan jangan lupa minum ya. Nah minuman ini wajib dicoba bagi kawan-kawan yang mampir dan kulineran di daerah petak sembilan. Untuk minum es liang teh waktu itu mencoba saat makan dengan karie lam. 

7.    Minuman Cap Badak
Minuman apaan ini? Banyak orang yang bertanya-tanya pasti ini semacam minuman pencegah panas dalam? Atau apa? Ini minuman sejenis saparila atau yang biasa disebut root beer. Minuman ini bisa dipesan di dekat rujak shanghai.Sebenarnya minuman ini pertama mencoba di Sumatera dan kembali bertemu di Kawasan ini


8.    Kembang Tahu
Nah ini mungkin orang mengetahuinya adalah minuman tapi ini merupakan makanan. Kejadian temen mesen ini dan akhirnya harus mesen minuman lagi. Hampir mirip dengan somay yang diiris kecil-kecil dengan harga per porsi 5000 rupiah


9.    Rujak Shanghai
Wow rujak apa ini? Langsung dari Cina? Rujak ini disebut nama ini karena dekat dengan bioskop Shanghai pada tahun 50an yang terletak di sekitaran kawasan ini. Nah jadi namanya disebut rujak shanghai bukan karena dari Cina. Rujak ini berisi potongan cumi-cumi, ubur-ubur dan sayuran. Di tambah di atasnya memakai kuah manisan dan bubuk kacang tanah. Lokasi rujak ini terletak di depan dekat gang gloria. Jadi untuk mencoba ini bisa menjadi destinasi pertama saat datang ke kawasan ini.


Kawasan Petak Sembilan ini mempunyai akses yang mudah di kunjungi. Bila dari stasiun Kota kita cukup berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 Km menuju arah pasar Asemka lalu kawasan ini terletak di belakang pasar ini. Bagi temen-temen yang membawa kendaraan bisa parkir di Pasar Asemka dan untuk ke dalam kawasan petak sembilan kita harus berjalan kaki menyusuri antara jalanan setapak dan masuk ke dalam gang gloria.

Oh iya untuk jalan di kawasan ini temen-temen di harapkan membawa temen yang banyak agar bisa icip-icip makanan yang ada karena kalau sendirian haduh bisa-bisa kalian kekenyangan karena makanan disini enak-enak. Dan Bang Doel pun tidak bisa mencoba banyak makanan yang di rekomendasikan beberapa teman untuk di coba. 




Share with your friends

90 comments

  1. Cakwe dan mie ayam kangkung sukses bikin pengen coba

    ReplyDelete
  2. Kemaren baru makan semuanya... nanti mau lagi ahhhh

    ReplyDelete
  3. wih, banyak banget makannya... baru nyobain satu dari sembilan itu. Es kopi tak kie.

    ReplyDelete
  4. Kembang Tahunya unik ya. Aku pernah makan yang di Bangka tapi tahunya lembut banget dan ga pake saos kacang. Tapi kuah jahe gitu. Enak banget.
    Rujak Shanghainya ada ubur-ubur???? Apa rasanya ubur-ubur ya, Bang Doel?

    ReplyDelete
  5. Harga kari lakari lam udah naik Kak, kemarin ke sana seporsi Rp 45.000. Seperti biasa, mengingatkan awalan di- harus melekat, kata depan di harus terpisah. semangat

    ReplyDelete
  6. kembang tahu kayak somay? trus ada gado-gado direksi. mereka ngadain rapat direksi juga sebelumnya gak ya? bang? ajak lah kapan-kapan ke situ yaa?

    ReplyDelete
  7. Wah dari dulu pengen ke Glodok belum kesampaian. Makasih rekomendasi tempat makannya MAs. Kalau ke sana bisa melipir buat makan di situ :D

    ReplyDelete
  8. Bang, bagaimana cara membedakan makanan halal dengan tidak selama wisata kuliner di petak sembilan? Apakah ada logo halal nya gitu?

    Pengen cobain kesana juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh Bang Doel gimana cara bedainnya?

      Delete
    2. dari masakan, dan komposisinya..

      sepanjang jalan gloria ini banyak makanan endeus.. kaya Mie babi, Pioh dan lain-lain.. lagipula mereka pada ngasih tau saat kita mampir karena bareng ciwi2 hijaber

      Delete
  9. Bang doel kok juga bawa teman? Nanri ga kenyang lhoooooo

    ReplyDelete
  10. Pengen es kopi tak kie nya itu loh!!!!

    ReplyDelete
  11. Aduhhh dia ngomongin makanan hahaha. aku beberapakali minum kopi di tak kie emang otentik banget rasanya.

    ReplyDelete
  12. Bangdoel haturnuhun informasinya. Sebelum ini kalau ke sana, ndak berani makan apapun.

    ReplyDelete
  13. jadi tambah bikin laper deh.. pengen cobain semuaa..

    ReplyDelete
  14. Setahun yang lalu saya kesini, dan makanan yang paling berkesan ialah rujak juhi. Rujak tersebut bukan berada di sebuah kedai, melainkan dorong jadi tak tahu namanya. Mungkin bang doel bisa menambahkan kira2 rujak juhi apa yang enak di petak sembilan hehe

    ReplyDelete
  15. Petak 9.!!! Kamuuuuuu Nemuuuu ajaaaa tempat kereeeennnnn begini. Lokasi yang instagramable dan ada banyak pilihan kuliner lezat

    ReplyDelete
  16. Aiiih...foto kembang tahu dan rujak shanghainya sukses memprovokasi saya untuk jalan ke glodok. Terimakasih rekomendasinya Bang Doel 😊

    ReplyDelete
  17. kari macam apah itu harganya mahal amat? enak tuh kali yak?

    Betewe Sparila itu minuman emak gw kecil deh perasaan klo lagi nostalgia suka nyebut-nyebut itu minuman.. wwkkwk

    bener-bener blog MAKANAN lu yak Doel!

    ReplyDelete
  18. Jangan bilang lo makan sebanyak ini dalam sehari? Ya ampun....

    ReplyDelete
  19. Udah pernah ke sini. Tahun lalu. Tapi lupa aku nyobain apaan ya dulu itu. Kapan2 mau main ke sini lagi ah

    ReplyDelete
  20. Root beer, kalau di jogja ada sarsaparilla...cobain deh

    ReplyDelete
  21. Wah, boleh masuk dalam list kl ke Glodok nih.. Kereenn

    ReplyDelete
  22. wihhh es taki lom nyoba tuh... dulu pas kecil sering banget nemenin mami ke asemka belanja trus pulangnya dijajanin di gang gloria.
    Ada ayam kremes dulu deket gang gloria enak deh. lupa namanya.
    jadi pengen ngebolang kesana hmmm
    www.helloinez.com

    ReplyDelete
  23. wedeeeww, banyak banget makanannya, baca ini langsung berasa kekenyangan ...
    gado-gado direksi ... lucu namanya ... yang makan di situ calon direksi kali ya hehehe

    ReplyDelete
  24. Pertanyaannya siapa yang beli makanan sebanyak itu? Kok bisa tau semua? Atau datang berkali-kali ke sana.

    ReplyDelete
  25. Petak 9 gak pernah ngebosenin ya? BTW aku juga suka es Tak Kie. Legend banget.

    ReplyDelete
  26. Semakin mudah mendapatkan makanan halal ya kak

    ReplyDelete
  27. Kepo sama gado-gado direksi, kenapa namanya direksi? Gak direktur :)))

    ReplyDelete
  28. Jadi ngiler... Pesen Rujak Shanghai , Cakwe sama Cap Badak 1 ya.. hahhaa

    ReplyDelete
  29. Biasanya kalau main ke petak sembilan Saya bingung Duluan mau cari makanan di mana. Kiri dan kanan makanan tidak halal. Terima kasih atas rekomendasinya bang Dul akan saya gunakan kalau jalan-jalan ke petak sembilan lagi

    ReplyDelete
  30. Wah rujak Sanghai bikin penasaran

    ReplyDelete
  31. Itu Es Kopi gwa pengen banget, dari dulu tapi belom kesampean, hiks.. ..

    ReplyDelete
  32. Glodok aku taunya tempat beli elektronik, ternyata makanan nya juga ada yang halal yah, jadi laper aku.

    ReplyDelete
  33. Makasih sharingnya Bang Doel, sukses bikin perut saya keroncongan neh.

    ReplyDelete
  34. Paling males gue, baca postingan soal makanan.....

    ReplyDelete
  35. Duh baca ini malem2 jadi laper.. haha
    Es kopinya keknya enak.. rujaknya juga bikin penasaran.. wah harus kesini nih nyobain..

    ReplyDelete
  36. Penasaran sama rasa kopi Tak Kie ini, kapan2 ajak suami kesini ah. Thx infonya ya, suka bingung kalo mau kuliner daerah Jakarta.

    ReplyDelete
  37. Kzl wkt ke sana sabtu lalu kopi Tak Kie dan gado2nya tutup, hiks ...

    ReplyDelete
  38. Biasanya klo kesana mampir beli es kopi di kopi es takie. Baru ngerti ada yg jual cap badak. Apa radanya kayak root beer yg ada di jawa?

    ReplyDelete
  39. Es Kopi salah satu minuman maknyus, rasa kopi dengan bungkus rasa dingin. Maknyus!

    ReplyDelete
  40. Es Kopi Tak Kie ini kayaknya legendaris banget ya. Banyak teman yang rekomendasiin juga.

    ReplyDelete
  41. Banyak makanan halal di petak 9. Jadi ga perlu worried ga dapet. Bila perlu tanya ama peenjualnya yaak.

    ReplyDelete
  42. Minuman cap badak belum pernah coba, tapi saparela pernah. Dulu dikampung masih mudah nemuin saparela. Penasaran pengen coba minuman cap badaknya.

    ReplyDelete
  43. Rujak shanghai bikin penasaran, kolaborasi cumi sama ubur2 kynyaa mrnggiurkan

    ReplyDelete
  44. Aku penasaran bagaimana rasanya itu Rujak Syanghai. Potongan cumi, ubur-ubur, jadi satu heheheheheh. Belum terpikirikan di lidahku :-)

    ReplyDelete
  45. Kemarin aku udah main2 kesini, dan nyobain mie kangkung, penasaran sm gado2 direksi, siapa tau aku beli gado2 iti bisa jdi direksi.. Yeaay

    ReplyDelete
  46. Hampir semua sudah aku coba, cuma rujak Shanghai saja yang belum...asyik ada alasan buat kulineran kesana.
    Terima kasih infonya ya

    ReplyDelete
  47. Note,, kapan-kapa ke sini ah!
    eh.. ini yang makanannya di makan sendiri aja?

    ReplyDelete
  48. Waaah pas banget aku baca rekomendasi bang Doel. Aku lagi tergila2 es kopi nih, cobain ah...
    Ke asemka sering, tapi belum pernah ke sana....

    ReplyDelete
  49. Minuman Cap Badak, gua penasaran nih sama minuman. Pernah liat rp belum pernah coba. Dul, kalo halan2 ajaklah gua. Belom pernah ke petak sembilan, padahal udah tau lama.

    ReplyDelete
  50. Bang Doel, makasih sharingnya... Penasaran sama Tak Kie, kalau makanannya halal nggak di sana? Wiken gateaway bolehlah main main ke petak sembilan.

    ReplyDelete
  51. Penasaran sama rujak shanghai🤔

    ReplyDelete
  52. Aelah, kenapa setiap baca blog nya Bang Doel Pas lagi ujan, Kan jadi pengen nyoba semuanya. Must try ini mah hahaha

    ReplyDelete
  53. Dulu waktu kecil aku tinggal di Jakarta Barat. Udah familiar dengar kata petak sembilan dari ortu. Tapi baru tahu makanan2 ada ya sekarang. Minuman cap badak aja yg mau coba ini.

    ReplyDelete
  54. Aku pernah tinggal di jalan keamanan jakarta barat. Suka dengar kata petak sembilan. Tapi baru tahu ada kulinernya ya sekarang hahaha

    ReplyDelete
  55. Setauku kembang tahu itu minuman yg kuahnya anget rasa jahe gitu. Ini kok jadi macam siomay ya?! Jadi penasaran.

    ReplyDelete
  56. Noted tempat makan recomended dari suhu kuliner

    ReplyDelete
  57. Bukan cuma gambar2 dan deskripsi masing2 cerita yang bikin ngiler. Tulisan Bang Doel juga bikin ngiler. Ehhh maksudnya enak dibaca :D

    ReplyDelete
  58. waduh saya mah kalo jalan jalan ke kawasan ini maunya jajan aja... makanannya banyaakkk dan enak enak

    ReplyDelete
  59. minuman cap Badak itu yang rasanya aga pedes pedes gitu ga sih...kaya cap banteng zaman dulu?

    ReplyDelete
  60. Enaaak banget nih
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  61. jadi di makanan yg recommended ini, di warungnya emang ga jual menu b.ya ki? Kpn2 temenin kesini ya ki, hehe

    ReplyDelete
  62. Penasaran dengab Kari Lam nya sepertinya enak itu.

    ReplyDelete
  63. suerrr bikin pengen segera ke sana buat nyobain makanan2nyaaa.. makasih infonya bang doel..

    ReplyDelete
  64. Ahaha. Saya kalau sudah ke kota langsung fokus sama yg gk halal, karena lebih cepet.



    Klo minuman cap badak sih sumatera banget. Dari kecil saya udah sering minum itu. Kalau makan di lapo, minumannya harus banget cap badak

    ReplyDelete
  65. Sebelah mananya Glodok sih ni Bang? Jarang juga sih aku ke daerah Glodok. Tapi es kopi tak kienya kayanya menggoda.Sering denger..

    ReplyDelete
  66. ces...ces.....bikin pengen kesono nih

    ReplyDelete
  67. hm, harus cobain nin. kapan-kapan ajak uni dong

    ReplyDelete
  68. Penasaran sama es kopi Ta Kie, padahal waktu CNY kemarin aku jalan-jalan kesini sama keluarga tapi ga sempet kulineran.

    ReplyDelete
  69. duh jadi kangen pengen ke kota :)

    ReplyDelete
  70. Baru tahu yang namanya rujak shanghai. Jadi pingin nyicipin jg.

    ReplyDelete
  71. Oh gitu ya mas doel sekarang, makan enak ga ngajak². Wkwkwkwkwk, kok ya kayak yang nikmat gitu poto" nya. Mantep..

    ReplyDelete
  72. Sering liat kopi Es Tak Kie, tapi belum pernah nyoba hahaha,, kirain kopi dari mana gitu... kayaknya kalau nemu lagi di Festival Kuliner wajib coba nih kopi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done