Pangan Lokal masih ada??

May 18, 2013


waaww pangan lokal??
apaan seh pangan lokal??

itu tuh pangan yang dari dalem negeri
woow berarti asli produk indonesia

Indonesia memang dikenal karena kekayaan sumber daya alamnya. negara yang katanya negara agraris , negara yang katanya negara maritim. namun kapasitas produksi kita kurang untuk memenuhi masyarakat kita yang berjumlah 230jt penduduk ini. kita masih saja ada pengimpor bahan pangan kita dari luar negeri.

pada saat ini pola konsumsi makan orang indonesia telah bergeser ke makanan cepat saji, mereka lebih suka makan ke restoran-restoran cepat saji karena proses pembuatanya cepat namun tidak ada gizinya.
lalu lahan pertanian kita yang menyusut yang sudah berubah menjadi bangunan-bangunan yang menjadikan kapasitas produksi kita berkurang 
para petani dan nelayan kita yang miskin padahal mereka adalah garda terdepan untuk sumber pangan kita.
Konsumsi beras kita yang masih tinggi. kalo orang makan ga pake nasi itu sama aja tidak makan padahal masih banyak sumber pangan kita yang lebih baik daripada beras , seperti ubi, singkong dan masih banyak pangan lokal kita yang bisa di kembangkan
padahal menurut UU Pangan No 18 Tahun 2012, kedaulatan pangan adalah  hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan Pangan yang menjamin hak atas Pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem Pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.
nah padahal sudah di atur dengan UU sistem pangan yang sesuai dengan sumber daya lokal. masih ingat dengan jelas dahulu kita di berikan pengetahuan bahwa orang madura makan jagung, orang papua makan sagu . namun sekarang semua sudah makan nasi. paradigma ini harus berubah masih banyak potensi-potensi lokal kita yang bisa di kembangkan menjadi sumber pangan yang bergizi dan bernilai saing yang tinggi di masyarakat seperti, ubi, singkong, bahkan sekarang sudah banyak penelitian makanan pengganti beras yang membuat beras analog.
mengembangkan gerakan pangan lokal itu harus di mulai dari sekarang. dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. memasyarakatkan gerakan pangan lokal dimulai dari anak-anak karena dari mereka kita sudah mengajarkan bagaimana bahwa pangan lokal kita banyak dan bergizi tinggi serta sangat enak dan lezat untuk di nikmati .

maka AYO GO PANGAN LOKAL...
1 hari 1 kali pangan lokal.. 
gado-gado salah satu pangan lokal 

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh