Jangan Buru-Buru Jadi Sarjana

2:05 AM

wow judulnya mantap ya.. jangan buru2 jadi sarjana.. kenapa?
ini tulisan mungkin berawal dari gue yang bergerak di pedesaan saat ini. program yang di lakukan oleh pemerintah dengan PSP3 (pemuda sarjana pengerak di perdesaan). awalnya mungkin enak ya di kasih gaji, di kasih modal usaha dan lain-lain. namun ternyata itu tidaklah mudah. di desa banyak beranggapan bahwa orang jadi sarjana itu ilmunya banyak bisa melakukan apa saja dan yang pasti dia sangat pintar (melihat IPK gue yang d bawah rata2 =p) 
beranjak darisitu gue pada suatu saat di tanya sama orang kecamatan  tentang macam-macam disiplin ilmu yang "mungkin" pernah gue pelajari di bangku kuliah dulu. sampe gue mumet dan harus ngeles sana-sini. banyak sekali warga desa yang mengharapkan dari kami tentang ilmu-ilmu yang pernah di dapatkan di bangku kuliah dan tadi lagi bahwa sarjana itu bisa apa saja..
nah itu dia makanya kalo gue pikir jangan pernah buru-buru jadi sarjana kalo emang belom siap untuk terjun kemana saja. jangan pernah bermimpi wisuda itu enak tapi setelah wisuda itu yang harus di pikirkan. bagaimana kita harus mempersiapkan memasuki dunia yang bener-bener kejam (bisa-bisa kurus). gimana ga kejam, mungkin banyak yang berpikir lulus kuliah langsung kerja . yang jadi pertanyaan mau jadi kerja apa? dimana? sebagai apa? itulah pertanyaan2 yang kadang gue kasih ke adik-adik kelas yang bilang mau cepet2 lulus. 
jadi sarjana itu ternyata harus multitalent banyak yang harus bisa di kerjakan. banyak yang harus bisa di lakukan. apalagi bila harus pergi mengabdi ke desa-desa yang kadang men"dewa"kan sosok orang yang baru lulus kuliah.
Sebelum lulus kuliah lu harus siap mau kerja dimana, jadi apa dst sesuai dengan target2 mimpi kalian. dan beruntunglah dengan orang-orang yang mimpinya sesuai..
yang pasti gue cuma mau berikan satu kalimat Jangan Pernah Buru-Buru jadi Sarjan kalo Emang Belom punya Mimpi di Depanya kemana




  • Share:

You Might Also Like

1 comments

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh