Bakso Comberan : Sensasi Makan Bakso Kuah Hitam Pak Brewok

April 29, 2018

Bakso... baksoo identik dengan bulat dan berisi daging serta kuahnya yang bening. Namun pernah ga merasakan bakso yang  tidak bulat atau kuahnya berwarna coklat atau hitam. Hmm apakah enak? Atau rasanya seperti rasa bakso kebanyakan? Oke.oke. penasaran kan bakso yang  aneh gitu?
Bakso Comberan, Bakso Hitam, Bakso Hitam Pak Brewok,


Sebenarnya gue orangnya biasa aja dengan bakso, tapi ya makanan ini mungkin yang mempunyai ragam paling banyak serta banyak disukai oleh orang Indonesia. Kebetulan waktu itu gue pernah main ke daerah Depok. Awalnya penasaran dengan bakso apa gitu yang waktu itu temen gue pernah cerita di daerah Limo. Mencari di google tak menemukan bakso yang dimaksud. Tapi gue menemukan bakso yang membuat gue tertarik yaitu bakso comberan.


Wow Bakso COMBERAN?? Apaaan ituuhhh..


Karena gue penasaran akhirnya meluncurlah ke warung bakso ini. Sore itu memesan gojek sehabis dari acara di UI langsung ke warung ini. Melihat jarak yang cukup dekat dan kalau di peta  tempatnya masih satu komplek dengan kampus ini. Okelah pesen gojek dan kebetulan ada temen yang ikut juga.
Bakso Comberan, Bakso Hitam, Bakso Hitam Pak Brewok

Ternyata tempatnya lumayan kalo jalan kaki. Untung tidak jadi jalan bisa-bisa gempor karena tadi dipikir masih satu komplek. Perjalanan muter-muter keluar masuk gang kecil, kurang lebih 15 menit akhirnya gojek pun sampai. Sempat kaget sih dengan kondisi warung yang biasa aja. Bahkan seperti warung bakso pinggir jalan dengan agak kumuh. Tapi okelah udah jauh-jauh mari kita memesan.

Gue pun memesan semangkok bakso dengan tambahan mie putih. Kami pun memilih bangku yang agak mojok dekat jendela agar ada semilir angin yang menerpa. Disamperin sama pelayanya mau pesen minum tidak, akhirnya gue memilih teh botol saja karena mau mesen es teh manis ternyata tidak ada.

 Taraa 5 menit kemudian bakso pesanan kami pun datang.


Saat pesanan datang kami heran. Iyalaha heran bayangin deh mesen bakso tapi yang disajikan tulang ayam semua isinya. Sempet mau teriak ke abangnya, eh pas gue geser tuh tulang ternyata muncul butiran bulat warna coklat eh kenapa warna coklat ya? Ehhe ada sekitar 4 bakso yang disajikan dalam satu mangkok dan tulang ayam yang banyaaaaaak..
Bakso Comberan, Bakso Hitam, Bakso Hitam Pak Brewok

Okeoke. Mau coba bakso hitam dulu aaah


Tadi gue sempet bilang tentang bakso coklat ya? Iyaa sebenarnya warnanya sih abu-abu keputihan kayak bakso seperti biasanya tapi jadi warna coklat gitu karena baksonya di cemplungin dalam kuah yang hitam dan berbaur dengan tulang ayam yang disemur. Pilihanya saat kita mencoba sebuah bakso yaitu baksonya enak atau kuahnya enak. Nah disini gue mencoba baksonya. Daaaaaann baksonya empuk banget serta berasa dagingnya serta pas tekstur dan tingkat kekenyalanya saat di gigit.

Bakso Kuah Hitam??


Tadi gue cerita kan kalo kuahnya hitam? Yes kuah dari bakso ini hitam kayak aer comberan.. kwkwk mungkin ini yang dinamakan bakso comberan kali ya.  Kuah ini ternyata ditambahkan kluwek, pada tau kan kluwek itu apa? Kluwek itu suatu bumbu yang biasa dipakai di rawon. Nah kaya gitu deh jadinya agak hitam. Rasanya untuk kuahnya lumayan enak tapi tak seperti rawon yang ada togenya. Oh iya kuahnya ini juga bercampur dengan bumbu tulang ayam semur jadi agak coklat dan sedikit manis. Kalo temen gue karena ga suka rawon jadi dia agak kurang gimana dengan kuah baksonya tapi ya tetep abis.
Bakso Comberan, Bakso Hitam, Bakso Hitam Pak Brewok

Oh iya disini juga makannya kita bisa pakai ketupat loh. Disediakan di meja-meja, tapi karena kayaknya meja gue di ujung jadi ga ada. Jadi gue ga pake ketupat deh. Hiks. Tapi guys kenyang banget loh ini baksonyaa. Karena tadi tulang ayam semurnya banyaaaaak banget. Oh iya biar ga jorok disediakan juga piring kecil untuk sampah tulang ayamnya.

Untuk harga semangkok bakso ini seharga 15.000 rupiah dan minum sekitar 5 ribu. Kemarin berdua habis hampir 40.000 sajaaa. Untuk akses kesini kalau naik ojol mudah kok.  Cari aja bakso item brewok akan ada di petanya dan kalo naek kendaraan pribadi bisa juga..

Oke guys bagi yang sekitaran depok silahkan mencoba menu ini yuk. Selamat mencoba bakso comberan yang endeus ini..





You Might Also Like

62 comments

  1. Nggak terlalu gimana sama bakso? tapi postingannya bakso mulu -_-

    ReplyDelete
  2. Demi apa namanya Bakso Comberan? ? Strategi pemasaran yang bikin penasaran ketimbang disebut bakso kuah rawon yah ?

    ReplyDelete
  3. Awalnya mikir, jualnya dekat comberan got, eh ternyata. Kuah baksonya yang berwarna seperti comberan. Tapi jadi ingat, bakso tulang di Sangatta. Agak mirip, kecuali kuahnya.

    ReplyDelete
  4. jadiiiiik....rasanya mirip rawon gitu..pke kluwek mirip comberan

    ReplyDelete
  5. Gw yg rumahnya di depok aja kaga tau. Ini lu tau2an aja. Apa gwnya yg terlalu cuek? Hehe.
    Nstap ya namanya bakso comberan. Dulu di kampus gw ada pecel ayam namanya pecel sampah krn jualannya deket bak sampah haha ya agak gmn gitu tp rasanya endeus. Tp ini bakso comberan krn kuahnya kuah rawon yaa hitam (seperti ilmu)

    ReplyDelete
  6. Bakso campur2 sama tulang ayam..
    Lumayan lah buat ganjal perut ya..

    ReplyDelete
  7. Namanya serem ya? Walau dari deskripsi rasanya kebayang sih enak juga. Seharusnya jadi viral nih. Hehehhe

    ReplyDelete
  8. Liat gambarnya gak minat mau coba. Geli duluan haha

    ReplyDelete
  9. Namanya seram bakso comberan. Mungkin karena dari kuah dan warna baksonya yang botak alias hitam ya Bang Doel. Tapi kalau rasanya enak tidaktidak masalah dikasih nama apapun juga :)

    ReplyDelete
  10. Kenapa baksonya dikasihnya tulang ayam, bukan daging ayam.
    Tapi kalo ternyata tulangnya habis juga berarti enak banget.

    ReplyDelete
  11. Astaga namanya beneran kayak gitu? Aku malah jadi gak selera huhu

    ReplyDelete
  12. Ini sih lokasinya deket rumah gue bang Doel. Guenya aja kudet ya nggak tahu ada bakso endeeesss ini. Thanks infonya ya.

    ReplyDelete
  13. namanya sereeemmm ih, tapi kalo liat baksonya sih ngiler ya...

    ReplyDelete
  14. Namanya nggak banget ya, tapi liat fotonya eh bikin ngiler. Hahhhahahaha

    ReplyDelete
  15. Bakso apapun seruu dech pokoknya

    ReplyDelete
  16. langsung otewe kesana lah,yu kak ke situ lagi barengan ma aku :D

    ReplyDelete
  17. Waaaw mantap dan jelegar banget dengar namanya, jadi bikin penasaran sama rasa karena tampilannya bikin laper

    ReplyDelete
  18. dari namanya malah bikin gak nafsu makan doell...

    ReplyDelete
  19. Nama baksonya bikin ngilang duluan, Bakso Comberan. Ternyta Bakso Hitam Brewok, nah yg ini bikin pria macho.

    ReplyDelete
  20. Itu make kerongkongan ayam yak, kalo diliat dari lokasi deket nih sama PNJ

    ReplyDelete
  21. sungguh terlalu kau bang doel, aku ndak diajak, rumahku belakang ui kan dan sering ke ridwan rais tapi gak mudeng bakso ini

    ReplyDelete
  22. Aya aya wae ya namanya bakso comberan... Penikmat bakso sepertinya harus coba ini....

    ReplyDelete
  23. "Menggiurkan" buat pecinta bakso visa merapat nih

    ReplyDelete
  24. Aku pikir bakso yang di jual ala2 Amigos gitu. Ternyata pakai kluwek yah. Ini nama nggak ganggu mood makan ya?

    ReplyDelete
  25. Namanya Bakso Item, dan elu ngasih nama jadi Bakso Comberan jadi agak geli yang denger hahaha.

    Harusnya kasih nama Bakso Wakanda *buat yang tahu aja hahaha

    ReplyDelete
  26. duu sumprit ngecees looh liat poto,cuma namanya ga ngenakin banget

    ReplyDelete
  27. Kayanya enak ya. Apa bedanya sama rawon ini? Untuk ukuran harga segitu mah sepadan lah. Btw, kesalah di-nya udah ga ada loh, ciyeee

    ReplyDelete
  28. Andai ada orang ngajakin makan ke bakso comberan tanpa ngasih tau gambaran tentang rasa baksonya, fix aku ga mau makan, karena comberan itu identik sama yg jorok-jorok. Tapi pas baca ceritanya malah penasaran pengen ngerasain langsung. Bang dul kan pecinta kuliner abissss, apalagi bakso. Secara yang diposting di ig kebanyakan bakso deh seingetku hahaha, jadi perbandingan rasa antara bakso satu dan bakso lainnya pasti udah banyak.

    ReplyDelete
  29. Penasaran sih sama rasanya.. apalagi kuahnya dicampur kluwek gitu kan ya sama bumbu semur dari ayam.. keknya beda gitu.. cuman gue enggak doyan tulang ayam 😪😪..

    ReplyDelete
  30. ngeliatnya aja agak jijik sih,, tapi kalau beneran enak wajib nyobain..

    ReplyDelete
  31. Keknya bakal maju mundur cantik nih buat nyoba bakso ini 😅

    ReplyDelete
  32. yang orang depok aja belum nyoba

    ReplyDelete
  33. Wah, namanya unik banget ya Bang, bakso comberan!
    Sepertinya para pecinta bakso harus coba nih.

    ReplyDelete
  34. jadi kebayang rasa rawon
    sama nggak ya?

    ReplyDelete
  35. Duh jadi keingetan rawon. Enak banget

    ReplyDelete
  36. Jujur, buat gw namanya nggak banget. Kesan jorok dan bikin selera makan ilang malah klo denger namanya

    ReplyDelete
  37. Kalau abangnya ganti nama mungkin lebih bagus kali ya kedengerannya.
    https://helloinez.com

    ReplyDelete
  38. wah berarti nambah ya om, makan bakso comberannya...

    ReplyDelete
  39. Bakso aneh aneh ya namanya. Bakso beranak bakso comberan bakso setan.

    ReplyDelete
  40. Ya ampun namanya bakso comberan. Bikin orang penasaran ini baksonya seperti apa.

    ReplyDelete
  41. Baca ini sore-sore setelah lelah berkecimpung dengan kerjaan kantor, sukses! bikin perutku keroncongan. Harus tanggung jawab ini yang nulis! Haha

    ReplyDelete
  42. Kalo di depok ìtu makanannya ajegileee pada kreatif2 yaa..segala bakso ada bakso comberanlaah hahaa..
    Anw wlpn begitu aku gak brani nyoba, dr namanya aku langsung merasa mual ditambah liat bakso warnanya item :))))

    ReplyDelete
  43. awww....comberan tetanggaan sama agak minggir got sedikit :p

    kuah tambah sedap pakai kluwek tapi ya tampangnya jadi kayak comberan yang artinya don't judge a book by it's cover :)

    ReplyDelete
  44. Wagelasihhhhh gue ngiler pengin coba juga bakso comberannyaaa hahaha

    ReplyDelete
  45. Pemilihan nama memang harus menarik sih dan "comberan" itu benar-benar menarik, menarik untuk datang atau menarik untuk tidak datang sama sekali

    ReplyDelete
  46. Hitam-hitam tapi kelihatannya enak nih Bang... di Malang ada gak ya?

    ReplyDelete
  47. Jadi kayak rawon, nih. Kapan2 nyoba, ah.

    ReplyDelete
  48. Saya gagal fokus jadi namanya Bakso Comberan atau Bakso Ireng Brewok? Sebagai pecinta masakan rawon dan hidangan klewek serta petis hitam, saya agak tersinggung nih kenapa pakai nama Comberan, sesuatu yang tidak layak makan.

    Anyway udah pernah nyoba sih rawon bakso di Bakso Malang Karapitan. Kalau di BMK kuahnya bening, jadi rasanya seger gak eneg. Kebetulan rawon khas keluarga besar ibu juga bikinnya bening, kleweknya gak diancurin, jadi utuh2, bisa jadi lauk sendiri. Ah, saya jadi kangen rawon bening home made

    ReplyDelete
  49. Dinamain combetan krn kuah hitamnya ya? Tp kenapa namanya comberan??? Bakso kuah rawon kayaknya lbh enk di telinga. Hehehe

    ReplyDelete
  50. Kanapa pakai nama Bakso Comberan yak, nenurunkan seleraku buat nyicipin, emang dasarnya kurang suka baso

    ReplyDelete
  51. Suka bakso, tp ngeliat tampilannya saya ko kurang minat. Pasti kebanyakan kecap, bukan penggemar kecap :/

    ReplyDelete
  52. Mangkoknya kekecilan. Aku bingung makannya kalau begitu. Ada aja ya bakso comberan

    ReplyDelete
  53. Wadawww, isiannya padat banget yess.

    ReplyDelete
  54. Kok namanya serem banget sih tapi aku sih jadi pengen coba baksonya

    ReplyDelete
  55. Kalau liat atau denger namanya kayaknya bikin males ya tapi begitu lihat foto ini jadi penasaran sama rasanya nih

    ReplyDelete
  56. Hooo... Hitamnya dari kluwek yaa... Sensasi rasanya pasti beda yaa...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh