TOBA LAKE

January 17, 2014

kalo kata orang kalo ke sumatra utara ga ke danau toba sama aja ga ke sumatra utara,. 
nah berangkat dari situ gue penasaran banget dengan danau toba. -kaya gimana seh danau toba yang katanya danau terluas se asia tenggara yang dari kecil cuma ngeliat di TV dan dari koran-koran.pada waktu itu gue sempet ngobrol-ngobrol dengan teman-teman untuk kesana dan pengen kesana. pada saat bersamaan waktu itu juga di ajak sama kepala desa untuk kesana. nah ini berikut di ittenary untuk menuju ke danau toba.
Keberangkatan waktu itu di mulai pukul 14.00 saya berangkat dari Kec tanjung beringin menggunakan bus besar. bus berangkat melewati kota tebing tinggi-simalungun-siantar-prapat-toba. perjalanan di tempuh selama 3 setengah jam karena kita sampai disana pukul 17.30. tiket masuk danau toba 30ribu rupiah persekali masuk dan nanti akan di tempel stiker tanda masuk oleh petugas. sampai disana bus sebenarnya akan menyebrang lewat pelabuhan Fery AJIBATA ke pulau samosir namun ternyata penyebrangan pukul 17.30 sudah penuh dan akan ada pukul 20.30 dan itu penyebrangan terakhir.
sampai disana mulai mencari makan namun agak sulit bagi yang muslim untuk mencari warung makan muslim disana tapi santai aja di dekat penyebrangan ada rumah makan muslim tinggal keluar ke sebelah kanan dari pintu gerbang ada Rumah Makan untuk muslim disana bisa shalat juga namun mushalanya agak kecil cuma untuk berdua sedangkan untuk mushala ada agak ke atas dekat dengan penyebrangan TIGARAJA yang hanya di lakukan untuk penyebrangan kapal kecil.
Fery terakhir jam 20.30 sampai di Pulau Samosir jam sudah 21.30 (penyebrangan sekitar 40menit)
selanjutnya penyebrangan dilanjutkan dengan kapal kecil menuju tuk-tuk. nah tuk-tuk ini sebenarnya nama daerah seperti tanjung yang menjorok ke arah danau toba. disni banyak sekali penginapan dengan harga yang cukup menguras kantong (berhubung di bayarin jadi slow aja). seharusnya menuju tuk-tuk bisa mengunakan bus namun berhubung waktu itu ada longsor jadi bus tidak bisa melalui jalan raya.

menginap di samosir atau sekitar toba harus siap membawa jaket karena di daerah sana cukup dingin (bagi yang kurus mungkin bisa di bilang dingin). nah kalo mau mencari penginapan yang agak murah coba ke arah jl sisingamaraja (kota prapat) karena disana lumayan bnyak penginapan murah dengan budjet sekitar 60-80rbu rupiah. nah untuk cari makan coba di restoran muslim dengan budjet sekitar 15rbu-25rbu (itu udh sama es teh 25ribu). mencari restoran muslim memang agak susah restoran muslim banyak terletak arah masuk pintu gerbang danau toba.
di pulau samosir kita dapat melihat-melihat pemandangan dan tentunya berbelanja. di pulau samosir mencari restoran muslim juga agak susah (untung udh makan d hotel). nah di pulau samosir ini ada patung namanya patung sigale-sigale yang katanya dahulu patung ini di buat untuk menghibur hati seorang raja yg di tinggal mati oleh anaknya dan di patung itu di tiupkan roh sehingga patung itu bisa bergerak selama 7hari-7malam.
patung sigale-sigale sebelah kanan kalo yang sebelah kiri itu manusia

setelah melihat patung sigale-sigale ada makam raja-raja batak di atas masuk kesini harus menggunakan ulos (kain khas batak) lalu ada museum batak yang berisi rumah adat batak nah ini sebenarnya di  pintu masuk .

penyebrangan fery dari AJIBATA ke TOMOK seharga 4000 per orang sedangkan untuk kapal kecil yg tidak pakai mobil 6000 per orang untuk mobil sendir 90rbu per mobil. nah dari untuk sampai ke samosir penyebrangang dari AJIBATA atau TIGARAJA sama2 menuju tomok. 
untuk di danau toba sendiri kita dapat mandi di daerah TIGARAJA karena disana kedalaman air tidak terlalu dalam dan banyak bale-bale yang di sewakan sekitar 20-25rbu rupiah.. nah itu dia perjalanan gue ke toba... nanti akan ada perjalanan2 berikutnya..

You Might Also Like

1 komentar

  1. aku simpen ini ah, ctrl+D, hehehe

    Main-mainlah ke blog newbie nih:

    www.penjualgorengan.wordpress.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh