Lamun Tumbuhan Kecil Untuk Semua Makhluk Hidup

May 30, 2018

Perairan laut Indonesia itu sangat luas. Dari Sabang sampai Merauke lautan hampir 1/3 bagian dari daratan. Pengaruh iklim indonesia yang tropis juga mengakibatkan kekayaan hayati dari perairan kita sangat banyak bahkan terkaya di dunia. Sangat pantas Indonesia menjadi negara maritim, negara yang berdaya dari hasil lautnya. Banyak potensi laut yang bisa di kembangkan mulai dari rumput laut, ikan-ikan bahkan hingga lamun. Eh kata terakhir yang saya sebut adalah sebuah potensi dari laut yang jarang orang ketahui yah. Padahal lamun ini salah satu tumbuhan laut yang mempunyai peran penting loh.
Lamun, Manfaat Lamun
Sudut pulau lingayan habitat dugong 

Apa sih lamun?

Lamun, Manfaat Lamun
Tentang Lamun (sumber : DSCP)

Lamun? Nama tumbuhan laut ini mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan rumput laut. Lamun adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang hidup terendam dalam kolom air dan berkembang dengan baik di perairan laut dangkal dan estuari. Tumbuhan lamun terdiri dari daun dan seludang, batang menjalar yang biasanya disebut rimpang (rhizome), dan akar yang tumbuh pada bagian rimpang. Lamun sendiri pola hidupnya seperti hamparan dan biasa di sebut padang lamun. Padang lamun sendiri memiliki karakterisitik ekologis  yaitu :
  1. Terdapat di perairan pantai yang landai, di dataran lumpur/pasir
  2.  Pada batas terendah daerah pasang surut dekat hutan bakau atau di dataran terumbu karang
  3.  Mampu hidup sampai kedalaman 30 meter, di perairan tenang dan terlindung
  4.  Sangat tergantung pada cahaya matahari yang masuk ke perairan.
  5.  Mampu melakukan proses metabolisme secara optimal jika keseluruhan tubuhnya terbenam air termasuk daur generative
  6.  Mampu hidup di media air asin
  7.  Mempunyai sistem perakaran yang berkembang baik
Lamun, Manfaat Lamun
Lamun (sumber: www.greners.co)


Sudah kenal dengan lamun?

Lamun, Manfaat Lamun
Lamun (sumber: www.greners.co)
Lamun itu sendiri berbeda dengan rumput laut ya kawan-kawan walaupun dalam bahasa Inggris lamun ini disebut seagrass sedangkan rumput laut disebut seawed. Indonesia  sendiri memiliki 15 jenis lamun dari 70 jenis lamun dunia.   Penyebaran padang lamun di Indonesia mencangkup perairan Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Irian Jaya. Spesies yang dominan dan dijumpai hampir diseluruh Indonesia adalah Thalassia hemprichii (Brouns, 1985; Hutomo et al. 1988 dalam Dahuri, 2003).

Fungsi lamun apa sih?

Lamun sendiri mempunyai banyak manfaat dalam dunia perairan. Lamun bisa menjadi  habitat hidup bagi sebagian makhluk hidup yang ada di perairan. Bagi temen-temen yang suka ikan baronang atau kakap, lamun ini adalah makanan yang paling disukai dari ikan-ikan ini sebagai pakan alami dari mereka. Habitat penyu hijau juga banyak di jumpai di perairan di sekitar padang lamun karena lamun merupakan makanan dari hewan ini juga.
Lamun, Manfaat Lamun
Fungsi Lamun (sumber: DSCP)

Selain hewan di atas ada juga salah satu mamalia laut yang memiliki habitat di lamun ini loh. Yups dia adalah dugong, sebuah mamalia laut yang berbentuk seperti sapi ini memiliki habitat di padang lamun loh. Dugong atau biasa orang Indonesia bilang duyung. Hewan ini bernapas melalui paru-paru dan saat ini mulai langka karena sering ada perburuan dan habitat tempat hidupnya yang perlahan hilang.
Lamun, Manfaat Lamun
Penyelamatan Dugong

Jadi ingat sekitar 3 tahun lalu saat saya bertugas di daerah Toli-Toli Sulawesi Tengah sempat bertemu dengan makhluk yang lucu satu ini. Pada waktu itu hewan ini sempat terjaring oleh nelayan dan di bawa ke pantai oleh nelayan. Sempat menjadi tontonan warga namun akhirnya di lepas melalui pemerintah setempat bersama WWF. Saat di lepas ada sebuah pertanyaan dari seorang warga “kok duyungnya berbentuk ikan ya bukan manusia”.

Fungsi lamun tidak hanya sebagai habitat dari dugong  atau sumber makanan dari ikan-ikan loh guys tetapi juga sebagai penahan gelombang, perairan yang memiliki padang lamun cenderung tidak bergelombang karena daun yang lebat akan memperlambat air yang disebabkan oleh arus dan ombak, sehingga perairan disekitarnya menjadi tenang. Disamping itu, rimpang dan akar lamun dapat menahan dan mengikat sedmen, sehingga dapat menguatkan dan menstabilkan dasar permukaan. Jadi, padang lamun disini berfungsi sebagai penangkap sedimen dan juga dapat mencegah erosi (Gingsuburg & Lowestan, 1958).

Selain itu lamun juga ini fungsinya seperti hutan di daratan loh. Loh kok bisa kayak hutan?? Ternyata eh ternyata padang lamun juga berperan seperti hutan di daratan dalam mengurangi karbondioksida (CO2 ). Lamun seperti tanaman darat lainnya memanfaatkan karbondioksida (CO2 ) untuk fotosintesis dalam pertumbuhannya dan disimpan dalam biomasa yang dikenal dengan blue carbon. Selain itu, serasah dan biomassa bagian bawah seperti rhizome dan akar dapat tersimpan dalam sedimen dalam waktu yang sangat lama. Penelitian secara intensif dan menyeluruh peranan lamun sebagai karbon biru dalam upaya mitigasi perubahan iklim telah dilakukan sejak 10 tahun terakhir selain hutan di daratan

Nah kan penting banget ini tumbuhan loh. Bayangin aja sudah berfungsi sebagai habitat hewan laut lamun juga berfungsi sebagai “hutan” yang mengurangi CO2 di dunia. Eh bagaimana kondisi lamun di Indonesia ya ?

Saat ini kondisi lamun sudah semakin menyempit karena banyaknya reklamasi pantai dan semakin padatnya pertumbuhan penduduk di pesisir mengakibatkan padang lamun rusak. Banyaknya limbah yang mencemari lautan kita juga menjadi salah satu rusaknya habitat lamun ditambah dengan praktik penangkapan ikan dengan mengunakan zat berbahaya yang bisa juga mematikan habitat lamun.


Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga habitat lamun?


Banyak Hal yang bisa kita lakukan dalam menjaga kelestarian lamun. Apalagi saya yang seorang pejalan pasti banyak hal yang harus dijaga. Jangan membuang sampah sembarangan bisa menjadi hal yang wajib di kedepankan bagi kita. Adanya sampah di sekitar perairan lamun menjadikan pertumbuhan lamun tidak sempurna karena lamun butuh berfotosintesis dan sampah akan menghalangi cahaya matahari yang masuk ke daerah lamun. Selain itu sampah juga bisa membuat dugong atau ikan yang ada di habitat lamun memakan atau dapat menjerat hewan-hewan tersebut.

Lamun, Manfaat Lamun
Menyelamatkan dugong (Sumber : DSCP)

Program konservasi harus selalu digalakkan untuk perbaikan ekosistem di Indonesia. Sudah banyak kegiatan dan program yang mengambil dalam bidang ini salah satunya DSCP (Dugong Seagrass Conservation Project). DSCP Indonesia sebuah Program konservasi untuk meningkatkan efektivitas konservasi dugong & ekosistem lamun di Indonesia melalui : 

1, Penguatan dan pelaksanaan “Rencana aksi Konservasi” tingkat nasional untuk dugong dan habitatnya lamun.

2. Peningkatan kesadartahuan dan penelitian di tingkat nasional tentang dugong dan lamun.

3. Pengelolaan dan konservasi dugong dan lamun berbasis masyarakat di masing-masing lokasi kegiatan (Bintan, Kota Waringin Barat, Tolitoli, dan Alor).

DSCP Indonesia ini dilaksanakan sebagai kerjasama Direktorat Konservasi & Keanekaragaman Hayati Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Pusat Penelitian Oseanografi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan – Institut Pertanian Bogor, dan Yayasan WWF-Indonesia, dan dengan dukungan dari United Nations Environment Programme – Global Environment Facility (UNEP – GEF).

So guys sudah kenal kan dengan tumbuhan imut ini? Tumbuhan yang sangat penting bagi dunia khususnya Indonesia, tidak hanya untuk laut sebagai rumah dari dugong dan ikan-ikan tetapi juga sebagai penyeimbang dan pengurai karbon bagi kehidupan manusia, jadi jaga lamun untuk Indonesia bersih.


Sumber :

  1. Buku Rencana Aksi Nasional Dugong dan Habitatnya Lamun (Direktorat Keanekargaman Hayati, Kementrian Kelautan dan Perikanan)
  2. PERAN EKOSISTEM LAMUN SEBAGAI BLUE CARBON DALAM MITIGASI
    PERUBAHAN IKLIM, STUDI KASUS TANJUNG LESUNG, BANTEN
     (Rustam Et all 2014 , Dirjen Pesisir Kementrian Kelautan dan Kementrian Perikanan) 
  3. DSCP (Dugong Seagrass Conservation Project)





You Might Also Like

51 comments

  1. Bangdoel kumaha ndak disertakan foto tumbuhan lamun nya? Untungnya saya suka main di laut, jadi sambil baca bisa membayangkan tumbuhan tsb. Baru tahu, ternyata lamun itu kaya gizi ya... Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Bangdoel kumaha ndak disertakan foto tumbuhan lamun nya? Untungnya saya suka main di laut, jadi sambil baca bisa membayangkan tumbuhan tsb. Baru tahu, ternyata lamun itu kaya gizi ya... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba.. ternyanya gambarnya ga masuk yang lamun,, sudah di perbaiki teh

      Delete
  3. Baru tahu nih tentang lamun..
    Nice bang..

    ReplyDelete
  4. Baru tahu, new knowledge. Thanks Bang Doel ... kalo nge-lamun-in gimana tuh yaa..

    ReplyDelete
  5. Eh kirain itu rumput lain yg dimakan. Ternyata lamun dan rumput laut beda ya. Hebat juga ya bisa menahan gelombang ombak. Padahal kalau dilihat kan kayak tumbuhan yg lemah tak berdaya. Hehe apa sih?

    ReplyDelete
  6. Saya langsung google lagi nih tentang lamun hehe dan beneran baru tau juga nih lamun

    ReplyDelete
  7. Banyak info saya dapat dari artikel ini. Trims ya...
    Di Pantai Cianjur Sela ya. Sepertinya ga ada lamun. Semua batu karang atau pasir saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. arusnya kencang teh kalo di cianjur selatan

      Delete
  8. Lamun penting untuk menjaga ekosistem laut. Sesuatu yang tumbuh pasti ada gunanya ya bang. Kebanyakan malas baca sehingha nggabl tahu fungsinya buat apa aja

    ReplyDelete
  9. Keren risetnya dan menjadikannya tulisan yang informatif. Salut.


    Salam, https://jelajahlangkah.wordpress.com/

    ReplyDelete
  10. Waaa menarique sekaliii 😊😊😊 selain peran lamun sbg habitat dugong. Lamun juga berperan penting loh bagi kehidupan echinoidea especially for tripneustes gratilla. Bulu babi banyak dijumpai di padang lamun karna kebiasaan makannya sbg hewan herbivor. Bulu babi sprti t.gratilla melakukan berbagai macam aktivitas di padang lamun seperti mencari makan, menghindari diri dr predator, dan berlindung dr sengatan panas 😊

    ReplyDelete
  11. ealaah lamun itu nama tumbuhan toh, hampir saya kira tadi iti artinya me-lamun.

    Keren nih riset dan pesannya, untuk menjaga ekosistem yang ada di laut. Saya jga sudah coba memulai campaign "no straw" untuk mengurangi sampah yang ada di laut, supaya ekosistem bisa terjaga :)

    salam inspirasi,
    sesuapnasi

    ReplyDelete
  12. Wah, baru tahu tentang Lamun. Si kecil yang membawa manfaat besar bagi kehidupan kita, ya. Yuk kita lestarikan lamun.

    ReplyDelete
  13. Dapat ilmu baru nih, saya baru tahu lamun itu seperti apa... makasih bang doel

    ReplyDelete
  14. Wah Lamun baru denger akhir2 ini ... Mudah2an tetap lestari :)

    ReplyDelete
  15. baru tahu aku soal tanaman ini , baru ngeh juga

    ReplyDelete
  16. Hmm aku baru tahu klo ada tumbuhan lamun,sesuatu yg diciptakan Allah pasti ada manfaatnya ya

    ReplyDelete
  17. Ooo aku baru tau soal lamun. Sepintas kalau liat bentuknya malah kukira ya rumput laut gtu hehe. ternyata manfaatnya banyak jg ya, gak cuma dalam laut tapi juga di darat TFS infonya :D

    ReplyDelete
  18. Wahm gx nyangka Lamun mempunyai banyak manfaat dalam dunia perairan ( https://bit.ly/2IY8181 )

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau nih yang namanya lamun. Semoga makin banyak yang peduli pada kelestariannya

    ReplyDelete
  20. Lamun ini jarang sekali ada blogger yang menuliskannya. Terimakasih bang doel sudah menceritakannya di blog, sehingga kami masyarakat awam jadi lebih aware soal lamun dan menjaga kelestariannya di laut :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  21. Baru dengar itu lamun. Berarti lamun harus dilestarikan juga supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  22. Jadi lamun itu sejenis tumbuhan tempat biota laut tinggal ya. Kalau keberadaannya sedikit berarti memang harus dilestarikan ya doel..nice share, informatif sekali.

    ReplyDelete
  23. Dan, saya baru saja tahu apa itu lamun, sambil lihat foto nya lamun dan dugong. informatif sekali jadi saya nambah wawasan. Semoga laut indonesia tetap lestari ya

    ReplyDelete
  24. Informasi yang bermanfaat tentang keanekaragaman hayati di laut. Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Sering lihat lamun kalau #aiptrip main air ke pantai. Cuman ga tau nama dan faedahnya. Berkat tulisan ini kini aku tahu

    ReplyDelete
  26. Baru tahu yang namanya lamun, belum pernah lihat apalagi dengar sebelumnya. Kalau mau lihat lamun bagusnya di mana Doel?

    ReplyDelete
  27. Tadinya aku pikir lamun ini nama pantai di Indonesia. Ternyata ini tumbuhan ya, lamun hidup dalam ancaman kepunahan karena manusia yang tidak peduli lingkungan

    ReplyDelete
  28. Saya sendiri baru tahu kalau tumbuhan ini namanya lamun. Saya pernah masuk ke Padang Lamun di kalimantan namun menganggapnya sebagai rumput laut. Dari artikel ini saya tahu kalau Lamun dan rumput laut ternyata berbeda :)

    ReplyDelete
  29. Aku termasuk yang concern terhadap kelestarian lingkungan meskipun bukan aktivis lingkungan. Apalagi padang lamun yang ternyata sangat bermanfaat buat ngurangin CO2. Semoga pihak berwenang mikir-mikir kalau akan reklamasi pantai dan bisa menata penduduk pesisir lebih bijak. Kalau udah soal limbah, duh beraaat.

    ReplyDelete
  30. Aku baru tahu Lamun, hahahaa, kirain tadi nge-Lamun Bang..
    Oh ternyata habitatnya dugong tho, baiklah aku janji ga akan biang sampah sembarangan ko,
    Btw tengkyu ya Bang, akuh kan jadi tau soal Lamun nih..

    ReplyDelete
  31. Gilss.. Keren bgd tulisan anak perikanan.. Bdw ajarin dong desain grafis nya :)

    ReplyDelete
  32. Gilss.. Keren bgd tulisan anak perikanan.. Bdw ajarin dong desain grafis nya :)

    ReplyDelete
  33. Terimakasih sudah cerita tentang tumbuhan ini. Saya baru tahu bahwa lamun adalah tumbuhan. Membayangkan kayanya laut Indonesia, membuat saya jadi bangga tinggal dan dibesarkan di Indonesia yang kaya. 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  34. oh daun-daun panjang yang sering kita lihat di dalam air itu namanya lamun, baru tahu aq bang.. apalagi padang lamun itu ternyata menjadi habitat hidup bagi sebagian makhluk hidup yang ada di perairan

    ReplyDelete
  35. Aku jadi tertarik sama tanaman Lmunnya, deh. Itu sama apa enggak ya sama yg dijual di pasar ikan hias gitu...

    ReplyDelete
  36. Baru tau sayah ttg si lamun ini dari artikel bangdoel. Bermanfaay sekali infonya. Makasih ya bang doel. Stay montox!!!

    ReplyDelete
  37. Sumpah baru tahu sama makhluk tahu sama tanaman laut satu ini. Thank you infonya bangdoel tapi gue ga suka Dugong, kulitnya kaya babi... Jijik

    ReplyDelete
  38. Mirip sama rumput laut ya, semakin kesini habitat makhluk laut ko sangat memprihatinkan :'(

    ReplyDelete
  39. enak kah jadi wwf? baru tau ih apa itu lamun, thx ya infonya. jadi makin pengen go green lagi. xD

    ReplyDelete
  40. selama ini memang udah bertanya-tanya apa ya sea grass itu.... terjawab sudah, ternyata itu namanya lamun!

    Tfs the information bang doel!

    ReplyDelete
  41. wah wahhh komprehensif dan detail banget penjelasannya
    Thanks loooot

    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  42. aku baru denger lamun ini, makasih infonya bang doel

    ReplyDelete
  43. TFS saya baru tau tumhuhan Lamun

    ReplyDelete
  44. Andai mereka bisa berbicara... hiks

    ReplyDelete
  45. Kasihan dugong nasibnya. Perlu diselamatkan habitat agar ekosistem tetap eksis dan lestari.

    ReplyDelete
  46. wuih sarjana perikanan keren emang.
    Baru tahu soal lamun ini, yang ternyata punya banyak manfaat baik untuk kehidupan di laut maupun daratan.

    ReplyDelete
  47. Aku baru tahu tentang lamun ini mas

    ReplyDelete
  48. Kece banget udah sampe ke Toli-Toli, ketemu dugong pula.
    Btw baru tahu itu namanya lamun, ku pikir rumput laut. Hahaha.
    Justru aku takut kalo ada lamun, jangan-jangan dekat situ ada ular laut.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh