3 negara beda cerita (indonesia-malaysia-thailand) - Cerita Bang Doel
News Update

December 19, 2014

3 negara beda cerita (indonesia-malaysia-thailand)

ahh akhirnya nulis lagi cerita tentang petualangan gue
sekitar akhir november kemaren gue coba menjelajah 3 negara (indonesia-Malaysia-thailand)
ini gara ajakan temen gue yang ngajak mendadak untuk ke thailand (niat pertama sih ke hathay doank) tapi karena gue belom pernah eksplor thailand akhirnya gue ngerancang untuk sampai bangkok.. namun apa kata duit cekak menghambat gue sampe ke bangkok..
waktu itu gue berangkat melalui medan ke penang dengan tiket seharga 150rb rupiah (iya 150rb) tp jangan seneng dlu lo pada... ternyata sampe di KUALA NAMU harga airpot tax kena 200rb (harga tiket lebih murah daripada airport tax cuyy =((
waktu itu berangkat pukul 5 pagi dari KNO ke penang perjalanan di pesawat sekitar 20mnit karena baru gue pengen tidur eh tau2 udah mau mendarat aja.. nyampe penang jam msih jam 6.30 (beda sejam sama indonesia WIB). nyampe bandara kita menuju george town naik bus (bus yg bsa 102,103) seharga sekitar 2.70 ringgit ( gue bayar 3 ringgit gara2 ga da duit sen) perjalanan di tempuh sktar 30menit ke george town.. nyampe di george town kita makan di terminal busnya ada nasi seharga 1ringgit (lumayan buat sarapan). setelah itu kita nyari travel untuk menuju hathay kita muter2 eh ternyata van yang kita mau naikin baru ada jam 3 sore yasudh kita beli tiket van seharga 35ringgit di jam kami masih menujukkan jam 10 pagi akhirnya kami mengeksplor kota penang.. kami menuju ke masjid kapitan muslim di kota penang dengan berjalan kaki sekitar 20menit. sampai disana kita santai2 sambil menselonjorkan kaki dan meremin mata (maklum ngantuk) kami istirahat sampe sktar jam 12 (waktu dzuhur jam 1.30) akhirnya karena kami kelaperan kita nyari makan dulu. berjarak sekitar 100meter dari mesjid ada litle india disana banyak menjual makanan akhirnya kami memilih nasi goreng (5ringgit) sama es lemon tea (3ringgit) .. setelah kenyang jam menunjukan waktu dzuhur dan kami kembali ke masjid untuk shalat. lalu setelah shalat kami berjalan kembali ke agen van yang akan membawa kita ke hathay.

di perjalanan dari penang ke hathay pemandanganya membosankan dan kurang menarik ketika sebelum masuk perbatasan malaysia dan thailand kita turun untuk mengambil semacam board nd departure untuk masuk ke thailand disitu kita dimintain 2ringgit. perjalanan dari penang ke perbatasan memakan waktu sekitar 2-3jam nyampe perbatasan kita sudah sekitar jam 5 sore dan sudah padat orang yang mau ke thailand (lupa waktu itu malem minggu jadi banyak yg berlibur ke thailand *jomblo juga sih jadi ga tau malming apa ga hahaha) nyampe di perbatasan bukit kayu hitam banyak antrian yang memanjang .. di perbatasan kita di mintain dua ringgit untuk perkepala (ini ga tau buat apa) saat di konfirmasi ke petugas imigrasi dia ga bs blg apa2. kita sebenarnya mau ngejar kereta api jam 6 untuk ke bangkok tapi ternyata tuhan berkehendak lain kereta api kita ga dapet lalu kita nyampe di terminal hathay sekitar jam 7malem lalu akhirnya kita merubah arah destinasi sambil makan di sekitar hathay. di sekitar terminal bamyak makanan halal kita memesan nasi goreng ayam dengan harga 50 bath. makanan di thailand nasi goreng pasti di kasih kuah sop d sampingnya.
lalu kami menuju terminal untuk menuju phuket harga tiket bus (290 bath)
Hathay - Phuket di tempuh selama 6jam. kita berangkat jam 9 malem nyampe di phuket jam 4 pagi, sampai di phuket kita naek angkot ato bsa di sebut bas ke phuket town (angkotnya warna pink) harga 10bath. di phuket town kita mencari makanan halal (meskipun mayoritas muslim di phuket agak susah mencari makanan halal). akhrnya kita dapet juga makanan halal setelah berjalan sekitar 10menit.. dari phuket town kita menuju ke phatong beach awalnya kita niat mau jalan kaki (maklum ) namun ternyata jauh juga dan akhirnya kita naek angkot warna biru menuju phatong seharga (40bath) nyampe di phatong kita mencari penginapan. akhirnya kita mendapatkan penginapan di daerah banglaroad dengan konsep dormintory nama hotelnya kakol backpacker.
sore itu kita mengeksplor di phatong dan niatnya saya mau k phi-phi island besoknya namun ternyata kebetulan di guest host kita ketemu org indonesia dan mengajak kita ke phi island lusa dan akhirnya ya gue ikut aja (nyari temen cz kebetulan temen gue udah pernah). akhirnya smpe besok kita masih ngeksplor patong beach. ini penampakan daerah phatong beach

lusa saya ke phi2 island di jemput di dekat hotel dengan harga (800bath) padahal harga biasa sampai 1000bath. darmaga ke phi2 island dekat dengan phuket town jadi perjalana ke dermaga sekitar 20menit dari phatong. sampai di dermaga kita naek kapal yang bisa menampung sekitar 600orng. disana kita disuguhi pemandangan menarik dari pantai dan laut khas thailand (kalo kata temen2 kaya di raja ampat) sampai di phi2 kita nyoba snorkling hati2 snorkling di phi2 karena bulu babi banyak di sekitaran situ.. lalu saya makan siang di hotel phi2 island dengan konsep makan bareng2 dengan para rombongan.. saya mengeskplor phi2 island sampai jam 2siang karena kapal yg kita tumpangi akan kembali lagi jam 2.10 ke dermaga. perjalanan dari darmaga ke phi2 island kurang lebih sekitar 2jam.
sampai di darmaga sudah jam 4sore sebenarnya van antar jemput akan mengantarkan saya ke phatong namun saya turun di phuket town karena janjian sma kawan saya akan mnuju ke krabi pada malam itu juga ini adalah salah satu pulau di phuket
malam itu juga kami melanjutkan perjalanan menuju krabi bus dari phuket ke krabi (160bath) dengan di tempuh sekitar 4jam kami berangkat dari phuket terminal 2 sekitar jam 9 dan ternyata nyampe krabi masih jam 12 malem dan ternyata bus tidak berhenti di terminal dan akhirnya kami mencari mesjid untuk menunggu pagi .. pagi itu kami makan nasi minyak (macem nasi lemak or nasi uduk) seharga 50bath pake ayam (lumayan sarapan pagi) di krabi kami berkenalan dengan seorang mahasiswa yang berbaik hati mengantarkan kami ke pusat kota krabi town. di krabi town kami menuju ke aonang beach yang berjarak sekitar 45menit perjalanan dengan menaik angkot dengan harga 50bath. sampai di aonang beach kita istirahat sjenak sambil menikmati pemandangan alam di aonang. di aonang pemandangan lumayan bagus daripada di phuket disini banyak turis dari malaysia yang datang dan lebih mudah mendapatkan makanan halal. di aonang beach dan krabi kami berjalanan seharian dan lalu malamnya kami melanjutkan perjalanan ke hathay. ternyata terminal di krabi tidak 24 jam kami nyampai di terminal jam 6 dan kami menunggu di luar terminal dan kami baru dapat bus sekitar jam 11 malem dengan harga tiket 180bath. perjalanan dr krabi ke hathay di tempuh sekitar 4jam. dan nyampe hathay jam 4pagi.
nyampe di hathay sekitar jam 4 pagi kami menunggu pagi di terminal sekitar jam 6 pagi di sekitaran hathay banyak sarapan makanan halal. disana kami makan nasi sama telor dadar seharga 30bath. dari terminal hathay kami mencari penginapan di daerah hathay town dengan harga 240bath berdua. dan hari itu kami mengeksplor kota hathay dan mencari oleh2. di hathay kita cuma dua hari lalu setelah itu kembali ke penang dengan van seharga 400bath.
karena kami sdah beli tiket pulang seharga 200ribu rupiah (penang-KNO) maka kami bermalam di bandara dan pulang pada hari minggu..
ah itu petualangan kami di 3 negara (kalo cerita lebih detail nanti lihat di lanjtan)

budjet yang kami keluarkan
tiket KNO-Penang (150rbu)+airport tax (200rb) jadi 350ribu
van penang-hathay 35ringgit (100rbu)
bus hathay-phuket 290bath (80rbu)
penginapan 300bath (sehari) (95ribu)
paket phi2 island (800bath) (300rb)
angkot selama di phuket 100bath (30rb)
bus phuket-krabi 150bath (50rb)
angkot selama di krabi (100bath)
bus krabi hathay 180bath (60ribu)
penginapan di hathay 120bath
buat makan selama seminggu @100bath selama seminggu = 700bath
transport penang 6 ringgit
tiket penang-KNO 240ribu
kami habis sekitar 2jt rupiah dengan estimasi nuker awal 1juta lalu nuker lagi di thailand..
itu rincian kasarnya
salam ransel dari saya

Share with your friends

2 comments

1. foto-fotonya agak gelap dul,
    gimana seru gk dul backpackingan?

ReplyDelete
  2. ga semuanya sih d terangin.. maklum pake kamera biasa...
    mantap lah ki.. tp kayaknya sm pasangan lebh enak =P

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.