Paham Literasi Keuangan Untuk Perempuan Indonesia

December 26, 2018

Apa yang kamu pahami tentang literasi keuangan?

Banyak hal yang bisa kita pahami dari kegiatan ini. Mulai dari mengatur barang apa yang mau dibeli, sampai pos-pos keuangan kita mau diapakan. Tapi masih banyak orang yang belum paham tentang ini
Banyak orang yang belum tahu kebutuhan dan keinginan. Bagaimana dirinya juga mengerem untuk belanja. Apalagi wanita, yups banyak banget yang diinginkanya

Berdasarkan survei oleh OJK, kurang dari 30% orang Indonesia yang melek keuangan. Artinya, tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap berbagai produk dan jasa keuangan masih cukup rendah. Melalui survei tersebut juga terungkap bahwa tingkat literasi keuangan perempuan (25,5%) lebih rendah dibandingkan pria (33,2%).

Berkaca dari hal ini, banyak perusahaan yang terus mengembangkan pelatihan bagi perempuan. Perempuan ini banyak potensinya, karena sebagi ibu juga sebagai pengatur keuangan di rumah. Maka dari itu Prudential lewat Community Investmet melakukan program literasi keuangan bagi perempuan Indonesia.

Menurut Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, “Kami percaya pada tingginya potensi perempuan Indonesia terhadap kemajuan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kami rnenaruh perhatian besar kepada perempuan pada program peningkatan literasi keuangan yang kami jalankan”.

Program ini sudah mulai dilakukan dari tahun 2009 dan sudah hampir 27000 orang alumninya. Program ini sudah menyasar di seluruh bagian Indonesia. Tahun ini pun program ini sudah masuk ke Indonesia bagian timur.

Program ini memang menyasar perempuan. Untuk mengisi materi pun juga perempuan. Senada dengan apresiasi dari Titi Eko Rahayu, Staf Ahli Menteri Bidang Pengentasan Kemiskinan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia memberikan apresiasinya, "Program ini sejalan dengan komitmen Kementerian PPPA Republik Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan secara mandiri melalui program Pengembangan Industri rumahan. Ke depannya, saya berharap dengan adanya kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan yang didukung oleh Kementerian PPPA, makin banyak perempuan yang dapat lebih mandiri dari sisi ekonomi, rnempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi keluarga tanpa harus mengganggu peran lainnya sebagai seorang ibu rumah tangga."

Pada program ini, para peserta mendapatkan pelatihan dasar mengenai pengelolaan keuangan dasar secara komprehensif dari para fasilitator yang kompeten dan berpengalaman, yang merupakan karyawan dari Prudential Indonesia atau disebut juga PRUvolunteers. materi pelatihan dalam kegiatan ini disusun secara khusus agar para peserta yang hadir dapat mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen dan cara rnengakses produk dan jasa keuangan.

Program Community Investment Prudential ini tidak hanya bidang ini saja. Karena ada 4 pilar yang menjadi landasan dari Community Investment. Ada 4 pilar yaitu edukasi, pilantropi, keamanan dan kesehatan serta program Indonesia timur. Beberapa antaranya adalah program literasi untuk anak yaitu Cha Cing biasanya di tv kabel, jadi ada anak-anak nyanyi namun liriknya ada nasihat tentang keuangan. Program literasi keuangan ini masuk dalam program edukasi

Program ini mendapatkan apresiasi juga dari OJK. Melalu direkturnya Horas Tarihoran” Dari tahun ke tahun, tingkat literasi dan inklusi keuangan telah meningkat. Hal ini tidak lepas dari kontribusi perusahaan-perusahaan dalam mengedukasi masyarakat, salah satunya Prudential Indonesiamelalui kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan. Kami harap kegiatan ini dapat membantu kami mencapai target literasi keuangan sebesar 35% pada 2019."

Pencapaian hampir 9 tahun kegiatan ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak. Prudential sendiri melakukan kegiatan ini banyak bekerja sama dengan beberapa kementrian. Selain dengan pemerintah, Prudential pun bekerja sama dengan berbagai macam komunitas.

Semoga program ini terus berlanjut terus ya geng mengedukasi perempuan-perempuan di Indonesia







You Might Also Like

27 komentar

  1. Keren ya programnya Prudential Indonesia yang ngasih pelatihan pengelolaan keuangan ini. Soalnya penting banget loh bisa mengatur keuangan dengan baik biar kehidupan keluarga jadi lebih sejahtera. Yang pasti sih biar bisa nabung juga

    ReplyDelete
  2. Wow, bang doel baek banget sharing beginian, amin semoga edukasi keuangan begini bs menuasar kaum perempuan ya

    ReplyDelete
  3. Programnya rutin kah? Pengen ikut kalau ada lagi

    ReplyDelete
  4. Acara kereen nih khusus buat para perempuan dan aku bangga Perempuan banyak potensinya, karena sebagi ibu juga sebagai pengatur keuangan di rumah/dikantor

    ReplyDelete
  5. Wahh...jadi bisa belajar banyak tentang literasi keuangan nih. Penting banget kegiatan seperti ini diadakan di kota-kota lainnya.

    ReplyDelete
  6. Iya pemerintah kalau gak dibantuin swasta mungkin akan susah mewujudkan perempuan yg melek literasi keuangan sepenuhnya. Bagus banget program pelatihan literasi keuangan dr Prudential ini ya?

    ReplyDelete
  7. Ikut menyerap ilmunya. Acara bagus dan ini penting buat ibu rumah tangga secara irt kan manager keuangan keluarga juga...

    ReplyDelete
  8. Kegiatan seperti ini berguna banget. Terlebih bagi yg baru nikah seperti saya. Mengatur keuangan rasanya susah bila tanpa ilmu

    ReplyDelete
  9. bagusss ini bang acaranya. . kudunya kemaren. aku ikut datang ya biar lebih paham juga soal keuangan.. tengkiuuu ya bang infonya

    ReplyDelete
  10. Kegiatan seperti ini penting banget nih biar semua wanita makin pintar mengatur keuangan.

    Ilmunya banyak banget deh pasti disitu :)

    ReplyDelete
  11. Ide dari prudential ini sangat bermanfaat untuk literasi keuangan indonesia

    ReplyDelete
  12. Sudah berapa puluh tahun ya aku mengenal uang? Sudah lama banget, ketika tahu bahwa kion dan kertas itu bisa ditukar dengan permen. Tapi soal literasinya, nol besar. Beruntung akhir-akhir ini teman-teman blogger banyak yang menulis soal literasi keuangan. Sedikit-sedikit mulai terbuka sumbat bloonnya :)

    ReplyDelete
  13. nah, dul...km harus cari pasangan hidup yg pintar kelola keuangan. mantap deh...

    ReplyDelete
  14. Nah, literasi keuangan memang sudah seharusnya dipelajari. Biar perempua gak hanya bisa belanja, Tetapi, juga pandai mengatur keuangan :)

    ReplyDelete
  15. Sebagai perempuan memang penting sekali paham literasi keuangan. biar bahagia

    ReplyDelete
  16. beruntung teman-teman blogger yang mengikuti acara ini bisa menuliskannya setidaknya aku yang ga ikutan jadi dapat insight juga emang perlu banget ya bang Doel perempuan paham literasi keuangan secara hampir rata2 perempuan yang kelola uang

    ReplyDelete
  17. Ilmunya sudah dapet, tinggal mempraktekannya niy. Emang is not easy tapi pelan2 harus dipraktekin ya Bang Doel. Apalagi hampir yg mengelola keuangan kebanyakan perempuan. Semoga melalui tulisan teman2 ini semakin banyak perempuan yg melek literasi ya Bang.

    ReplyDelete
  18. Aku pengin kalau ada pelatihan seperti ini. Sadar diri belum terlalu pandai mengelola keuangan, kayaknya 2019 ini aku mulai serius berbenah cach flow rumah tangga. KAlau ada info lanjutan infoin ya, Bang.

    ReplyDelete
  19. kadang kita suka galau antara kebutuhan vs keinginan. kudu bisa membedakan ya, jangan sampai gatal mata kalo ga mau dompet jebol :D

    keren banget programnya. semoga terus sukses mengedukasi perempuan indonesia

    ReplyDelete
  20. Keren Prudential, ternyata sudah hampir 9 tahun mengadakan kegiatan pelatihan literasi keuangan untuk perempuan. Salut!
    Bang Doel harus cari alumninya ini, pasti sudah paham bener buat ngatur keuangan keluarga nanti...yang jomblo juga pasti ada kan ya?

    ReplyDelete
  21. Wah ada literasi keuangan nih keren deh, palagi utk perempuan.

    ReplyDelete
  22. Literasi keuangan untuk perempuan. Bagus ini programnya.

    ReplyDelete
  23. Acaa bagus buat ibu2 nih di Bandung mau diadain gak ya..mau ikut dong ..hehe

    ReplyDelete
  24. Mantap banget bisa ikut pelatihan keuangan. Apalagi buat cewek yang suka belanja ini itu, dan masih susah untuk mengatur keuangannya

    ReplyDelete
  25. Perempuan sbg manager keyangan rumah tangga perlu bgt edukasi ttg managemen keuangan

    ReplyDelete
  26. Mengatur keuangan tanpa ilmu yang tepat rasanya agak susah yah, program kegiatan seperti ini sangat bagus karna mengedukasi wanita muda, calon ibu/istri yang nantinya jadi manager keuangan dalam rumah tangga.

    ReplyDelete
  27. ow ow siapakah gerangan yang berjilbab merah di sana?
    cari istri yang melek literasi keuangan, dul. Kalau enggak melek, ya ikutin pelatihan dari Prudential ini.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh