5000 Takjil Buka Puasa Di Mesjid Istiqlal

June 12, 2017



Buka puasa? Bagi setiap orang buka puasa adalah hal yang sangat di nanti apalagi saat bulan ramadhan ini. berbuka puasa di sunahkan dengan yang manis-manis. Kenapa dengan yang manis? Karena dengan asupan makanan yang manis itu bisa menambah energy kita. Rasulullah SAW berbuka dengan dua kurma dan segelas air putih. Nah kalo gue? Biasanya ada teh manis anget dan gorengan. 


Bagi setiap orang juga banyak tempat buka puasa yang menjadi tujuan saat di ramadhan ini. Nah kebetulan gue kemarin nyobain buka puasa di Mesjid Istiqlal Jakarta. Bagi sebagian orang Jakarta Mesjid Istiqlal menjadi salah satu trade mark yang wajib di kunjungi bila ke Jakarta. Masjid yang di bangun pada tahun 1951 ini di bangun oleh presiden soekarno dengan  Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.
Berangkat dari rumah menuju Mesjid Istiqlal menggunakan comutter line dari stasiun klender lalu turun di stasiun juanda. Dan berjalan kaki menyebrangi jalan raya sampai deh di masjid istiqlal. sampai disana gue mulai jalan-jalan lihat-lihat kemegahan arsitektur dari masjid ini. oh iya seumur-seumur selama tinggal di Jakarta gue ga pernah buka puasa di Mesjid Istiqlal makanya gue nyobain deh hari itu.

Sampai di sana sudah jam 17.00, masih ada waktu 45 menit untuk menuju berbuka puasa. Awalnya sih niat gue mau muter-muter dulu sambil menunggu buka puasa eh ga taunya sampai ke ruang utama di lantai 2 para jamaah udah banyak yg duduk rapi di depan panggung utama untuk berbuka puasa. Gue pikir ah masih bisa dapet takjil dari pengurus masjid nanti ikut duduk sekitar 20 menit lagi eh gataunya jamaah yang ikut berbuka puasa makin banyak. Selasar masjid terisi sampai ke tengah-tengah halaman atas istiqlal.

Pada hari biasa buka bersama di mesjid ini menyediakan sekitar 3000an makanan berbuka puasa. Makanan ini di dapatkan dari donator yang berdonasi dan di kelola setiap harinya oleh panitia buka puasa.
Dan Akhirnyaaa


Gue duduk juga aah di antara ribuan jamaah yang mulai menunggu berbuka puasa dan pembagian takjil segera di lakukan oleh panitia. Pembagian takjil ini di bagi sama rata dengan makanan berupa nasi kotak yang berisi korma dan nasi beserta air putih. Alhamdulillahnya setiap hari tidak ada yang kekurangan makanan berbuka puasa. Sambil menunggu adzan magrib di panggung utama dekat selasar di adakan tausyiah. 

Adzan maghrib berkumandang…

Alhamdullilah gue akhirnya berbuka puasa ya walaupun tidak sesuai dengan kebiasaan gue yang ada teh manis anget namun berbuka puasa dengan kurang lebih 5000 jamaah mungkin menjadi suatu pengalaman yang berbeda. Setelah makan kurma dan minum air gue shalat maghrib dulu (maklum gue biasa makan berat setelah shalat magrib).

Setelah sholat magrib gue makan nasi kotaknya dulu. Nah sambil menunggu shalat isya dan tarawih gue jalan-jalan ke sisi bawah masjid istiqlal. Ternyata disana ada bazzar yang menjual baju-baju muslim gitu. Nah dengan iseng-iseng gue liat-liat ah sapa tau ada yang cocok. Eh ternyata belom ada yang cocok. Gue pikir-pikir nanti liat di Koleksi baju koko di zalora Indonesia aja deh. Biar lebih santai dan cari-cari produk yang keren disana. 
 
suasana sholat tarawih
Setelah selesai keliling-keliling adzan isya telah berkumandang dan gue kembali ke ruangan utama untuk menunaikan shalat isya dan tarawih. Jamaah shalat cukup banyak dan padat. Oh iya disini ternyata shalat tarawihnya di bagi dua shift. Pertama yang jumlah rakaatnya 11 lalu shalat tarawih yang 23 rakaat. Subhanallah memberikan pengalaman yang asik dan berbeda saat disini. Oh iya gue ambil yang 11 rakaat aja karena tidak bawa kendaraan pribadi jadi takut kemalaman pulangnya.



So? Silahkan coba buka bersama di mesjid istiqlal yuk…….

You Might Also Like

5 comments

  1. Duh, pengen merasakan juga buka dan tarawih di Istiqlal..

    ReplyDelete
  2. Wah setiap harinya ramai juga ya Mas buka puasa di Masjid Istiqlal sampai keluar-keluar lagi.. Seru euy

    ReplyDelete
  3. Selama ramadan ini belum sekalipun buka puasa di masjid hahahhaha. Lebih suka buka di kos bareng teman-teman :-)
    Sebenarnya seru sih bisa buka di masjid, berinteraksi dengan orang-orang baru.

    ReplyDelete
  4. Cocok banget untuk anak kosan nih. Berbuka di Istiqlal.

    Pengen nyoba juga, tapi kapan yaaa.. Hahahha


    Www.aulaandika.com

    ReplyDelete
  5. Kok gak ada muka gue sih Doel? Kan ikutan juga.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh