Membaca Asik Dan Nyaman di Perpusnas Tertinggi di Dunia

September 18, 2017

Pagi itu 14 September 2017 Perpusnas diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Perpusnas yang terdiri dari 24 lantai ini menjadi perpustakaan tertinggi di seluruh dunia. Perpustakaan yang terletak di jalan Merdeka Selatan ini memiliki banyak koleksi buku dan menerapkan sistem green building. Perpustakaan yang menghabiskan dana hampir 500 miliar rupiah ini memiliki sistem  digitalisasi yang sudah modern. Gedung yang terdiri 24 lantai ini dirancang sangat unik. Berbentuk persegi seperti jendela mengartikan perpustakaan adalah Jendela Dunia (The Window of the World)

presiden meresmikan (sumiyati)



Perpustakaan yang terdiri dari 24 lantai ini sanggup menampung pegunjung yang cukup banyak. Bagi para pencinta buku perpus ini bisa menjadi primadona sebagai tempat membaca. Memasuki lantai pertama lobi kita akan di sambut dengan galeri pameran lukisan para presiden Indonesia mulai dari era Soekarno sampai sekarang. Menaiki lantai dua kita akan menuju tempat pendaftaran anggota perpustakaan, tempat pendaftaran sudah sangat canggih dengan sistem teknologi yang paling baik. Pendaftaran untuk anggota perpus yang baru diberikan secara gratis dan sangat mudah dalam membuatnya, cukup membawa KTP dan nanti di kasih no antrian dan foto langsung jadi deh

Komputer untuk membaca naskah lama

Lantai 4 Perpusnas terdapat auditorium untuk menyelenggarakan kegiatan dan acara-acara. Tangga jalan di Perpusnas hanya sampai di lantai 4. setelah itu kita dapat menaiki lift untuk menuju lantai-lantai berikutnya. Mengunjungi lantai 7 ada tempat khusus untuk anak-anak. Tempat ini sangat memanjakan anak-anak, selain tempat untuk membaca ada juga permainan-permainan tradisional untuk seperti congklak guna membantu mengasah kemampuan anak. Lantai 7 ini selain untuk anak-anak ada juga untuk lansia. Tempatnya sangat nyaman untuk para lansia bersantai sambil membaca buku disini.

tempat duduk yang nyaman

Naik lagi di lantai 9 terdapat tempat naskah-naskah lama. Mulai dari kitab Sutasoma sampai ke Laligo ada di lantai ini. Para pengunjung bisa membaca naskah lama ini di komputer karena sudah beberapa naskah kuno ini di pindahkan dalam bentuk digital jadi tidak susah untuk membacanya dari kertas kuno ataupun dari kulit lontar. Mulai dari lantai 12 sampai di lantai 24 adalah tempat membaca untuk ribuan buku. Tempat di perpus ini sangat nyaman dan ruangan yang cukup sejuk untuk bersantai sambil membaca buku. Berbagai tempat dari perpus ini juga sangat instagramable dan bagus untuk foto.
anak-anak bermain sambil membaca
Untuk shalat bagi yang muslim disediakan mushola yang lumayan besar dan nyaman di lantai 6. Selain itu di lantai 8 juga ada ruang digital library yang bisa kita gunakan
salah satu naskah lama

Lantai 24 yang merupakan lantai tertinggi dari Perpusnas, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan menarik. Pemandangan kota Jakarta dapat dilihat dari lantai ini. Di arah selatan dapat melihat monas dan di arah utara terdapat struktur tata kota dan bangunan Jakarta dari atas. Perpustakaan Nasional yang akan dibuka untuk umum pada 9 Oktober mendatang. Jam bukanya Senin sampai Jumat pukul 07.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sementara, Sabtu sampai Minggu dibuka hingga pukul 16.00 WIB. 

Bagaimana? tertarik bukan sobat. Ayo berkunjung ke perpus. membaca sambil berlibur

  • Share:

You Might Also Like

16 comments

  1. Tempatnya nyaman, fasilitasnya juga lebih lengkap ya...keren Perpusnas🖒

    ReplyDelete
  2. Tempatnya nyaman, fasilitasnya juga lebih lengkap ya...keren Perpusnas🖒

    ReplyDelete
  3. Pengen tau syarat daftar buat jadi anggota bang 😊

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Wah weekend buka juga ya, kereen
    Dulu waktu masih di salemba cuma jam kerja dan jam 3 sore udah diusir2in 😂

    ReplyDelete
  6. Aku ke perpusnas tahun 2010 sewaktu masih kuliah hahahahah.
    Itupun hanya keliling bentar lalu menghilang :-D

    ReplyDelete
  7. How lucky you are udah bisa duluan ke situ ^_^

    ReplyDelete
  8. Kalau ke jakarta aku mesti kesini. Dengan fasilitas lengkap dan nyaman begini dijamin aku betah lama2 baca.

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran, kl ke Jkt diusahakan pasti mampir :)

    ReplyDelete
  10. Wah keren semoga makin banyak tumbuh minat baca

    ReplyDelete
  11. Itu congklak boleh dimainin anak dewasa juga kah ?? *pertanyaan ga penting :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh