Janji #GenLangitBiru Untuk Lingkungan Jakarta

8:58 AM

Pernah tidak saat kalian keluar rumah di pagi hari polusi udara sudah menghampiri? Apalagi di kota-kota besar di Indonesia. Saya yang tinggal di ibu kota negara pun merasakan demikian. Saat keluar rumah di pagi hari yang dihirup bukan udara segar tapi asap dari kendaraan bermotor yang melintas. Tidak hanya asap kendaraan tapi juga polusi dari asap-asap pabrik yang berada di sekitar kota ini.


Saya juga seorang backpacker yang terkadang menggunakan sepeda motor saya untuk mengunjungi tempat wisata di daerah-daerah yang bisa saya jangkau. Pengunaan bahan bakar yang ramah lingkungan dalam perjalanan saya membuat biaya menjadi lebih irit dan menjadikan performa mesin yang baik. Selain itu saya juga tidak akan merusak alam yang ada di sekitar kita dengan menggunakan bahan bakar yang dapat mencemari lingkungan.

Guys, karena di suatu saat nanti kita yang sebagai milenials yang akan merasakan efek lingkungan saat ini pada masa yang akan datang. Kita tidak pernah akan tahu jadi apa nanti lingkungan kita maka dari itu saya mengajak menjadi #GenLangitBiru. Anak muda yang bersama bergerak merubah keadaan sekitar kita dan lingkungan untuk menjadi lebih baik.

Janji #GenLangitBiru dengan selalu menjaga lingkungan agar tetap baik karena kita harusnya berterimakasih padaNya yang sudah mengizinkan kita untuk tinggal disini. Lingkungan adalah rumah kita maka dari itu jangan sampai mengotori “rumah” sendiri dengan hal yang kurang baik.

Langit biru tidak hanya ada di dunia khayalan tapi langit biru akan menjelma menjadi atap rumah kita sendiri. Langit biru juga tidak hanya ada sebagai atap di lingkungan kita tetapi langit biru juga berarti lingkungan sekitar kita yang segar dan nyaman. Langit biru tidak berbicara tentang polusi yang mengganggu tapi tingkat kepedulian kita sesama manusia yang membuat langit menjadi baik

Berbicara tentang langit biru pasti akan ada hubunganya dengan penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan. Saya sendiri mengendarai kendaraan bermotor semenjak SMA dari tahun 2007 sampai sekarang masih setia memakai motor. Bahan bakar yang digunakan dari awal sampai sekarang adalah pertamax (Ron 92). Kenapa pakai Pertamax? Walaupun banyak anggapan bahwa di pasaran harga Pertamax sangat mahal dan tidak cocok dengan kantong anak muda. Namun tidak juga bagi saya yang anak muda zaman now dan yang berpikiran ke depan, karena dengan menggunakan BBM jenis ini sangatlah penting.

Apa itu Pertamax?
Oke sebelum saya cerita kenapa milih Pertamax, saya mau memberi tahu apa itu Pertamax. Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 Desember 1999 sebagai pengganti Premix 1994 dan Super TT 1998 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan (wikipedia 2017). Nah sudah tahu kan apa itu 


Kenapa pakai Pertamax?
Saya sebagai generasi milenials zaman now dan #GenLangitBiru memilih Pertamax untuk bahan bakar motor. Pertamax sendiri menurut saya sebagai pengguna kendaraan selama hampir sepuluh tahun, merupakan bahan bakar yang irit bagi kendaraan. Bila saya mengisi pertamax 3 liter itu bisa saya gunakan untuk pemakaian seminggu atau dengan jarak tempuh 50Km dibandingkan dengan premium bila di isi 3 liter saya hanya bisa menempuh kurang lebih 45 Km per 3 hari pemakaian.

kendaraan pribadi yang pakai pertamax

Sudah tahu kan mengapa saya pilih pertamax? Nah selain berpengaruh ke mesin, bahan bakar ini juga berpengaruh ke lingkungan kita. Loh kok bisa? Itu bagaimana ya? Berikut saya sajikan data perbandingan antara tiga bahan bakar minyak yang dijual dan digunakan di Indonesia untuk kendaraan bermotor mulai dari Premium (ron 88), Pertalite (ron 90) dan pertamax (ron 98) (diolah dari berbagai sumber)



Gambar 2 perbandingan pertamax dengan premium (www.aturduit.com)
Pertamax merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan karena menghasilkan Nox dan Cox (gas emisi buang yang dapat menyebabkan polusi dan efek rumah kaca) yang lebih sedikit dari bahan bakar lainya. Nox dan Cox ini bila terdapat di lingkungan akan mempunyai dampak yang berbahaya bagi lingkungan dan manusia. Berikut beberapa dampak dari Nox dan Cox bagi lingkungan dan manusia:
  1. Kandungan Nox dan Cox ini bila mengenai tumbuhan dapat mengurangi proses pertumbuhan  serta mempengaruhi dalam proses fotosintesis
  2. Nox dan Cox bila masuk ke tubuh manusia akan mempengaruhi dalam proses pernapasan diri.
  3. Bila terkena tanah, kandungan Nox dan Cox dapat mempengaruhi masuknya zat nutrisi ke dalam akar.
  4. Bila kandungan Cox dan Nox tinggi (paparan >750 ppm dalam waktu < 1 jam) maka akan berpengaruh dalam kehidupan manusia yang menyebabkan kematian


Wow, ngeri banget nih kalo sampai kita terdampak dan rata-rata hasil dari Nox dan Cox itu dari kendaraan bermotor. Maka dari itu sebagai generasi milenial zaman now kita harus bisa menjaga lingkungan dengan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Langit biru yang di impikan 

Pertamina sebagai penyalur bahan bakar minyak membuat Proyek Langit Biru Cilacap atau Cilacap Blue Sky Project merupakan salah satu proyek peningkatan spesifikasi gasolin dari semula RON (Research Octane Number) 88 menjadi RON 92. Proyek ini sudah dimulai pada tahun 2015 dan ditargetkan akan selesai menjelang pertengahan tahun 2018. Setelah Proyek Langit Biru Cilacap ini selesai, maka diharapkan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap seratus persen akan memproduksi Pertamax dengan nilai octan minimum 92.

Pertamina saja sudah mulai membuat pabriknya yang ramah lingkungan serta bahan bakar menjadi oktan 92 dan yang pasti kita juga dong memakai bahan bakar yang ramah lingkungan. Saya masih percaya mengurangi gas emisi buang membuat udara di sekitar kita menjadi lebih baik dan sehat. Nanti juga pada tahun berikutnya udara di Indonesia khususnya Jakarta menjadi lebih baik dan polusi menjadi berkurang. Selain dengan mengganti bahan bakar kita juga dapat membantu mengurangi polusi dengan menanam pohon untuk membuat asri dan menambah oksigen yang baik untuk lingkungan.
lingkungan Jakarta yang bersih


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh