Melihat Pabrik Mobil Next Generation MPV Xpander

February 12, 2018


Dok: Istimewa
Mobil apa ya yang kece dan besar dalam muatan tapi type MPV? Apalagi mobilitas gue yang kadang memakai mobil untuk jalan-jalan. Mulai dari menyusuri jalan yang mulus hingga jalanan yang terjal. Tidak terbayangkan mobil seperti itu ada? Eh tapi ternyata ada loh mobil seperti tipe ini yaitu mitsubishi Xpander. Yupz mobil keluaran terbaru dari mitsubishi ini memiliki beberapa kelebihan yang ada dan sangat berbeda dari MPV lainya.
Dok: Istimewa

Nah kebetulan pada hari rabu 7 februari 2018 Bang Doel bersama blogger kompas berkesempatan mengunjungi pabrik pembuatan Xpander ini. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengundang jurnalis, blogger, komunitas ke pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Pabrik yang terletak di daerah Cikarang ini ternyata merupakan pabrik terbaik ke 4 yang di miliki Mitsubishi loh. Perusahaan berstandar global ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada April 2017 lalu. Bertempat di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Cikarang - Bekasi Jawa Barat, PT MMKI mempunyai luas lahan 51 hektar dengan luas bangunan 14 hektar dengan pekerja yang mencapai 3000 orang. 

Dok: Istimewa

Pabrik PT MMKI ini tidak hanya memproduksi Xpander saja tetapi juga memproduksi Pajero dan pada nantinya akan memproduksi L300 juga loh. Untuk mobil Xpander diproduksi perharinya yaitu 170 unit dan mencapai 160 ribu unit pertahunya. Menurut  Kyoya Kondo, President Direktur PT MMKI “ permintaan mobil Xpander ini membludak dan pada nantinya kami akan terus meningkatkan produksi dan menjaga kualitas mobil ini agar mobil Xpander bisa menjadi mobil idaman setiap konsumen.

Dok: Istimewa
Setelah sambutan yang hangat dari sang presiden direktur PT MMKI kami akan mengunjungi pabrik pembuatan mobil ini. Untuk memasuki sebuah pabrik juga kita harus selalu mengikuti prosedur yang di tetapkan setiap pabrik. Hari itu kami mempergunakan sepatu, baju tangan panjang, topi dan kacamata untuk pelindung kami selama memasuki pabrik.


Ok guys kami akan siap memasuki pabrik. Pabrik ini di bagi menjadi 5 bagian yaitu
Dok: Istimewa

  •  Stamping
  • Welding
  • Painting
  • Assembly
  • Quality Control

Stamping 

Dok: Istimewa



Saat di tempat ini nanti akan ada proses pembentukan dari lempengan plat baja yang akan dicetak menjadi bentuk sesuai dengan desain atau keinginan lainnya. Pada bagian ini proses mengubah plat-plat baja dilakukan dan menjadi struktur badan utama kendaraan, seperti body, pintu, atap, dan lain sebagainya.


Welding
Dok: Istimewa

Diproses ini dilakukan penggabungan bagian-bagian yang ada mulai dari body,pintu,atap dan lainnya. Proses ini dilakukan dengan robotik dan pada proses ini juga tetap dilakukan pengawasan dalam setiap system penyatuan kerangkanya. PT MMKI selalu mengedepankan kualitas yang baik pada setiap pengerjaan mobilnya.


Painting
Dok: Istimewa

Setelah proses pengelasan mobil di masukan ke dalam ruangan untuk di berikan warna. Dari pandangan mata saya ada beberapa warna untuk jenis mobil ini yaitu merah,hitam,putih dan warna abu metalic. Pada saat proses ini sebelum dilakukan pewarnaan mobil akan disterilkan dan dibersihkan dari noda-noda dan minyak. Namun sayang kami tidak masuk ke dalam plant ini karena sedang off proses produksinya. Fyi dalam proses ini menggunakan teknik yang ramah lingkungan, seperti pengurangan karbondioksida, bebas radiasi untuk para pekerja dan pengerjaan cat yang cepat hanya untuk sekali produksi


Assembly
Dok: Istimewa

Sudah diwarnain dan body sudah menjadi satu, proses berikutnya yaitu perakitan komponen-komponen yang ada untuk mobil. Mulai dari interior hingga mesin-mesinya. Oh iya interior mobil dari karpet,jok, dan yang lainya PT MMKI ini berkerja sama dengan beberapa vendor yang bagus.

Quality Control

Setelah semua proses dilalui ini adalah tahap terakhir proses pembuatan Xpander. Bagaiamanapun setiap produk yang dihasilkan harus di cek dengan seksama mulai dari mesin hingga interior-interior. Proses pengecekan kebocoran air pun di periksa sehingga pada saat hujan tidak bocor dan rembesan air masuk ke dalam mobil. Semua di periksa dan harus lulus sesuai kualitas dan standar dari PT MMKI.

Sudah puas berkeliling pabriknya? Dan terakhir akan test drive. Fyi neh mobil Xpander ini mempunyai  tiga tipe yang bisa dipilih, yaitu: Ultimate A/T, Sport A/T, dan Exceed A/T. Nah Bang Doel karena bisa mengendarai mobil matik dan manual jadi nunggu mobil yang mana aja.

Oh iya ternyata dalam tes drive ini di pimpin oleh Rifat Sungkar Safety Drive. Sedikit bocoran Rifat Sungkar yang pereli ini mempunyai 5 mobil Xpander di rumahnya. Tau tidak kata dia mobil ini hampir sama kaya Mitsubishi EVO tapi type MPV . Gokil tidak neh Mitsubishi membuat sistem seperti mobil untuk kecepatan tinggi tapi dalam bentuk MPV.

Dok: Istimewa


Test drive yang akan dilakukan yaitu tes rem ABS, Tes putaran mobil, tes zig zag dan tes goncangan. Pada awalnya di kasih contoh oleh tim dari Rifat Sungkar tapi setelah itu Bang Doel yang akan mencoba. Bagaimana rasanya?

      1.      Tes Rem ABS (Auto Breaking System)

Pada tes ini dilakukan pada sistem jalanan licin dengan simulasi penggunaan karpet dan air sabun pada jalanan. Mobil dipacu dengan kecepatan 40 Km/Jam lalu setelah itu mobil di rem secara mendadak di atas karpet tersebut dan teryata mobil ini akan mengerem secara cepat dan tanpa harus “mengocok” rem terlebih dahulu dan mobil tidak terlempar kemana-kemana.
Dok: Istimewa

      2.      Tes Putaran Mobil

Tes ini di simulasikan dengan memutari parka jalan yang membentuk angka 8. Perputaran mobil ini di tes untuk mengetahui seberapa cepat power stering dari mobil ini kembali lagi. Pada test drive ini diajarkan juga cara memutar mobil yang baik dengan mengambil bagian atas mobil.

Dok: Istimewa

      3.      Tes Zig Zag

Mengendarai mobil dalam posisi yang harus menyalip itu di perlukan dan pada saat di coba kemarin mobil tetap stabil dan cepat dalam kembali saat melakukan manuver zigzag
.
Dok: Istimewa

      4.      Tes Goncangan

Tes ini di simulasikan dengan cara merasakan goncangan dengan jalanan yang tidak rata. Pada jalanan yang tidak rata mobil ini tidak mengalamai goncangan yang keras apalagi para penumpang tetap nyaman di dalam mobilnya. Saat mencoba juga pada kecepatan 40 KM/Jam mobil tidak terlalu terasa guncanganya.

Dok: Istimewa

Nah guys semakin mau beli mobil ini kan? Saat test drive kemarin beneran deh Bang Doel akan membeli mobil ini. Setelah puas berkeliling pabrik dengan tema ‘Plant Tour Xpander‘, Mobil ini sangat GUE BANGET karena Spionnya berukuran besar dan sudah auto folding. Sementara lampu belakangnya sudah LED dengan model yang stylish banget. Untuk jalanan apa pun, mengendarai Xpander juga goks nih. Mobil ini dilengkapi mesin MIVEC 15L – DOHC 16-Valve dan suspensi canggih dengan katup peredam tahan guncangan dengan Velg 16″ Two Tone. Seperti pada saat tes drive jalanan bergelombang mobil ini tetap stabil soalnya telah didukung dengan shock absorber valve di bagian depan dan belakang serta dikembangkan secara khusus dengan quick response. Mobil ini juga mempunyai tenaga yang gede dengan Maximum power 77 kw/6000 RPM dan maximum torque 141NM/4000RPM
Dok: Istimewa

So siap-siap deh guys membeli mobil ini yuks.. apalagi nih denger-denger Saat ini xpander dipesan lebih dari 50.000 unit, akan diekspor ke negara2 lain seperti Filipina, Thailand, dll mulai tahun 2018 dan harus memesan terlebih dahulu di dealer-dealer mitsubishi.



You Might Also Like

5 comments

  1. Mau dong Xpander nya satu aja deh..

    ReplyDelete
  2. asika ya bisa liat langsung pembuatan mobil mitsubisi Xpander. Bisa kali ya buat give away Xpander hahahah

    ReplyDelete
  3. wah pengalaman yang seru ini. belum tentu aku juga bisa diajak main ke pabriknya ini.

    ReplyDelete
  4. Produksi sudah sebanyak itu tapi masih indent juga ya. Kebayang banyaknya yg pesan Xpander ini

    ReplyDelete
  5. Wow asyiknyaa berkunjung ke pabrik, mupeeng mobilnyaa...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh