Ngobrol Bareng dr Vicky dari Puskemas Jatinegara Kaum tentang Germas

July 16, 2019

GERMAS? Pada tau kan germas itu apa? Yeah GERMAS adalah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Nah program ini diluncurkan oleh KEMENKES untuk masyarakat Indonesia agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada.




GERMAS sendiri ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, seperti  Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Dari beberapa kegiatan tersebut ada 3 kegiatan yang utama yaitu 


1. Melakukan aktifitas fisik
2. Mengonsumsi sayur dan buah 
3. Memeriksa kesehatan secara rutin

Apakah implementasi GERMAS sudah sampai di Kelurahan??

Kenapa saya penasaran dengan GERMAS? Waktu saya pernah ikut kegiatan temu blogger kesahatan yang mengangkat Tema Cegah PTM (penyakit tidak menular) dengan Germas. Disana saya mendapatkan materi tentang bagaimana dengan Germas bisa mengurangi PTM yang ada dimasyarakat. Eh taukan PTM itu apa aja? Yaa ada Hipertensi, diabetes, paru-paru hingga kanker. 

Seperti salah satu penyakit yaitu diabetes, penyakit ini masih susah disembuhkan namun bisa ditangani oleh kita sendiri. Masalah diabetes sangat menurunkan produktivitas di dalam negeri.. karena penderita di umur 45-70th. DM itu ada 2.. ada DM 2, yang dimulai dari umur dewasa, berat badan normal, tidak tau orang sakit, karena resistensi insulin. DM 1, biasanya masih muda, badan kurus, tipe mudah sakit, tidak ada insulin sama sekali.

Ada beberapa gejala diabetes ini :

1. awalnya gemuk trus langsung turun

2. kalau malam sering buang air kecil

3. tidak berubah menjadi energi sering lapar

Nahkan berbahaya sekali PTM ini bila menyerang ke kita, apalagi dengan kegiatan kita dan gaya hidup yang salah. Maka dari itu Kemenkes mengeluarkan kegiatan GERMAS.

Berbicara tentang germas saya kepikiran gimana di kelurahan saya ya? Yes saya tinggal di Jatinegara Kaum Kecamatan Pulogadun Jakarta Timur. Biasanya kegiatan ini berpusat di puskemas, eh tau kana apa itu puskemas? Iya pusat kesehatan masyarakat yang biasanya ada disetiap Kelurahan.

Awalnya saya ketemu Bu Jatminah yang merupakan rekan kerja saya di kelurahan yang saat itu lagi sibuk ngurusin surat undangan untuk mengerjakan Posbindu. Saat itu saya yang kebetulan lagi di ruangan di minta tolong oleh beliau untuk membuat surat undangan ini. Saat saya tanya surat undangan apa bu? Undangan Posbindu PTM (penyakit tidak menular), wah kebeulan neh saya lagi penasaran dengan hal ini.

Setelah tanya-tanya sama bu Minah akhirnya saya diajak ketemu dengan bu dokter Vicky, dokter muda di Puskemas yang menangani tentang Prokesmasda (program kerja masyarakat daerah). Saat bertemu dengan dokter ini beliau dengan suka cita bercerita tentang program germa di kelurahan saya.
dr. Vicky dari puskesmas jatinegara kaum

Program pengendalian PTM di kelurahan Jatinegara Kaum itu ada berbagai macam, mulai dari Posbindu PTM, Prolinas, dan Senam Sehat. Menurut dokter Vicky program-program ini memang di khususkan untuk masyarakat dan screening penyakit tidak menular yang ada. “Seperti Posbindu PTM yang dilakukan sebulan sekali di setiap RW yang ada, lalu ada Prolinas yang diberikan untuk pasien yang khusus seperti diabetes dan hipertensi setiap bulannya”

Wah saya yang kerja bersampingan dengan puskemas baru tahu ada program kece ini. Beberapa program diatas sudah banyak berjalan lama dan memang mulai di kembangkan terus menerus. Seperti prolinas yang sudah berjalan hampir 4 tahun ini dengan berbagai macam kegiatan setiap bulannya. 

Selain itu ada beberapa target yang harus dikejar oleh puskemas agar kegiatan GERMAS di kelurahan ini berjalan lancar. Posbindu PTM yang baru 4 RW yang menjalankan akan di kejar hingga 8 RW yang ada. Posbindu PTM ini tiap kegiatan di RW yang ada banyak yang hadir, bahkan peserta hingga ratusan orang. Setiap kegiatan ini ada penyuluhan, screening penyakit tidak menular hingga aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Oh iya pada hari itu juga saya juga mengikuti kegiatan Prolinas di puskesmas. Prolinas yang saya ikuti ini adalah kegiatan untuk pasien hipertensi. Kegiatan ini biasa dilakukan sebulan sekali setiap minggu ketiga. Para pasien hipertensi diajak untuk berperilaku hidup sehat.

Awal acara ini para pasien diajak untuk senam sehat. Senam ini dipimpin oleh instruktur yang memang khusus untuk memandu senam. Para bapak dan ibu sangat senang dan bergembira mengikuti irama senam. Setelah senam para pasien ini diajak makan buah sehat bersama. Hari itu buah yang dimakan yaitu buah salak. Pasien-pasien peserta kegiatan ini pun  sangat senang walau ada penyakit yang dideritanya.

Setelah makan buah bersama ada sedikit penyuluhan dari dr. Vicky terkait PTM untuk para pasien ini. dr. Vicky menjelaskan penyakit PTM ini bisa di cegah dengan CERDIK. Cerdik itu singkatan dari :

Cek kesehatan secara teratur untuk megendalikan  berat badan agar tetap ideal dan tidak berisiko mudah sakit, periksa tensi darah, gula darah, dan kolesterol secara teratur.
Enyahkan asap rokok dan jangan merokok.
Rajin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, seperti berolah raga, berjalan kaki, membersihkan rumah. Upayakan dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur.
Diet yang seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, konsumsi buah sayur minimal 5 porsi per hari, sedapat mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal 4 sendok makan atau 50 gram per hari, hindari makanan/minuman yang manis atau yang  berkarbonasi
Istirahat yang cukup.
Kelola stress dengan baik dan benar.

Setelah penyuluhan para pasien pengikut kegiatan prolinas ini diberikan cek kesehatan gratis dan konsultasi ke dokter. Pasien diitung tensi darah, timbangan dan diwawancara bagaimana keadaanya saat ini. Setelah kegiatan ini pasien diberikan obat. Pihak puskesmas telah bekerja sama dengan salah satu pabrikan obat untuk memberikan obat secara gratis kepada pasien.

Yaps kegiatan prolinas ini diberikan secara gratis dan cuma-cuma kepada pasien yang hadir dengan bantuan BPJS. “kegiatan prolinas ini sudah 4 tahun mas, mulai dari saya dulu awal sampai sekarang. Tidak hanya tentang penyakit tapi kami pun arisan sebulan sekali jadi merasa lebih dekat” ujar Pak Asep salah satu peserta kegiatan

Kegiatan ini memang sangat dibutuhkan untuk pencegahan PTM di kelurahan ini. Selain memang membantu para pasien juga membantu puskemas untuk screening pasien yang terkena penyakit ini. “ screening ini sangat diperlukan saat ini untuk mengetahui jumlah pasien hipertensi dan diabetes” ujar dr. Vicky berbicara kepada saya selepas kegiatan prolinas ini.

Acara ngobrol kami pun ditutup dengan pesan dari dokter Vicky yang mengajak kita untuk selalu hidup sehat dan cek kesehatan berkala ke rumah sakit atau puskesmas yang ada.

Nah jadi gimana gengs? Di kelurahan kalian ada ga kegiatan kaya gini?? Yuk coba komen di bawah

You Might Also Like

14 komentar

  1. emang bener banget Germas itu harus sudah dipraktekkan dari sekarang. GERMAS dgn Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

    ReplyDelete
  2. aq gak tau nih di kelurahan rumah ada program germas apa nggak ? atau program ini memang hanya ada di jakarta saja yang bang doel ? padahal bagus loh ini program germas ini terutama karena bisa germas dapat mengurangi ptm yang ada di masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Ngga ada kegiatan kayak gini, atau memang gue ngga tahu ya.... Oiya Doel, memang kudu waspada banget sama PTM ya. Gue sudah kena DM soalnya... kudu jaga pola makan banget...

    Thanks for sharing ya Doel... sehat selalu.

    ReplyDelete
  4. kesadaran utk hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik, konsumsi buah & sayur, dll memang perlu ditanamkan, tentunya juga dilaksanakan
    thks utk sharingnya ya

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau ada program2 seperti itu di puskesmas. Btw probindu dan prolinas apa ya?

    ReplyDelete
  6. dokter itu dr. Bukan Dr. hehe ampr sala gw pas liat wah mantab masih muda sudah Doktor haha.. semangat!

    ReplyDelete
  7. Deket rumah nih Puskesmas Jatinegara... intinya emang kontrol dari diri sendiri ya buat hidup sehat

    ReplyDelete
  8. Doel kayaknya bisa jawab apakah di kelurahan saya ada atau enggak hahaha. Saya masih suka ada takutnya kalau cek kesehatan rutin. Takut melihat hasilnya. Tetapi, kalau GERMAS yang nomor 1 dan 2 sih udah mulai disiplin saya jalankan

    ReplyDelete
  9. Saking sibuknya, mungkin gw yg gak tau ada program kaya gini di kelurahan.

    ReplyDelete
  10. tempat kerja saya juga mempraktekkan germas kok. Wah ternyata di kelurahan ada juga ya

    ReplyDelete
  11. Aku pelanggan Puskesmas! Dulu agak males karena khawatir dengan pelayanan dan antrinya. Sekarang Puskesmas udah mulai berbenah, jadi lebih nyaman.

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu ada kegiatan ini. Dan kayanya belum sampe deh atau mungkin akunya yg ga 'ngehe'tapi okay sih. Bagus bgt, bisa sampai mencegah penyakit2 kronis kaya gitu.... bantu share biar makin tersebar infonya

    ReplyDelete
  13. Aku nih olah raga gak pernah, jarang banget deh. Lebih sering sebenarnya lari, lari dari kenyataan. Tapi olah raga fisik emang penting banget sih, ini harus dipaksa ya biar kita tuh gerak.

    ReplyDelete
  14. serunya acaranya. Ngomong-ngomong tentang Germas, akhir-akhir ini kesadaran akan pentingnya Germas memang perlu digalakkan ya, biar bisa hidup sehat dan tak mudah kena penyakit. Sekarang kalau sakit mahal biaya pengobatannya. Jangan sampai deh sakit

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh