Belajar Berbagi dari Keluarga Sendiri - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

April 30, 2020

Belajar Berbagi dari Keluarga Sendiri

Menebar kebaikan itu sulit? Banyak orang selalu bilang sulit. Padahal memberi kebaikan itu mudah sekali. Kita tak harus menjadi orang kaya atau memiliki hal yang berlebih namun yang pasti adalah empati yang ada di hati.

Memberikan bantuan untuk korban banjir
Belajar arti berbagi jangan tanyakan kepada rakyat Indonesia. Negara ini pernah menduduki peringkat pertama Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2018 (negara paling dermawan) dengan skor 59 persen. Tak terbayangkan bagaimana Indonesia selalu membantu negara-negara lain, bahkan rakyatnya sendiri memang sering berbagi.

Gotong royong konsep menebar kebaikan orang Indonesia


Siapa yang tidak tahu istilah gotong royong. Dari kita kecil sudah didengungkan konsep ini kepada diri kita. Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Kita lihat konsep ini memang sangat baik untuk mencapai sebuah kebaikan.
Gotong Royong membawa makanan
Apalagi disaat musim wabah seperti ini. lihatlah banyak orang membantu memberikan bantuan mulai dari makanan, sembako, hingga masker untuk bersama-bersama menangulangi wabah. Tua muda kaya dan miskin semua bahu membahu bersama.

Belajar menebar kebaikan dari keluarga


Belajar tentang menebar kebaikan saya selalu ingat pesan dari orang tua saya. Orang tua saya selalu bilang “ kita bantuin aja orang-orang yang mau usaha, urusan nanti hal apa yang akan kembali ke kita tidak ada yang tau”. Selama saya bersama orang tua saya memang banyak sekali membantu ke orang-orang lain.
bareng orang tua yang mengajarkan saya tentang memberi

Hal mudah yang memang orang tua selalu berikan, apalagi bila ada tetangga atau saudara yang datang menawarkan barang dagangan atau usahanya ke rumah pasti orang tua beli. Tak terhitung juga jumlah orang-orang yang dibantu kedua orang tua saya. Sekarang di rumah pun dibuat sebagai pengembangan untuk warga sekitar

Hal itu pun tertular kepada anak-anaknya semua. Kakak saya yang pertama mendirikan Yayasan untuk anak bencana alam, kakak yang kedua menjadi dokter relawan di daerah bencana. Sedangkan saya walaupun tak sehebat dua orang kakak saya seengaknya masih bisa menjadi relawan saat bencana.
kakak kakak yang menjadi inspirasi menebar kebaikan

Mengabdi untuk menebar kebaikan


Belajar dari orang-orang terdekat yang menebarkan kebaikan bisa menjadi lecutan semangat bagi diri sendiri. Saya pun beberapa kali mengabdikan diri untuk menjadi penyalur kebaikan. Ada banyak kejadian-kejadian yang memang menjadi semangat dan energi berbeda.

Selepas kuliah saya mengambil jalur berbeda. Ketika teman-teman menuju kantor atau melanjutkan kuliah Kembali, saya memilih mengabdi di pedalaman Sumatra utara. Hampir 2 tahun lamanya saya disana. Mendampingi warga untuk program pemerintah. Kegiatan saya hanya mengajar, memberikan pelatihan komputer dan membenahi sistem administrasi desa. Namun kebaikan itu masih terasa sampai saya selesai tugas 5 tahun kemudian. 

Saat di desa penugasan bersama memberikan bantuan ke sinabung
Awal maret 2020 lalu,  saya Kembali ke desa binaan itu. Niat memang hanya silaturahim saja ketemu orang-orang yang dulu pernah saya dampingin, ternyata sambutan mereka berbeda.  Untuk makan dan menginap saya sudah disediakan akomodasi. Pulang pun saya dibawain banyak oleh-oleh dan disewakan mobil untuk mengantar ke bandara. Padahal kita tak ada hubungan darah ataupun saya sendiri saat itu tak banyak memberikan banyak hal pada desa ini. 
2020 kemarin saat kembali ke desa penugasan

Tabur tuai


Ada istilah seperti itu memang dari dahulu. Apa yang kita tabur itu pasti yang akan kita tuai. Saya merasakannya dan diatas adalah salah satu contoh yang baru saya alami. Konsep itu yang memang harus kita pegang. Kebaikan berbagi menjadi spirit dalam diri untuk terus memberi tanpa tahu nanti apa yang akan kita dapatkan.
saat jadi supir bawa bantuan ke bogor

Mulai dari hal yang mudah dan bisa kita lakukan seperti senyum kepada sesama, atau mendoakan sesama saudara kita. Hal ini sangatlah mudah untuk kita semua lakukan. Memberikan senyum kepada orang lain dapat memberikan energi yang berbeda pada diri kita dan kepada orang yang kita berikan senyum. 

Islam mengajak menebar kebaikan


Dalam islam konsep menebar kebaikan banyak dijelaskan dalam ayat-ayat alquran. Salah satu ayat yang selalu menjadi rujukan saya dalam berbuat kebaikan adalah surat al zalzalah ayat 7 yang memiliki arti “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”. Ya kebaikan sedikitpun akan mendapatkan balasan. Konsep dalam islam ada berbagai macam hal mulai dari zakat,infaq, sodaqoh dan wakaf. Semua itu sudah diatur dalam alquran dan hadist yang bisa menjadikan rujukan kita dalam melakukan kegiatan.
penggalan surat al zalzalah ayat 7 

Jadi sudah siapkah kita menebar kebaikan? 


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”




Share with your friends

12 comments

  1. Keren kak. Terus semangat menebar kebaikan 😊

    ReplyDelete
  2. Nice share..always be inspiring for everyone bro..

    ReplyDelete
  3. Nice share..always be inspiring for everyone bro..

    ReplyDelete
  4. Emang Doel, berbuat baik mah gampang, tinggal niat apa enggak. Banyak yang bisa dilaakukan, sesuai kemampuan. Apalagi pas masa pandemi begini. Bersyukur punya keluarga besar yang ngajarin berbagi Doel, terinspirasi deh.

    ReplyDelete
  5. Sering banget aku ngelihat Bang Doel jadi volunter untuk menebar kebaikan ke orang2. Semoga selalu diberi sehat dan semangat sehingga selalu bisa menjejak kesana kemari untuk berbagi ya Bang ;)

    ReplyDelete
  6. Bang kiki sehat selalu ya dan tetap jadi kebanggaan ortu terus menebar kebaikan

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, Bang Doel. Ternyata dirimu tuh memang sudah lahir di keluarga orang-orang baik, ya. Nggak heran kalau menurun meskipun itu bukan genetis juga sih, hihihi ...

    Begitulah kalau kita pernah berbuat baik, suatu saat dalam tiba-tiba saja ada yang menolong atau memberikan bermacam-macam. Hukum tebar tuai itu memang benar adanya, kok. Allah pun menjanjikan pahala berlipat bagi siapapun yang ringan dalam bersedekah.

    ReplyDelete
  8. Sulit bagi yang tidak menjalankan nya kak, tapi kalau saling gotong royong akan lebih semangat dn bermanfaat buat banyak orang, karena kebaikan dimulai dari diri kita sendiri dlu ya kak, barakallah kak semoga berkah πŸ™

    ReplyDelete
  9. Masya Allah pengalamannya. Peran orang tua besar ya dalam menumbuhkan jiwa sosial. Sehat selalu ya Dul sehingga bisa terus menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  10. menebar kebaikan memang bisa dimulai dari orang-orang terdekat, semoga ktia diberi kesehatan untuk senantiasa menebar kebaikkan yaaa

    ReplyDelete
  11. Barokallah terus menginspirasi kami ya Doel. Terus mengingatkan agar kami selalu bisa berbagi kepada sesama. Semoga dimudahkan rejeki kota untuk berbagi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done