Sumpah Gue Masih Muda : 4 Hal yang Bisa Kita Lakukan Dalam Memaknai Sumpah Pemuda - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

October 31, 2020

Sumpah Gue Masih Muda : 4 Hal yang Bisa Kita Lakukan Dalam Memaknai Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda? Masih menjadi jargon untuk mempersatukan Indonesia dari berbagai suku dan ras hingga agama. Kita bisa lihat bagaimana pada tahun 1928 para pemuda berkumpul untuk menyatakan sumpah terhadap bangsa Indonesia. 







Kongres pemuda dimulai jauh sekali dari tahun kemerdekaan kita. Kongres Pemuda I sudah dimulai dari tahun 1926 diselenggarakan di Batavia. Kongres ini diadakan atas dasar semangat para pemuda yang ingin berkumpul dan memperjuangkan kemerdekaan. Saat itu mereka mulai melepas semangat kedaerahan yang ada dan berkumpul tanpa sekat.

Kongres pemuda I menghasilkan beberapa kesepakatan yakni :

Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita semua pemuda Indonesia.

Semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam suatu wadah.

Hasil dari kongres pemuda ini yang membawa menuju kongres pemuda II di tahun 1928. Saat kongres pemuda I masih banyak organisasi pemuda daerah yang banyak belum bergabung. Maka saat kongres pemuda II banyak organisasi pemuda bergabung.

Kongres pemuda II ini dilaksanakan tanggal 27-28 oktober 1928. Kongres pemuda II ini dilaksanakan di beberapa tempat seperti Lapangan Banteng ( pembukaan hari pertama), Gedung Oost-Java Bioscoop dan saat penutupan di gedung Kramat Raya 108 yang kita ketahui sekarang menjadi museum sumpah pemuda.




Dalam kongres pemuda II ini banyak menghasilkan kesepakatan-kesepakatan tentang perumusan persatuan dan kesatuan untuk menuju Indonesia merdeka. Ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Selain lima hal tesebut kita juga pasti masih paham 3 hasil sumpah pemuda yaitu :

Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Kongres pemuda II ditutup dengan alunan biola dari WR. Supratman yang melantukan lagu Indonesia Raya. Lagu ini mendapatkan apresiasi dari peserta kongres yang hadir.


Sekarang gimana kita??

Memasuki 2020 banyak hal yang memecah belah semangat para pemuda. Pemuda-pemuda mulai antipati dengan negaranya. Meskipun begitu masih banyak juga anak muda yang masih peduli terhadapa negara ini. 

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi atau meneladani hasil dari sumpah pemuda yang Bersatu untuk kemerdekaan Indonesia pada waktu itu. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam mengisi sumpah pemuda.

1. Peduli dengan budaya Indonesia

Peduli dengan budaya tercermin dari hasil sumpah pemuda yaitu “bertumpah darah satu, tanah Indonesia” maka dari itu kita harus Bersatu walau adat budaya kita berbeda. Karena kita masih berdiri di tanah yang sama yaitu tanah air indonesia

Memaknai sumpah pemuda dengan peduli budaya Indonesia banyak yang bisa kita lakukan. Seperti masih menggunakan pakaian batik, membaca buku tentang sejarah bangsa atau kita menerapkan budaya Gotong Royong yang menjadi ciri khas dari negara ini.





2. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik

Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik itu merupakan hal yang tercermin dalam kata “Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia”. Memang Bahasa Indonesia saat ini mulai agak dilupakan. Walaupun masih banyak juga yang mempelajari Bahasa kit aini.

Sebagai generasi milenial, walaupun kita dari suku dengan Bahasa apapun mulai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Minimal kita bisa berbahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang ada.

3. Hormati perbedaan

“berbangsa satu, bangsa indonesia’ ya mari kita hormati perbedaan karena kita bangsa yang satu dari Indonesia. Berbeda bukan berarti kita bersebrangan. Berbeda hanya bagaimana kita mengespresikan kesenangan kita terhadap sesuatu. Walau pilihan politik kita beda, cara makan bubur kita beda, hingga bintang film kesukaan kita berbeda. Kita harus bareng dan bersama untuk berbangsa satu, bangsa Indonesia. Agar kita makin kuat dan kokoh dalam persatuan dan kesatuan.

4. Berkontribusi kepada Negara

Apa yang bisa kita lakukan? Banyak hal yang bisa kita lakukan saat ini. apalagi saat pandemi kaya gini mari kita bareng membantu tetangga kita yang kesusahan. Dengan cara saling memberi makanan, atau semudah-mudahnya adalah dengan menanyakan kabar mereka. Karena dengan ini kita membantu negara agar warga sekitar bisa menjadi kuat dan semangat bareng menghadapi pandemi ini

Dari ke empat hal diatas semoga bisa kita wujudkan bersama untuk Indonesia. Buktikan dikala pandemi yang membuat negara limbung kita masih punya pemuda yang peduli terhadap negeri ini. Pemuda yang Bersatu bersama dengan semangat sumpah pemuda.

Jadi sudah siapkah kita mengambil peran kita?




Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done