4 Hal yang Dilakukan dalam Mitigasi Perubahan Iklim - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

October 26, 2021

4 Hal yang Dilakukan dalam Mitigasi Perubahan Iklim



Perubahan iklim?

Dunia sekarang sedang mengalami perubahan iklim yang ekstrem dapat dilihat dari cuaca yang tidak menentu. Pada umumnya perubahan iklim disebut sebagai fenomena pemanasan global, dimana adanya peningkatan gas rumah kaca di lapisan atmosfer. Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global banyak sekali factor dan penyebabnya.

Sebelum jauh kita mesti mengetahui apa itu iklim. Menurut web dari KEMENLHK Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. Iklim didefinisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun. Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Perubahan iklim ini memilik banyak factor. Beberapa hal yang menjadi factor dari beberapa artikel yang saya baca dan rangkum yaitu :

a. Efek gas rumah kaca

b. Pemanasan Global

c. Kerusakan lapisan ozon

d. Kerusakan fungsi hutan

e. Penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol

f. Gas buang industry

Kesemua hal diatas menjadi penyebab terjadinya efek rumah kaca atau perubahan iklim yang makin merajalela akhir-akhir ini. lalu bagaimana saya sebagai seorang pejalan dan juga suka kulineran dalam menyikapi hal-hal yang dikerjakan saat ini.

Hmm apa ya?

Pasti banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengurangi perubahan iklim yang terjadi saat ini diantaranya yaitu :

1. Membawa tempat minum

Sebagai seorang pejalan yang sering jalan-jalan keluar kota atau tempat wisata di kota sendiri. Saya selalu membawa tempat minum sendiri. Kenapa? Karena mengurangi pemakaian plastic yang menyebabkan sampah. 

Pembuatan plastik dari awal sudah merusak atmosfer yaitu dengan pembuatan menggunakan bahan bakar fosil yang berlebih. Selain itu plastic juga adalah bahan yang tidak mudah terurai di dalam tanah sehingga kadang pengelolaan sampah plastik dibakar. Padahal pembakaran sampah plastic ini menyebabkan kerusakan gas lapisan ozon yang ada.

2. Menggunakan kendaraan umum

Saya salah satu orang yang sering menggunakan kendaraan umum apabila dalam bepergian atau berwisata. saya selalu suka dengan wisata alam ataupun mengunjungi kota-kota. Pengunaan kendaraan umum saat ini walaupun masih jarang tapi sangat mengasyikan karena kita dapat mengenal masyarakat sekitar yang ada dan kita ketemui saat perjalanan.

Pengunaan kendaraan umum ini juga dapat membantu dalam perubahan iklim. Dilihat dari jurnal yang dikeluarkan bahwa 10 tahun terakhir pembelian sepeda motor meningkat 30% di kota-kota besar (ismiyati et all). Akibat dari dampak ini maka dengan menggunakan kendaraan umum menurut saya dapat mengurangi konsumsi bahan bakar fosil yang makin lama makin habis.

Selain itu gas buang dari kendaraan bermotor berpengaruh dalam kandungan lapisan ozon yang ada. Pembuangan emisi gas ini mengakibatkan efek rumah kaca yang bisa menyebabkan perubahan iklim yang signifikan.

3. Berkebun

Selain saya suka jalan-jalan dan mencari makanan untuk dicoba saya juga suka menanam. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam berkebun ini. Berkebun ini juga dapat membantu dalam mengurangi perubahan iklim.

Penanaman kembali lahan-lahan kosong yang ada bisa membuat penyeraban karbon dalam kegiatan sekitarnya. Saat ini saya selain menanam di belakang rumah juga bersama warga sekitar memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk ditanam kembali. Pengembalian ruang terbuka hijau di Jakarta bisa menjadi solusi dalam penanganan efek rumah kaca yang makin merajalela

4. Makan dan Habiskan

Walaupun badan saya agak besar tapi saya selalu membeli porsi makanan yang sesuai dan selalu saya habiskan. Dengan menghabiskan makanan itu dapat mengurangi pembuangan makanan yang ada.

Banyaknya sampah sisa makanan walaupun bisa di daur ulang namun hal ini bisa menjadi sampah yang tak berkesudahan. Apalagi pengunaan saat pemasakan dengan menggunakan energi fosil yang mengakibatkan perubahan iklim

Menurut saya 3 hal diatas adalah sedikit hal yang saya lakukan dalam memperjuangkan perubahan iklim di dunia ini. Kalau bukan dari kita yang masih muda untuk melakukan perubahan siapa lagi? 

Maka dari itu melalui momentum sumpah pemuda ini saya bersumpah untuk terus membawa botol air minum sendiri serta mengurangi pemakaian kendaraan pribadi apabila menuju tempat wisata yang akan saya kunjungi.

Salam hormat rizki rakhmat abdullah 


Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done