Harga Ganti Oli Sama dengan Harga Seblak?? Beneran tuh?? - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

June 26, 2024

Harga Ganti Oli Sama dengan Harga Seblak?? Beneran tuh??

Ganti Oli? Siapa yang ga pernah ganti oli motornya hayooo ngacung? Apalagi cewek-cewek neh katanya ada anekdot mending beli seblak daripada ganti oli.. bener kaaan?? Hayoo ngaku..padahal harga oli mah seharga beli seblak dua porsi


Ganti Oli Rutin



Kalo gue sendiri untuk ganti oli ini biasanya sebulan sekali kalo lupa kadang bisa dua bulan sekali.. hehe tapi kemarin ada kejadian istri ganti oli baru 8 bulan dan akhirnya olinya habis. Untung ga mati di jalan bisa-bisa suaminya dorong deh.

Kenapa sih penting banget ganti oli motor??

Menurut artikel dan tongkrongan anak motor dibengkel ada beberapa hal yaitu

1. Menjaga Suhu Mesin  

Terjadwal  mengganti oli motor dapat menjaga suhu mesin. Oli bekerja sebagai pelumas komponen dalam mesin, sehingga bisa mengurangi suhu panas berlebih akibat gesekan yang terjadi saat mesin dijalankan. Jarang mengganti oli dapat mengurangi volume oli dalam mesin, mengubah teskturnya jadi encer, dan membuatnya jadi kotor pekat. 

2. Menjaga Keawetan Komponen Mesin  

Penggantian oli secara berkala dapat membuat komponen mesin menjadi lebih awet. Karena oli baru memiliki tekstur yang lebih kental, sehingga bisa bekerja secara maksimal untuk menjaga komponen dalam mesin. Karena itu, oli yang baru diganti akan membuat mesin motor bekerja dengan baik dan penuh prima.



3. Mencegah Komponen Mesin dari Keausan 

Manfaat ganti oli motor yang selanjutnya adalah mencegah komponen mesin dari keausan. Mesin yang terlumasi oil secara optimal dapat membuat kinerjanya menjadi lebih baik. Mesin yang dilumasi dengan oli baru akan terhindar dari korosif atau karat. Dengan demikian, penggantian oli secara rutin dapat mencegah komponen mesin untuk jadi aus dengan cepat. 

4. Mengurangi Gesekan

Komponen mesin yang dilumasi dengan oli baru dapat mengurangi gesekan. Jika komponen mesin minim gesekan, maka motor akan menjadi ringan dan nyaman untuk digunakan berkendara. Dengan demikian, komponen mesin akan lebih awet karena terhindar dari gesekan-gesekan yang berbahaya.  

5. Menghemat Bahan Bakar

Karena sering diganti secara berkala, maka kualitas oli dalam komponen mesin menjadi lebih baik dan tidak menimbulkan kotoran sisa. Oli yang baru diganti akan mengurangi gesekan, sehingga akan menghemat bahan bakar. Ringannya kinerja mesin membuat motor tidak perlu mengeluarkan banyak bahan bakar. 

6. Meringankan Biaya Perawatan 

Tujuan mengganti oli secara berkala adalah agar performa mesin terjaga dan menghindari kerusakan pada komponen mesin motor. Jika komponen mesin motor terjaga dan terlumasi dengan baik, maka kinerja motor akan terhindar dari kemacetan. Dengan demikian, risiko komponen motor rusak menjadi kecil dan biaya perawatan pun jadi lebih ringan.  

Nah itu beberapa hal kenapa harus ganti oli. Apalagi yang sering memakai kendaraan motor setiap hari jangan sampe ditengah jalan motor mati gegara olinya abis. Bisa juga motor kita turun mesin, ngeri kan. Oh iya harga oli itu berbagai macam kok tapi tenang aja harganya sama aja kaya beli kopi di café kalian dan jangan sampai mati di jalan. Harga oli biasa yang istri pakai untuk kendaraanya itu harga oli mpx 2 untuk kendaraan dia.

Yups karena istri motornya matic sedangkan motor saya type yang motor sport jadi berbeda jenis olinya. Oli motor juga harus sesuai kapasitas motornya. Tidak semua motor harus oli yang sama. Maka dari itu motor istri yang Honda beat itu sesuai banget pake oli ini. Oli MPX2 merupakan salah satu jenis oli yang dikembangkan oleh Honda Jepang yang dijual dengan nama AHM Oil, yang ditujukan untuk pemakaian motor matic. Dengan spesifikasi SAE 10W-30, API-SL, JASO:M8, Oli MPX2 dikatakan sebagai pelumas berkualitas dengan daya lindung terhadap mesin motor matic yang baik.

Tak hanya itu, oli ini juga mengefisienkan pemakaian bahan bakar, tetapi mampu menjaga performa mesin lebih bertenaga. Limbah yang dihasilkan juga akan baik untuk lingkungan, sehingga sepeda motor Anda tidak mencemari udara di sekitarnya. Harga oli MPX 2 itu seharga 52.000

Yuk segera ganti oli kalian biar motor ga rusak dan yang pasti ga turun mesin. Mahalan turun mesin loh daripada ganti oli. Pastikan juga olinya asli ya dan ganti oli ke bengkel resmi, karena saat ini banyak oli palsu yang bertebaran diluar.

YUK GANTI OLI


Share with your friends

8 comments

  1. Wah, pakai oli MPX2 juga motor matic istrinya ya kak, klo rajin merawat motor pasti awet motornya ya .

    ReplyDelete
  2. Aku pernah bang hampir 6 bulan nggak ganti oli. Ajaibnya motornya aman. Mungkin karena pemakaian dalam kota ya. Tapi jujur aja, itu sama kaya kita makan junk food terus-terusan. Karena setelah itu tarikan motorku jadi berat.

    ReplyDelete
  3. Suamiku pernah lupa ganti oli sampe kering. Akhirnya mesin jim 🤦🏽‍♀️🤦🏽‍♀️

    ReplyDelete
  4. Tak hanya wajah, tapi kendaraan juga butuh perawatan termasuk ganti oli tiap 3 bulan sekali atau tergantung pemakaian. Tempat ganti olinya recomended ni yak.

    ReplyDelete
  5. Setahuku planet ban cuma buat ganti ban doang. Ternyata bisa servis dan ganti spare part juga ya.. Thanks infonya

    ReplyDelete
  6. Nggak paham otomotif jadinya juga kurang ngerti seputar oli, tapi kalau sudah ada bengkel resmi yang tepercaya mestinya ya udah kita percaya aja serahkan ke situ gitu, gapapa ya?

    ReplyDelete
  7. Wah, judulnya provoke aku nih..
    Lagi kangen sama seblak yang memang kalau diperhatikan, dengan mengganti oli motor di bengkel terpercaya, pasti diarahkan ke penggunaan oli resmi yang bikin mesin awet yaah.. Uda no worry sih kalau ke Planet Ban.

    ReplyDelete
  8. Aku kalau kemana-mana lebih suka naik motor. Tapi kalau urusan service motor dan ganti oli sering kelupaan. Biasanya diingetin pak suami dulu hihihihii

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done