6 TAHUN SBY VS 1 TAHUN BOEDIONO

October 22, 2010

OLEH : RIZKI RAKHMAT ABDULLAH *
Pada tanggal 20 Oktober 2010, pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II genap berusia setahun. Kinerjanya dinilai masih jauh dari harapan rakyat. Rapor merah layak diberikan kepada pemerintah. Masalah kesejahteraan, pemberantasan korupsi hingga persoalan administrasi negara menjadi sorotan tajam di tahun pertama ini. Pada faktanya, SBY layak diberi rapor merah karena tak melihat perubahan signifikan dalam pemerintahannya.
Tercantum 15 program unggulan SBY yang dielu-elukan pada pilpres 2009 yang sampe saat ini belum maksimal pencapaiannya. Memang kita belum bisa mengatakan program-program tersebut gagal total tapi dengan keberanian dan ketegasan yang lebih mapan akan mampu mewujudkan program tersebut. Tapi itu hanyalah retorika saja, karena pada dasarnya SBY jauh dari sosok tersebut, beliau adalah sosok yang kharismatik nan bimbang. Apabila bisa dianalogikan SBY itu adalah sosok simbol negara bukannya seorang pemimpin yang bisa proaktif dalam hal merespon problematika bangsa ini. Kualitas itu belum ditemukannya dalam sosok SBY selama 6 tahun menjabat sebagai presiden. Dan banyaknya kegagalan program kerja KIB II terletak pada faktor kepemimpinan SBY yang dinilainya lemah. Berbicara soal anti korupsi tapi tidak tegas, jadi antara visi dan konsistensi tidak sejalan adalah salah satu contoh sosok asli SBY. Kelemahan program-program SBY itu sangat terkait erat dengan kepemimpinan SBY. Kelemahan SBY yang sangat mengganggu adalah ketidaktegasannya sebagai presiden. Padahal, ketegasan mutlak diperlukan oleh pemimpin bila ingin memajukan kehidupan rakyatnya.
Sampai saat ini perikanan di Indonesia tidak ada gaungnya. Pemerintahan sekarang hanya mementingkan partainya dan tidak pernah melihat kepentingan dari rakyat. Minapolitan sampai saat ini belum semourna oleh KKP, pengandaaan kapal yang di inginkan oleh KKP belum terlaksana. Kabinet ini telah satu tahun tapi masih banyak kendala yang harus di benahi oleh pemerintah.

Undangan AKSI 1 tahun SBY-BOEDIONO @ ISTANA NEGARA
Cp FPIK ; RIZKI (085691578042)
* Kepala Bagian ADVOKASI BEM FPIK

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh