Nyumbang dan rewang tradisi desa

March 19, 2014

pertama kali di desa banyak bahasa yang bikin bingung.. dari mulai kata semalem sampai nyumbang... nah paan tuh nyumbang?? 
pertama kali disni di ajakin sama warga untuk pergi nyumbang dan gue berpikir bahwa nyumbang itu saat di orang yang lagi sakit untuk d berikan bantuan dan gue dengan pdnya cuma pake kaos biasa aja dan sendal gunung eh ternyata nyumbang itu dmana orang pada dateng ke tempat orang menikah atau kondangan lah.. nah loh gue sampe saltum neh (salah kostum). nah dlam tradisi di dsini orang nyumbang ke suatu nikahan atau kondangan bsa sampai satu rumah itu bisa dapet 3 undangan untuk dalam satu pesta nah loh bingung kan?? nah misalnya dalam 1 rumah itu ada  bapak ibu, kakak dan adik.. nah si bapak bisa dapet 1 undangan, ibunya juga dapet nah si Kakak ini kalo udah lajang atau gadis itu bisa dapet juga bahkan kalo adeknya juga udah gede mis SMA nah bs dpet juga.. paten kan??

nah tradisi dsini ada juga namanya rewang ato kerewang.. awalnya gue pkir ini semacam senjata tajam iya itu kelewang (jauh ya) maklum banyak tafsir yg harusnya gue pelajari di desa ini. nah rewang disini dmna para tetangga atau sodara pada dateng untuk membantu yang punya hajat dalam pesta tersebut dari mulai bangun tratak (tenda) sampai masak. nah kalo disini biasanya yg punya hajat itu bermodal hutang dari kiri kanan untuk bikin sebuah pesta dan biasanya ga di kira-kira biaya  apa aja yg keluar untuk suatu pesta.. dan biasanya yg punya hajat itu akan mendapatkan keuntungan dari orang yang nyumbang ke pestanya makanya disni pun tak pake kartu undangan misal  si punya hajat itu pernah nyumbang ke tetangga yang bkin hajatan maka dari itu si tetangga ini di haruskan menyumbang ke yg punya hajat ini.. dan pasti akan di CATAT si fulan ini nyumbang berapa. kalo sikit ngasihnya yah siap2 aja nanti kalo bikin hajat yg di sumbang ini akan nyumbang sesuai yang kita sumbangkan (ide amplop kosong jaman mahasiswa agak2 susah). nah makanya semakin sering si punya hajat ini dateng untuk menyumbang maka akan juga banyak org yg akan nyumbang ke tempat dia. oh iya dan pasti setiap org yg hadir nyumbang akan di bawakan bontot (berkat atau nasi bungkus dari yg punya hajat) meskipun kita udah makan di tempat hajatan tersebut (ini neh penulis sering dapet dari tetangga)
bahkan kita juga akan di kirimkan rantang (dkirimkan makananan) dri yg punya hajat agar yg dkirim ini hadir dalam pestanya (nah kan) dan disini ajaibnya dalam 1 keluarga bisa d kirimkan 5-9 undangan
seharinya karena ya itu tadi keluarga itu sering nyumbang .. mantapkan?



ini makanan kiriman kalo hajatan





You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh