Tentang Sepotong Brownies Ikan dan Kembalinya Orang Yang Salah Jurusan - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

May 5, 2018

Tentang Sepotong Brownies Ikan dan Kembalinya Orang Yang Salah Jurusan

Kepikiran tidak saat ini kamu harus bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahmu? Terkadang banyak seperti itu, apalagi alumni kampus saya. Saya alumni dari sebuah kampus yang terkenal dengan pertaniannya, namun hampir alumni dari jurusan angkatan saya berkecimpung di dunia keuangan. Bisa di hitung dengan jari alumni yang bekerja sesuai bidangnya. Makanya alumni dari kampus saya selalu dibilang “semua bisa dilakukan kecuali pertanian”. Padahal mah dari kuliah kami belajar semua materi yang ada mulai dari kewirausahaan hingga ke ekonomi. Jadi terkadang kami bisa melakukan segala hal.

Sarjana Impian

Saya sendiri saat ini tidak bekerja sesuai dengan jurusan saya. Jurusan saya sendiri yaitu Teknologi Hasil Perairan. Yupz jurusan saya ini tentang dunia perikanan dan pengolahan produk, mulai dari pembuatan ikan asin sampai dengan pembuatan nugget ikan. Tidak hanya itu kami pun di ajari tentang bioteknologi hingga penghapalan jenis plankton sampai ikan. Materi itu sampai saat ini kadang-kadang ingat.

Beruntunglah salah satu kegiatan saya saat ini yaitu mencicipi makanan masih nyambung dengan materi salah satu mata kuliah dahulu yaitu organoleptik. Eh pada tahu kan apa itu organoleptik? Uji organoleptik atau uji indra atau uji sensori merupakan cara pengujian dengan menggunakan indra manusia sebagaialat utama untuk pengukuran daya penerimaan terhadap produk. Pengujian organoleptik mempunyai peranan penting dalam penerapan mutu.
ini kerjaan saya

Akhir-akhir ini saya sering menghadiri kegiatan cooking class. Oh iya saat ini saya bekerja sebagai penulis di beberapa media online dan menjadi blogger. Kegiatan cooking class, pasti ada masak-masaknya donk. Sempat beberapa blogger menanyakan ke saya “emang bisa masak dul?” . Saya jawab “bisa donk, gini-gini alumni pengolahan walaupun sudah hampir 2tahun jarang membuat menu sendiri”. Yups semenjak tinggal kembali di rumah orang tua,saya jarang masak paling kalau masak ya masak mie atau hanya goreng-goreng yang mudah kaya nugget atau ayam.

Hari rabu tanggal 02 mei 2018 saat itu saya hendak bertemu kawan di salah satu mall di daerah Gandaria. Hari itu saat menunggu teman, salah satu brand selai kacang sedang mengadakan acara demo masak. Saya penasaran dan iseng masuk aja melihat menu dari produk yang sudah saya tahu dari kecil. Produk yang di maksud ini adalah Skippy. Saya penasaran menu apa yang akan di buat dari selai ini? Yang pasti bukan roti saja yang dibuat karena sudah terlalu biasa. Saat itu chef yang mendemontrasikan membuat pizza dan lumpia isi selai kacang. Bahkan ada menu kari ayam dan satai ayam yang di buat dari selai kacang ini.

Saat kegiatan demo masak ini saya bertemu dengan salah seorang blogger yang biasa masak dan bilang “ada lomba blog masak dul dari skippy, mau ikut ah gue abis ngeliat acara ini”. Tiba-tiba kepikiran mau ikutan juga lomba ini. Berpikir keras mau menampilkan menu apa, karena saya sendiri sudah lama tidak membuat olahan. Beberapa menit kemudian kawan saya datang. Kawan kampus yang dahulu saat kuliah merupakan ketua bidang pengolahan perikanan di himpunan mahasiswa. Siang itu memang dia mau belajar optimasi media sosialnya untuk pekerjaanya sebagai sales mobil. Yupz kami sama-sama salah jalan dalam pekerjaan. Kawan saya juga sempat melihat aksi demo masak ini dan bilang “kayaknya seru ya kita kembali ke pengolahan dan buat produk dul. Kayak elu saat ini kerjanya yang icip-icip makanan terus”.
sebuah cerita bermulai dari sini

Setelah selesai urusan, tiba-tiba saya menanyakan kepada kawan ini “ bro, gue mau ikut lomba masak neh tapi mau buat menu yang berbau ikan”. Kawan ini menimpali “ lah buat aja brownies ikan yang waktu itu kita coba jaman kuliah”. Ah ide yang bagus. Akhirnya saya memilih untuk membuat brownies ikan, salah satu menu yang biasa kami buat saat kuliah dulu. Saya pun mengajak kawan ini untuk buat bareng produk ini secara kami sudah lama tidak membuat produk, hampir 6 tahun setelah lulus kuliah dunia kami sudah jauh dari dunia pengolahan ikan.Kami pun sepakat dan akan membuat di rumah saya produknya esok hari.

Persiapan membuat brownies ikan


Esoknya kami pun berkumpul bersama, dua orang kawan lama yang kembali berkolaborasi membuat produk. Pagi itu saya pun sudah ke pasar untuk mencari ikan,  kami merencanakan membuat dari ikan lele. Yupz ikan lele yang setiap orang pasti suka dengan ikan ini. Lele biasanya mudah didapatkan di pasar-pasar atau supermarket. Produk olahan lele ini banyak sekali mulai dari pecel lele hingga nugget. Produk lele ini banyak sekali di pasaran tapi untuk brownies ikan lele masih jarang di ketemuin
Manfaat lele dan kandungan gizi

Mari membuat Brownies lele


Awalnya kami berpikir ah beli aja filet ikan yang ada di pasaran tapi karena kami alumni perikanan, kami tertantang untuk mengunakan ilmu kami yaitu memfilet. Sebenarnya memfilet itu mudah, kita harus memakai pisau yang tajam, arah fillet juga harus dari kepala sampai ekor dan harus tidak mengenai tulang. Setelah lama tidak memfilet akhirnya selesai juga, satu kilogram lele yang kami beli hanya dapat sekitar 300gram daging ikan lele.

Bahan Brownies Lele

Bahan brownies Ikan


Fillet Ikan

Selanjutnya kami menyiapkan adonan untuk membuat brownies. Mulai dari tepung terigu, telur mentega di campur jadi satu. Lalu setelah itu masukan daging ikan lele beserta coklat yang sudah di lumerkan. Aduk bahan hingga menjadi kalis (rata semua adonan). Setelah adonan jadi kita masukan ke dalam loyang, isi setengah dulu karena kami akan mengisi tengahnya dengan selai kacang dari skippy. Setelah skippy dimasukkan lalu tambahkan adonan lagi sampai agak penuh.

Cara Pembuatan
Mixer Semua Bahan

Adonan sudah masukan ke dalam loyang, lalu siapkan kukusan untuk mengukus adonan ini. Tunggu sekitar 20 menit sampai adonan mengembang. Oh iya jangan lupa tusuk adonan memakai lidi atau sumpit untuk melihat brownies sudah jadi atau belum.
Kukus Adonan

Brownies lele sudah jadi


Setelah hampir menunggu 20 menit akhirnya brownies jadi. Kami menambahkan keju parut untuk toping di atasnya. Brownies ini saat dipotong tengahnya akan keluar lelehan kacang dari skippy. Perpaduan yang ciamik antara kacang dan rasa coklat dari browniesnya.
Brownies

Produk ini bisa ditambahkan toping seperti kacang, keju, buah kiwi atau meses. Penambahan lele dalam adonan tidak terlalu merubah rasa. Beberapa orang yang mencoba malah suka, bahkan ponakan saya bolak-balik makan kue ini.
Penambahan Toping 

Skippy itu...


Bagi saya produk ini sudah tidak asing lagi. Dari kecil sudah mencoba produk ini. Seperti yang saya pernah ceritakan di atas tadi, karena kakek yang sering bikin roti selai kacang. Hampir setiap pagi saat saya menginap di rumahnya selalu disediakan roti tawar dengan selainya dan pasti akan ada skippy di salah satu selai yang disajikan Setiap botolnya dicampur dengan banyak potongan kacang asli sehingga kita akan mendapatkan kesenangan rasa SKIPPY® Peanut Butter, ditambah kerenyahan yang luar biasa nikmat.
Skippy

Jadi ada yang berminat membuat brownies ikan lele kacang meleleh ini??
lihat video dari youtube saya yaa




















Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.




Share with your friends

46 comments

  1. Gue lagi laper-lapernya kemudian baca ini. Asemmmmm

    ReplyDelete
  2. Skill memasaknya tinggal dipoles sama Rudi Choirudin atau Chef Juna. Mantap masbro

    ReplyDelete
  3. Bisnisin aja, doel, kek artis2 tuh, bikin brownies kekinian. Serius. Unik banget ini

    ReplyDelete
  4. That melted skippy peanut butter tough.... Ga kebayang coklat campur lele rasanya gimana , Bang Doel. Salam dari anak teknik elektro yg akhirnya jadi preschool trainer 😂😂😂😂😂😂

    ReplyDelete
  5. Duh jadi pengen , enak kali yah, pengen banget nyobain penasaran nih

    ReplyDelete
  6. Brownies ikan lele? Seriuuus? Briliant banget Doel, lanjutkan yah. Semoga jadi juara juga di lomba ini. Amiin...

    ReplyDelete
  7. Ciee yang bisa masak brownies lele..
    Hehehe. Caranya mudah yah. Bisa nih dipraktekin.

    ReplyDelete
  8. ini sih kreatif bangeeeet. coba itu brownies lele.... gak kepikiran XD

    ReplyDelete
  9. Banh Doel kreatif sekali lele bisa buat Brownies. Gak bisa bayangkan rasanya gimana..

    ReplyDelete
  10. gokil idenya, bisa nih ngalahin kue2 hits artis itu, hahaha

    ReplyDelete
  11. Sampe selesai baca sbnrnya aku msh byangin ikan dijadiin brownies pake selai kacang pula :p. Blm kebayang mas, tp ini justru bikin aku penasaran. Kalo ga merubah rasanya, bisa jd aku bakal suka sih, krn memang ga terlalu suka ikan :p

    ReplyDelete
  12. Kayak apa ya rasa brownies ikan> Gak amis2 gtu mas? Apalagi lele?
    Daripada aku penasaran mau donk digojekin hasil browniesnya ke rumah hehe

    ReplyDelete
  13. wah keidean banget bikin brownies dari lele..keren Mas Bro :)

    ReplyDelete
  14. Gak nyangka abang kita, pintar masak. Kalau ketentuan boleh dong bawa kue brownis

    ReplyDelete
  15. Wah baru kali ini ada ikan di brownies. Hebat kreasinya

    ReplyDelete
  16. Kalau kopdar kubbu, boleh lah dibawa browniesnya.

    ReplyDelete
  17. Wah, ini resep unik banget. Aku suka ga yaaa. Kayaknya suka deh. Soalnya aku suka brownies dan ikan. Tapi ini disatukan. Penasaran boo

    ReplyDelete
  18. nggak nyangka banget Lele bisa dibikin brownies..jadi penasaran cicipi langsung. Apakah masih kerasa lelenya atau udah hilang karena cokelatnya..

    ReplyDelete
  19. Baca ini sampe habis dan masih belum bisa membayangkan apa rasanya lele diadon sama coklat. Sungguh pencerahan ini.

    ReplyDelete
  20. Brownies pakai Skippy sih sudah pasti enak tapi ada campuran ikan lelenya itu loh, belum kebayang rasanya. Hebat ini Doel masaknya macam-macam

    ReplyDelete
  21. Itu gw masih mikir gmana rasanya lele jadi bronis.. rasa ikan kayak pempek kali ya

    ReplyDelete
  22. Wiiyyh ikan disulap jadi brownies. Anak anak ga bakal tau nih kalau sbnernya lg makan ikan hihi

    ReplyDelete
  23. Wah gimana rasanya brownies ikan lele itu mas doel. Sangat kreatif sekali ya. Jadi penasaran sama rasanya.

    ReplyDelete
  24. Serius lu buat ini om??rasanya kaya apa coklat dipadu daging ikan... ��

    ReplyDelete
  25. Cocok juga kak main di sawah eh hahahah memang jurusan kuliah itu akan lebih asyik pas nyambung ya. Tapi kadang talenta juga berbicara lho

    ReplyDelete
  26. Ternyata lele bisa dimodifikasi ya bang, saya taunya di goreng doank

    ReplyDelete
  27. pertama liat brownies nya jadi mupeng tapi pas tau dari lele, hmmm serius itu ada lelenya? hihihihi

    ReplyDelete
  28. Wow super kreatif. Idenya oke. Saya langsung bayangin rasanya.

    ReplyDelete
  29. Haaaaa lele dijadiin beownies? Gak kebayang sih rasanya. Gak berasa amis ya bang? Pada dasarnya sih ak suka banget sama lele. Tapi ya cuma di goreng aja.

    ReplyDelete
  30. wahh.. brownies lele.. eksperimen yang boleh juga nih dicoba.. selama ini cuma makan pecel lele hahaha

    ReplyDelete
  31. Kok aku laper yah lihat ini dan aku baru tahu kalau brownies tuh bisa terbuat dari ikan

    ReplyDelete
  32. Masih nggak kepikiran kalau lele bisa dijadiin bahan baku brownis hehehe masih takut buat nyontek resepnya walaupun kelihatannya enak banget ya kayaknya

    ReplyDelete
  33. Brownis lele aku baru tahu loh, ternyata bisa ya lele dijadikan berbagai bahan makanan.

    ReplyDelete
  34. Kreatif doel...acungin 2 jempol deh. Betewe pengen juga donk nyobain bronis lelenya, masih ada ga?hehehe

    ReplyDelete
  35. Unik banget pasti rasanya ya lele jadi brownies... jadi penasaran

    ReplyDelete
  36. Mantap brownies lele. Seperti apakah rasanya berpadu dengan selai kacang? Kok aku jadi teringat kerjaanmu yang icap icip makanan terus sekarang, cocok banget deh sama mata kuliah organoleptik, yang diceritain di awal tulisan :)

    ReplyDelete
  37. OMG brownies lele? Menarik tapi kebayang bau tanahnya lele. Eh berasa gak sih? Icip dikit dong.

    ReplyDelete
  38. Brownies lele, yang lebih dominan rasanya apa, bang? Coklat atau lelenya? Amis ikan nya terasa nggak? Jadi pengen cobain

    ReplyDelete
  39. Kayaknya enak nih brownies lele pakai Skippy. Rasanya manis, gurih, gitu kali ya.

    ReplyDelete
  40. Mantap bang. Jadi penasaran perpaduan manis coklat brownies dengan lele jadi gimana ya.

    ReplyDelete
  41. Koq gw jd gak nafsu ya makan brownies tp rasa lele??

    ReplyDelete
  42. jurusan kuliahnya ini ketje banget kak, kudunya bisa nihhhh duet sama oom jun di dunia kuliner :D

    btw kakak rajin bebikinan brownies ikan lele, resepnya unik !

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done