Cara perpanjang SIM di SATPAS

March 07, 2016

keseringan jalan menggunakan kendaraan membuat kita harus bikin sim .. yupz SIM (surat izin mengemudi)

ternyata tanggal 9 besok SIM A gue udah mau habis masa berlaku. dan akhirnya ya gue siap-siap untuk perpanjang deh dan kebetulan hari ini tanggal 7 gue siapin perpanjang SIM. nah karena kalo perpanjang SIM di mobil keliling jauh. akhirnya gue bkin SIM di satpas JAKTIM dan akhirnya gue kesana karena deket.. =)
apasih yang harus dipersiapkan dan cara-caranya??
1. Siapkan SIM asli dan KTP asli beserta Foto Kopina
yups siapin ini ya karena ini penting.. dan jangan lupa foto kopi sebanyak 4x (untuk jaga-jaga) karena biasanya 3 yang kepake saat perpanjang.. oh iya usahakan jangan fotokopi di SATPASnya karena disana sebundel Fotokopi di hargain 5000 rupiah (isi 2 paket sim dan ktp) *gue fotokopi d  luar rumah seharga 2000 rupiah dpet 8 biji hhehe

harga yang tertera

2. Langsung ke satpas terdekat atau sim keliling
yuhuu nah disini gue mau jelasin bkin yang di satpas. pas pintu masuk d satpas jaktim di kebon nanas langsung di sambut bapak polisi yang bilang mau bikin SIM apa trus di kasih tau harganya kalo SIM A sebesar 135 ribu rupiah dan SIM C sebesar 130 ribu. dan ga lama kemudian pasti pak polnya langsung bilang kalo mau di bantu 150ribu bapak tinggal foto saja ga perlu muter-muter ke loket..* ah praktek cepet-cepet mash saja ada. saya dengan cengar-cengir ga pak saya ngurus sendiri saja. setelah itu di suruh lah kita fotokopi, tapi gue bilang udah ada pak. dan di suruh tes kesehatan di belakang

3. Tes kesehatan
gue langsung tes kesehatan. biasanya yang di cek cuma mata saja. jadi gue ngantri cuma sekitar 5 menit langsung masuk. disana langsung kita kasih FC KTP saja dan di suruh ngeliat sebuah buku yang banyak warna yang ada nomor di tengahnya.  setelah di tes biasanya di minta administrasi sebesar 25 ribu .

4. bayar asuransi
banyak yang bilang ini ga wajib tapi karena gue males berdebat sama petugas disana yaudah gue ngikut prosedur aja. di sini kita di minta KTP sama ada uang administrasi sebesar 30 ribu. yasdah gue bayar.. lah

5. bayar SIM
yupz disini nanti ada pembayaran SIM di LOKET BRI. nah disini kita langsung di kasih tau kalo SIM A 80ribu dan SIM C 70ribu.. nanti dsini akan di kasih slip berwarna hijau dan nanti kita menuju ke loket 1 untuk mengambil formulir

6. isi Formulir
disini siapkan KTP, SIm asli dan fotokopianya dua rangkap. di loket 1 kita dikasih form warna biru yang nanti akan kita isi sesuai dengan data diri kita saja. lalu setelah selesai masukan kembali ke loket 1. bawa pulpen sendiri yaa

7. pengambilan nomor foto.
disini agak lama karena data kita langsung d cari dan di input ke komputer. kalo masih sama semua tidak perlu di rubah biasanya langsung di panggil. dan ngambil kupon untuk foto. sekitar 10-15 menit nunggu disini

8. FOTO
nah disini nunggu aja. pas gue ngantri mash ada sekitar 8orang antrian. tapi gue trnyata lumayan cepet. foto nunggu 10 menit seleai disini di cek juga data diri kita sesuai tidak, nanti minta langsung di rubah di tempat.

9. Pengambilan SIM.
yuhu setelah di foto ga sampe 5 menit sim sudah jadi dan di cetak. ga lama kok setelah melakukan foto sampai selesai mendapatkan SIMnya...

nah mudah bukan?? jangan mau deh di bantu sama calo. lagipula kita juga bisa urus sendiri.. dan selesai pun g sampe sejam..
jadi yang perlu di siapkan.
1. FC ktp dan SIM (4x) usahakan FC di luar yaak klo di dalem byar 5000 cm dpet 2 paket.
2. Uang kesehatan : 25.000
3. Uang Asuransi : 30.000
4. uang bayar SIM : 80.000 (SIM A) dan 60,.000( SIM C)
5. bawa pulpen untuk ngisi formulir


taraaa SIM A gue










You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh