Balek ke Palembang : Menjelajah Jakabaring Sport City dan Wisma Atlet

December 02, 2018

Palembang? Apa yang dipikirkan tentang kota ini? Pasti temen-temen langsung bilang pempek. Yupz Ibu Kota provinsi Sumatera Selatan ini mempunyai ciri khas makanan itu. Tapi banyak banget kok tempat makan yang laennya.
Wisma Atlet, Jakabaring
Jakabaring Sport City

Palembang sendiri pada tahun 2014 saya pernah mampir ke kota ini. Waktu itu ingat sekali saya jalan dari Sumatra Utara, Riau dan berhenti di Jambi untuk datang ke nikahan temen. Lalu dari Jambi saya lanjut ke Palembang menggunakan jalur darat. Waktu itu travel masih 100ribuan.

Tahun 2018, akhirnya saya kembali ke kota ini. Atas dasar undangan dari dinas pariwisata kota ini untuk mengikuti Famtrip. Sebenarnya ada temen yang tanya kenapa balik ke kota ini? Padahal hampir destinasi yang dikunjungi sudah didatangi oleh saya. Namun masih banyak kenangan yang belom sempurna di kota ini.

2014 saya ke kota ini pembangunan masih terjadi, dikarenakan kota ini digunakan sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Beberapa destinasi juga sudah mulai diperbaiki lagi seperti Jakabaring. Ya salah satu hal yang saya ingin balik ke kota ini adalah Jakabaring.

Menginap di Wisma Atlet

Saat panitia mengirimkan jadwal acara dan dimana menginap saya langsung tertuju pada tempat ini. Yupz wisma atlet. Ga kebayang kan menginap di tempat yang dulunya tempat atlet menginap untuk Asian Games
Wisma Atlet, Jakabaring
Wisma Atlet

Makanya saya bela-belain untuk naek pesawat malam dari Jakarta menuju kota ini. Untuk bagaimana merasakan menginap di tempat ini.

Tempat ini mempunyai banyak Gedung, saya menginap di Gedung B2. Saat hadir bangunan masih tergolong rapi karena baru beberapa bulan lalu selesai dipergunakan untuk Asian Games.
Wisma Atlet, Jakabaring
Wisma Atlet

Sampai di wisma atlet saya menginap di kamar 252 dan teman sekamar saya ada Mas Rise dari Semarang dan pak Ucok dari Padang. Saat masuk kamar sudah hampir tengah malam. Apalagi saat itu Palembang hujan, jadi saya tak sempat berbicara banyak sama teman sekamar ini.

Satu kamar di wisma atlet ini berisi 4 kasur dengan tempat tidur spring bed serta ada meja tamunya. Nampaknya wisma atlet ini sudah dipersiapkan untuk mejadi tempat menginap. Karena disetiap kamar kita disediakan handuk dan sendal serta peralatan mandi. Sudah hampir seperti di hotel-hotel.
Wisma Atlet, Jakabaring
Tempat Tidur Wisma Atlet

Sayang di tempat ini tidak ada wifi dan tv jadi temen-temen hanya bisa istirahat saja. Oh iya kamar ini dibanderol seharga 440ribu permalam. Untuk sarapan dibawah telah sediakan dan ada kafe. Pergendung ada 4 lantai dan satu lantai banyak berderet kamar.

Untuk kamar mandi ada disetiap kamar dan hanya ada satu jadi kita bisa bergantian. Tenang saja disini sudah seperti hotel kok. Ada shower dan air panasnya untuk berendam. Oh iya di belakang juga disediakan tempat cuci piring gitu,  tenang kamar ini sudah ber AC kok.

Untuk akses masuk kesini ada mobil kecil yang bisa digunakan untuk tamu dari pintu depan hingga kedalam wisma. Disekitaran wisma juga banyak spot instagramable kok. Jadi kita bisa puas -puas foto disekitar sini.
Wisma Atlet, Jakabaring
Spot Foto Wisma Atlet

Wisma Atlet, Jakabaring
Spot Foto Wisma Atlet (pict by : raiyani)

Jakabaring Sport Tourism

Ternyata selain menginap disini juga disediakan trip mengelilingi Jakabaring. Pada 2014 lalu tempat ini masih banyak pembangunan, namun saat saya balik kesini kembali pembangunan sudah jadi namun masih ada beberapa pembangunan yang ada.
Wisma Atlet, Jakabaring
Mobil Golf Wisma Atlet

Perjalanan saya mengelilingi Jakabaring menggunakan mobil golf yang telah disediakan. Perjalanan pertama kita menuju tempat bowling. Rasa-rasanya sudah lama tidak bermain permainan ini namun sayang ternyata belum dibuka tempatnya. Akhirnya kami pun hanya memegang bola tanpa mendapatkan strike.
Wisma Atlet, Jakabaring
Bowling Jakabaring

Setelah puas melihat bangunan bowling, kami pun diajak berjalan menuju ke venue berikutnya.

Kami memasuki ke tempat lapangan tembak, lalu bermain di pinggir danau tempat permainan jetski dan dayung. Oh iya pada saat kami kesini beberapa ada kerusakan karena sebelumnya daerah ini terkena angin putting beliung.
Wisma Atlet, Jakabaring
Danau Jakabaring

Jakabaring sendiri mempunyai luas sekitar 325 hektar. Komplek olahraga ini dibangun pertama kali pada tahun 2004 saat PON diselenggarakan di kota ini. Lalu mulai dibangun kembali saat Sea Games 2011 dan kembali diperbaiki fasilitasnya saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
Wisma Atlet, Jakabaring
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Salah satu keunggulan dari komplek olahraga ini adalah stadion Gelora Sriwijaya. Stadion yang memiliki kapasitas penonton sebesar 40ribu kursi merupakan stadion ketiga terbesar di Indonesia. Stadion yang merupakan kandang dari Sriwijaya FC ini sudah bertaraf internasional.

Setelah puas bermain didalam stadion kamipun mencoba bermain volley pantai. Eh di Jakabaring ada laut? Enggak kok tapi ada venue khusus yang dibuat berpasir di tempat ini. Jadi kita kaya maen volley pantai gitu. Saya sendiri bersama beberapa teman pun mencoba bermain volley pantai walau matahari terik.
Wisma Atlet, Jakabaring
Maen Volley Pantai di Jakabaring

Nampaknya Lelah juga ya menjelajah Jakabaring ini. Banyak hal baru yang saya temukan dari tahun 2014 terakhir kesini yang hanya dapat melihat stadion saja.
Wisma Atlet, Jakabaring
Nonton di Jakabaring

Part Palembang akan saya bagi kebeberapa bagian deh. Akan ada banyak cerita tentang kota ini saat famtrip kemarin. Oke see di tulisan saya berikutnya..




You Might Also Like

26 komentar

  1. Belum lengkap rasanya kalo belum ada tulisan tentang kulinernya. Ditunggu postingan berikutnya bro.

    ReplyDelete
  2. Aku udh lama banget nih mas Doel gak main voli pantai. Terakhir main saat masih SMP. Padahal seru banget sambil melihat pemandangan pantai dan menghirup udara segarnya

    ReplyDelete
  3. Di Jakabaring lengkap gitu ya? Ada pantainya juga eh bola voly pantai maksudnya.
    Beberapa waktu lalu lihat di tv yang beberapa tempat rusak karena angin dan hujan besar jadi ngeri juga. Padahal Jakabaring ini masih terbilang baru ya...

    ReplyDelete
  4. Berat akh volly pantai. Pic makan empek empek mana bang hahaha

    ReplyDelete
  5. Banyak juga ya bang spot fotonya. Kece2 pula.. memang palembang sejak ada stadion Jakabaring ini jadi punya nuansa berbeda ya. Palembang.. ah jaid rindu berburu pempek

    ReplyDelete
  6. Wab senangnya bisa jalan2 dan mencoba berbagai sarana n prasarana saat perhelatan akbar itu...

    ReplyDelete
  7. Itu wisma Athelet nya bisa jadi penginapan umum kah skrg? Kalau jd penginapan umum sayang banget ya ga dipasang wifi. Kalau penginapan atlet, wajarlaah.. biar atletnya istirahat, ga sosmedan terus. ^_^

    ReplyDelete
  8. Seru banget bisa menjelajah wisma atlet. Jadi pengen ke sana.

    ReplyDelete
  9. Enak ya suasananya seperti sepi dan damai..jauh dari hiruk pikuk ibukota

    ReplyDelete
  10. aku yaah, kapan mudik ga pernah yang namanya jalan2 sempurna kek kamu doel di jakabaring, selalu mentarget itu yang di seberangnya, tempat bermain anak, wahana kolam renang, hihiik

    ReplyDelete
  11. Aduuhh makin mupeng saya utk segera ke Palembang 😄 ditunggu tulisan selanjutnya Bangdoel biar bulan depan saya ke Palembang makin banyak referensinya 😁

    ReplyDelete
  12. sayang yah hotelnya gak dilengkapi dengan wifi, hihihi karena sekarang disewakan untuk umum,

    ReplyDelete
  13. kebayang sih ini kulineran di Palembang pasti maknyus pisan

    ReplyDelete
  14. Seruuu bgt ya Doel.
    Palembang kulinernya mantab jiwa!

    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  15. Pernah mampir ke jakabaring tp ga sampe masuk stadionnya

    ReplyDelete
  16. kalau dilihat lingkungannya bersih banget ya mas..bayangin bisa lari pagi keliling di sana mesti nyaman banget

    ReplyDelete
  17. Terakhir denger berita katanya ada area di jakabaring yang kena angin kencang terus rusak gitu. Benarkah?

    ReplyDelete
  18. wahh jadi kangen ke sana lagi. Trakhir ke sana sebelum asian games kemarin..

    ReplyDelete
  19. senang deh fasilitas perhelatan olahraga di JAkabaring sebagus di Jakarta :)

    ReplyDelete
  20. Main ke Palembang memang seru banget ya. Kapan coba bisa kesana ya

    ReplyDelete
  21. Jadi makin pengen jalan-jalan dan mengeksplor Palembang nih abis baca tulisannya! Seru banget kayaknya di sana yah.

    ReplyDelete
  22. Wisma atlitnya bisa dibuka umum gitu ya? Kok ada tarifnya?

    ReplyDelete
  23. Pertama yang terbesit di otak kalau ngomongin Palembang ya pempek :D

    ReplyDelete
  24. Wuaaah spot foto di wisma atlet lucu bangeeeettt!

    ReplyDelete
  25. Lihat di blog temen yang anak Palembang tuh cakep loh wisma atlet ini ya jadi si atlet juga lebih semangat.

    ReplyDelete
  26. Wisma atlet memang khusus atlet tapi kalau kita yang nginep pasti boring, tidak ada WiFi dan tv.

    Kecuali hanya diperuntukkan buat tempat bobo aja . Selebihnya jalan jalan terus

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh