anak kota jadi anak pulau (catatan sebulan di pulau)

May 09, 2016

wew. gue sekarang gue lagi pulau.. tepatnya di pulau lingayan dan pulau lutungan di kabupaten toli-toli sulawesi tengah. .
kalo dari jakarta ke sana sih memakan waktu hampir sekitar 4 jam (belom termasuk delay pesawtnya) dari jakarta kita harus ke palu dulu (ituloh yang wakil walikotanya bapak pasha ungu ) nah dari palu kita bisa jalur darat atau udara. kebetulan kemarin karena dari kantor ya pake jalur udara lah.. nah ini nih malesin deh. kena delay hampir 4 jam. dari jam 9 harusnya berangkat baru sekitar jam 1 berangkatnya. fufuuf. nah kalo jalur darat itu sekitar 9 jam dari palu *gue belom nyobain neh nanti ya gue ceritain gimana jalurnya..

kota toli-toli dari udara



nah gue mau cerita d pulau lutungan dulu karena ini pulau terdekat dari kota kabupaten hanya sekitar 15 menit di tempuh memakai perahu katingting atau juga ada taksi yang mengantar sekolah. namun taksi ini hanya tersedia sampai jam 11 siang saja. nah kalo g ada kapal kita bisa menumpang kapal nelayan yang mau ke pulau tapi sayangnya cuma sampe jam 12 siang juga tapi terkadang ada kapal nelayan yg melewati mau mengantar tapi ya kita bayar sekitar 15 ribu rupiah(ganti bensin).
Pulau lutungan dengan penduduk sekitar 70 KK ini mempunya pemandangan alam yang bagus dan keren juga loh.. dengan demografi pulau berbentuk bukit ini membuat pulau ini adem. disni juga terdapat makam raja dari toli-toli yatu raja bantilan. letaknya di atas bukit pulau ini. selain ada bukit makam kita juga dapat melihat sunset di pantai putih di belakang pulau. wah pokoknya ga kalah keren.

ke pulau naeknya perahu bgini berani??

waah disana mungkin kurangnya perawatan dari penduduk setempat untuk menjaga pulau karena masih banyak sampah yang bertebaran di pantai. kalo tidak ada sampah mungkin pulau ini bisa jadi kece dah kayak2 di raja ampat *hehehe

naah pulau satu lagi yaitu pulau lingiyan jarak dari kota toli-toli sekitar 2 jam perjalanan dengan menumpang mobil sampai darmaga di desa ogotua dengan biaya 50ribu. pulau ini di tempuh 15 menit saja dari desa ogotua menggunakan perahu katingtin . dan pulau ini ternyata termasuk pulau terluar indonesia. pulau dengan penduduk sekitar 120 KK rata-rata bermata pencaharian nelayan.
pulau ini mempunyai pantai putih yang bagus dan tidak kalah menarik dengan pulau lutungan.. pantai yang bersih namun masih jarang yang ke pulau ini. dengan karang-karang yang bagus pulau ini bisa menjadi destinasi wisata yang bisa di kunjungi kalau ke toli-toli.
pantai di pulau
kayaknya ini salam pembuka dari tulisan-tulisan saya di pulau.. dan kalo saya cuma bilang selamat datang di toli-toli..

You Might Also Like

2 comments

  1. Waah keren nih, bang, ajak-ajaklah anak bpj 21 kesini :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh