JURKAM dari Nyalindung : Mari bersama Tentukan Lokasi Berkahmu

August 18, 2017



Jurkam? Yes jurkam banyak bertebaran sebentar lagi mengingat sebentar lagi akan ada Idul Adha atau Hari Raya Kurban yang biasa diperingati setiap 10 dzulhijah sampai dengan 13 dzulhijah. Eits kok Jurkam sih?  Apa hubunganya Jurkam dengan Idul Adha? Jurkam disini bukan Juru Kampanye yak (emang mau Pilkada) tapi yang di maksud adalah Juragan Kambing. Yupz saat mau Idul Adha akan banyak juragan kambing yang menawarkan kambingnya atau juga Jursap (Juragan Sapi) hihii.
Kambing Qurban



Idul Adha selalu di rayakan dengan suka cita bagi setiap muslim di seluruh dunia dan Indonesia khususnya. Pada saat idul adha diadakan penyembelihan hewan kurban yang sudah di tentukan syariatnya dalam agama islam yaitu : Domba, Kambing, Sapi dan Unta. Berbicara tentang Kurban setiap tahunya ternyata masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati Kurban bersama di daerahnya.

Teringat pada 2016 gue berkesempatan merayakan idul adha di daerah di Sulawesi Tengah yaitu di kabupaten Tolitoli. Daerah ini termasuk kategori daerah tertinggal dan gue merasakan bagaimana akses yang sulit menuju kesana apalagi gue di tempatkan di daerah pulau terluar yaitu Pulau Lingayan dan Pulau Lutungan. Pulau Lingayan yang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia ini mempunyai masyarakat yang mayoritas muslim namun pada saat tahun lalu itu hampir saja tidak ada hewan kurban di pulau tersebut, namun Alhamdulillah ada seorang warga yang mau berkurban sapinya untuk di potong dan di bagikan. Pembagian daging juga tidak merata di karenakan hanya satu sapi yang harus di bagikan ke 90 KK yang ada di pulau tersebut. Pada saat itu di pulau ini belum ada orang dari daerah luar yang mau berkurban atau memberikan manfaat kepada masyarakat sana

sudut pulau lingayan


Kembali lagi kepada Idul Adha meskipun berkurban tidak di wajibkan tapi setiap individu yang mampu di harapkan bisa berkurban. Jadi pilihanya bagaimanakah hewan-hewan kurban yang akan kita kurbankan bisa tersalurkan dengan baik dan merata terbagikan kepada yang berhak. Bahkan menurut Dompet Dhuafa “ Banyak daging kurban dari kurban tahun sebelumnya masih ada di dalam lemari pembeku para DKM atau panitia penyelengara karena saking banyaknya daging yang berkurban tidak tersalurkan”. 


saat melihat sapi perah

Salah satu lembaga yang melakukan penyaluran hewan kurban adalah Dompet Dhuafa. Lembaga ini sudah hampir 24th bergerak dalam bidang penyaluran hewan kurban mulai dari dalam negeri hingga sampai ke luar negeri. Dompet Dhuafa tidak hanya menyalurkan hewan kurban namun juga membantu para peternak agar menghasilkan hewan ternak yang layak untuk di kurban dan ditebarkan ke daerah-daerah.


Gue berkesempatan mengunjungi salah satu daerah binaan Dompet Dhuafa di daerah Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, waktu tempuh menuju tempat ini kurang lebih 5 jam perjalanan dari Jakarta. Perjalanan menuju tempat ini sangat menyenangkan dan kita di suguhkan dengan pemandangan yang asri dan bagus. Jalanan yang berkelok dan berbatu menambah syahdu perjalanan ke Kampung Ternak binaan Dompet Dhuafa.
selamat datang di kampung ternak


Sesampai di Kampung Ternak kami langsung menuju ke peternakan kambing di dusun cisitu. Dusun yang terletak di ketinggian kurang lebih 900mdpl ini memiliki warga yang hampir semuanya beternak kambing (waw ini baru para Jurkam). Para peternak di dusun ini dibantu oleh Dompet Dhuafa untuk mengembangkan potensi ternak yang ada. Sampai saat ini para peternak kambing ini juga yang akan menjadi mitra Dompet Dhuafa dalam melaksanakan Tebar Hewan Kurban di daerah sekitar Sukabumi. Peternak disini mempunyai rata-rata kambing di setiap keluarga ada 4 ekor.

Jurkam Dari desa Nyalindung

Puas bermain di kandang kambing kami berlanjut berjalan menuju peternakan sapi. Peternakan sapi ini terletak di dusun sebelah yang berjarak kurang lebih sekitar 2 KM. Peternakan sapi ini di miliki oleh warga yang di berdayakan bersama Dompet Dhuafa. Para kelompok ini memiliki personil kurang lebih 30 orang warga yang bertenak sapi kurang lebih 2 ekor di setiap warga. Di dusun ini kami menginap di rumah-rumah warga yang di setiap rumahnya mempunyai kandang sapi di belakang rumahnya.

Pagi hari gue mencoba melakukan pemerahan sapi di kandang warga yang rumahnya gue inapin. Pukul 6 pagi sudah siap dengan pakaian dinas menuju kandang sapi. Pemerahan sapi harus dilakukan pagi hari di karenakan susu sapi ini hari harus dikirim ke pengumpul jam 8 pagi. Setiap sapi yang diperah menghasilkan kurang lebih 15 liter susu setiap harinya. Susu sapi yang dijual ini dihargai kurang lebih 4000-4400 rupiah per liternya.

Program kampung hewan ternak ini membantu para peternak untuk dapat menyekolahkan anak-anaknya, dapat membeli sawah hingga dapat membeli motor untuk transportasi. Dari kampung ini puluhan kambing siap untuk di kurban untuk tahun ini. Menebarkan hewan kurban ke pelosok-pelosok daerah Sukabumi Selatan dengan motor ajaibnya yaitu motor “grandong” yang membawa hasil ternak.
motor grandong

Program “Tebar Hewan Kurban” Dompet Dhuafa saat ini mengajak semua lapisan masyarakat untuk menebarkan hewan kurban dengan tema “Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa bersama Kurbanesia Tentukan Lokasi Berkahmu” . Program ini merupakan pengembangan program yang telah ada, nantinya para pekurban berhak memilih lokasi hewan kurban yang akan di potong sesuai dengan database yang ada dari Dompet Dhuafa.
Ayo tentukan Lokasi Berkahmu

System yang dinamakan DESI (Dompet Dhuafa Enterpise Sytem) ini telah dikembangkan dari tahun 2015. Pemilihan hewan kurban ini nantinya akan ditentukan setelah para pekurban menerima email verifikasi setelah pembayaran. “Nah nanti di dalam email itu terdapat link pemilihan lokasi dan tinggal klik link terus pilih lokasi distribusinya,” pungkas Bambang Suherman selaku Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah dan Kurban (ZISKUR) Dompet Dhuafa.
Press conference

Tahun 2016 Dompet Dhuafa menyalurkan kurang lebih 14 ribu lebih donatur yang berkurban dan di salurkan ke 1.661 desa sasaran. Menggunakan system ini nantinya akan membantu juga untuk laporan hewan kurban sampai ke Dompet Dhuafa dan dilanjutkan kepada pekurban untuk mendapatkan hasil dari pemotonganya.
Kambing Tebar Hewan Kurban


Setiap hewan kurban yang akan di sebarkan melalui lembaga ini juga dilakukan pemeriksaan yang baik dan di teliti oleh para ahli agar penebaran hewan kurban yang di berikan kepada masyarakat menjadi baik dan sehat. Hewan-hewan ini telah melalui proses QC (quality control) selama dua kali untuk sampai di tangan para penerima manfaat.

So? Sudah Siap untuk berkurban tahun ini?

Jangan Lupa salurkan kurban anda kepada lembaga atau penerima manfaat yang berhak. Kalo gue sih saranin ke Dompet Dhuafa aje TERBUKTI 24th mengelola kurban ke pelosok negeri dan macanegera.

ini ada sedikit video dari gue tentang keseruan kemarin di kampung ternak Dompet Dhuafa


You Might Also Like

4 komentar

  1. Asik nih bang, udah pernah memerah susu. Desa tempat jurkam ternyata asoy geboy penuh bebatuan. Motor nya keren bang

    ReplyDelete
  2. Sekarang mau kurban jd mudah bgt yak? Di supermarket bisa, lewat online juga bisa. Ayo sudah tentuin lokasi berkahmu?

    ReplyDelete
  3. Yaelah kirain jurkam apaan eh Juragan Kambing πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘

    Btw, motor yg bentuknya ajaib itu jg disini namanya grandongπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  4. Asik banget main-main di perternakan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh