Berwakaf sambil berAsuransi?? bisa di Sun Life Syariah

September 12, 2017



Sabtu 9 september 2017, pagi itu saya masih berkeliaran di Cibubur dalam rangka HUT komunitas di Buperta Cibubur. Memang tugas saya pagi itu membawa logistik untuk peralatan acara. Tak terasa waktu sudah menunjukan jam 09.00 WIB dan saya teringat ada kegiatan lain untuk mereview sebuah produk yang beberapa hari lalu dihubungi oleh Mbak Kiki. Tidak sempat mandi, pagi itu saya langsung meluncur ke tempat kegiatan karena berhubung tempat yang cukup jauh. 


Masuk tol Cibubur suasana jalan raya tidak padat, dengan kecepatan 80 Km/jam saya memacu mobil supaya tidak telat karena acara akan di mulai pukul 11.00 WIB. Keluar dari tol dalam kota sudah menunjukan 09.30 WIB lalu saya merapat ke pom bensin terdekat untuk mandi dan ganti baju. Mengecek WhatsApp grup sudah mulai ramai, banyak yang sudah pada jalan menuju tempat kegiatan. Saya salah prediksi setelah keluar dari pombensin daerah Pancoran kendaraan sudah padat padahal hari itu hari sabtu yang notabene harusnya Jakarta sepi. Kendaraan padat baru setelah setengah jam keluar dari kemacetan, jam sudah menunjukan 10.30 sambil sesekali mengecek google map untuk melihat posisi dimana tempat kegiatan.
 
Add caption
Tepat pukul 11.15 WIB saya baru sampai di tempat kegiatan yang bertempat di restoran The Hook di daerah Senopati, masih sepi di tempat kegiatan dan ternyata acara baru dimulai jam 13.00 setelah diawali makan siang. Acara yang diselengarakan oleh Sun Life Syariah ini bertemakan tentang “Mudahnya Berwakaf Melalui Asuransi Syariah”. Setelah selesai makan siang acara dimulai dengan dipandu seorang pembawa acara yang cantik membuat mata lumayan segar dikarenakan habis makan siang jadi sedikit mengantuk. Acara ini diisi oleh narasumber-narasumber yang kece yaitu 
 
mba inggit MC

  • Bapak Ahmad Emil Farabi selaku SM Digital Marketing. 
  • Ibu SrikandiUtama, selakuVice President, Head of Shariah Sun Life Financial Indonesia 
  • Bapak Muhamad Nadratuzzaman Hosen, M. Ec, Ph.D

Apaitu Sun Life?
Sun Life Financial adalah organisasi jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan aneka produk asuransi dan wealth management untuk nasabah individu dan korporat.
Didirikan pada 1865, Sun Life Financial dan para mitranya saat ini beroperasi di pasar utama dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, China, Malaysia, Vietnam dan Bermuda. 
 
ibu Srikandi Utami
Sedangkan di Indonesia, perusahaan ini hadir sejak tahun 1995. Semenjak hadir,perusahaan ini sudah banyak meraih penghargaan antara lain HR Asia Best Companies to Work For in Asia 2016, Predikat Bintang Lima atas kinerja Unit Link jenis Campuran tahun 2012-2016 untuk Salam Balanced Fund dalam Unit Link Awards 2017 dari Majalah Infobank dan masih banyak penghargaan yang diberikan untuk perusahaan ini. Selain penghargaan perusahaan yang mempunyai visi menjadi 10 besar perusahaan terbaik di Indonesia ini mempunyai juga program CSR yaitu Sun Bright.

Sebagai perusahaan asuransi yang terkemuka, PT. Sun Life Financial Indonesia terus berfokus pada nasabah dengan menawarkan berbagai produk inovatif. Pada Desember 2010, Sun Life meluncurkan bisnis syariah yang mengedepankan nilai dan konsep syariah serta membantu nasabah dalam menenuhi kebutuhan akan produk asuransi syariah. Ketenangan dalam berasuransi  sesuai kaidah adalah prioritas bagi SunLife, Maka dari itu dalam menjalankan asuransi syariah sunLife didampingi dan diawasi oleh Dewan pengawas Syariah (DPS) MUI. Salah satu produknya yaitu berwakaf melalui asuransi syariah.
 
Ibu Srikandi Utami dan
Bapak Muhamad Nadratuzzaman Hosen
Berwakaf melalui asuransi syariah?

Kita pahami dulu arti dariwakaf yaitu sebagai penahanan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya.  Selain itu Harta benda yang di wakafkan harus  memiliki daya tahan lama dan/atau manfaat jangka panjang serta mempunyai nilai ekonomi menurut syariah yang diwakafkan. Sesuai dengan fatwa DSN-MUI No. 106/DSN-MUI/X/2006 tentang wakaf manfaat asuransi dana investasi pada asuransi jiwa syariah. Melalui produk ini, peserta asuransi dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga maksimal 45 persen dari santunan asuransi dan mewakafkan manfaat investasinya hingga maksimal sepertiga dari total kekayaan dan atau harta warisan (tirkah).

Tentu teman-teman semua masih merasa bingung, lalu apa bedanya bila berwakaf secara langsung kelembaga wakaf dengan berwakaf melalui polis asuransi syariah. Misalnya kita ingin berwakaf sebesar Rp. 1 Milyar, Maka apabila langsung ke lembaga wakaf maka wakif harus menyediakan uang kas Rp. 1 Milyar untuk berwakaf. Jika berwakaf melalui polis asuransi Sun Life Financial Indonesia (SLFI) Syariah, wakif tidak perlu menyetorkan langsung Rp.1 milyar. Tetapi cukup memiliki polis asuransi syariah Sun Life. Selain dapat berwakaf, wakif juga dapat membayar kewajiban lainnya apabila ada hutang dan memastikan bahwa keluarga yang ditinggalkan tetap memperoleh manfaat asuransi untuk kebutuhan masa depan. Ternyata Sun Life juga bersama dengan Lembaga penghimpun wakaf seperti Dompet Dhuafa, BWI (Badan Wakaf Indonesia) dan Rumah Zakat.

Sudah paham kan?  Kini kita dapat lebih mudah berwakaf melalui asuransi Sun Life. Semua Polis Asuransi  Syariah Sun Life dapat diwakafkan yaitu Manfaat Asuransi dan/atau Manfaat Investasi  dan insya allah aman dalam berinvestasi di Sun Life syariah karena sudah terdaftar di pemerintah. Manfaatnya juga ada untuk nasabah peserta meninggalkan warisan untuk ahli waris dan peserta melaksanakan amal jariyah saat hidup maupun setelah meninggal

Jadi ingat salah satuh adist yang dishare dari pembicara di acara ini Jika manusia meninggal, maka amalnya terputus kecuali  tiga perkara (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang bermanfaat, dan (3) anak soleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim). Sehinggajelaslahbahwaberwakafadalahsatuamal jariyah untuk kita nantinya

Satu kutipan juga saya dapat di acara ini yaitu menulis adalah sebuah wakaf dalam menebarkan manfaat bagi orang banyak. Terimakasih dan jangan lupa berwakaf di Sun Life Syariah



You Might Also Like

1 komentar

  1. kayanya bakal mau nih untuk berwakaf biar makin bermanfaat hidup ini, dan bisa berguna di akhiran nanti. makasih kakak doel sudah menceritakan soal wakaf.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh