ShOP! : 300 E Commerce Siap Hadir di ICE BSD

April 04, 2018

Guys pada sering belanja online kan? Mulai dari olshop yang banyak bak cendawan di musim hujan terus ada yang sering belanja di marketplace-marketplace yang juga banyak beutt.  Industri ini biasanya disebut e-commerce. Indonesia sendiri sekarang mulai menanjak industri ini, mulai dari skala kecil hingga yang besar-besar.

Add caption

Industri ini berkembang pesat di negeri ini dan menjadi potensi yang sangat besar. Namun, angka kontribusi produk lokal dari UKM yang masuk di online marketplace Indonesia masih terbilang kecil. Data persentase ini juga masih debatable, karena banyak sekali ecommerce yang tumbuh dan mati di setiap tahunnya.

ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia), selaku wadah dari perusahaan-perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang maupun dokumen, baik yang bergerak di sektor kurir maupun kargo, memiliki peran penting dalam industri ini.

Dengan itu ASPERINDO akan melakukan kegiatan pameran yang nantinya akan memamerkan 300 E commerce yang ada di Indonesia. Pameran ini di beri nama SHOP! (Showcase of Online People) pada 23 – 25 Agustus 2018 di Hall 3A – ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Dengan mengusung tema “Off to Global Online Market”. Pada nantinya pameran ini akan menampilkan stakeholder dan e-commerce yang ada.
SHOP ASPERINDO
para pembicara

Menurut Feriadi, Ketua Umum ASPERINDO pameran ini akan menjadi tolok ukur para e-commerce di Indonesia. Banyak lembaga riset dan media telah menjelaskan tentang potensi e-commerce di Indonesia yang sangat besar. Lebih dari 500 penyelenggara pos dan logistik, baik,anggota maupun non anggota ASPERINDO, yang memiliki lebih dari 40.000 cabang, gerai dan agen layanan yang tersebar di seluruh nusantara hingga ke pelosok, berperan penting dan telah siap mendukung e-commerce di Tanah Air.

”Melalui event ShOP, produk-produk lokal UKM dapat semakin berkiprah di ranah online (daring), dan pemasarannya bisa menembus pasar global, ujar Feriadi di JCC saat konferensi Pers kegiatan ShOP. Selain pameran juga nantinya akan ada event talkshow yang menghadirkan para pembicara yang kece pada nantinya akan mengisi di acara ini.

Selain itu event ini juga mengandeng pemerintah dalam gelaran acara ini. Pemerintah sendiri di wakilkan dari kementrian perindustrian akan melaunching sebuah platform yang di namakan E-Smart. Dirjen IKM Gati Wibawaningsih menegaskan, pemerintah akan mendapat data performansi IKM kemudian akan dipantau dan hasilnya akan ditindaklanjuti dalam bentuk pembinaan. “Kegiatan mendorong IKM ke dalam online marketplace dan e-Smart ini juga merupakan upaya pengembangan IKM agar naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi,” tandas Gati.

Pada nantinya program ini akan menunjang kegiatan para IKM (Industri Kecil dan Menengah) yang ada. Terdapat 9 komoditas yang masuk ke dalam skema e-Smart ini, yakni Makanan dan Minuman, Logam, Perhiasan, Herbal, Kosmetik, Fashion, Kerajinan, Furnitur, dan Industri Kreatif lainnya.
SHOP ASPERINDO
skema pemberian KUR di BNI

Selain menggandeng pemerintah, acara ini juga menggandeng bank. Karena tanpa bank transaksi untuk e commerce sangatlah sulit. Bank yang akan diajak yaitu BANK BNI. Bank ini merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Selain itu bank ini setiap tahunya memberikan bantuan KUR kepada para UKM yang ada. BNI sendiri juga menaruh agen-agen di pelosok daerah dengan program LAKU PANDAI.
SHOP ASPERINDO
para pembicara


So guys udah siap datang ke kegiatan ini? Jangan lupa catat tanggalnya 23 – 25 Agustus 2018 di Hall 3A – ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Kita nikmati 300 e-commerce yang akan hadir.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh