Mari Bersama Terangi Negeri Untuk Indonesia

June 03, 2018

Listrik mungkin sekarang sudah menjadi sumber utama kehidupan. Bagaimana enggak, listrik menjadi elemen hidup dari mulai menghidupkan lampu, buat makan untuk masak nasi pakai listrik, dan kerja harus pakai listrik. Ga kebayang kan hidup tanpa listrik. Kalo kata anak sekarang bisa mateee..

Ngomong-ngomong tentang listrik, apa yang di benak kita saat menyebut listrik. Kesetrum? Atau PLN??. Kalau orang Indonesia pasti keingetnya PLN, apalagi kalau udah mati lampu. Pasti kan sob? Tapi pernah tidak berpikir apa yang sudah PLN lakukan untuk terangi negeri kita. Pasti banyak neh. Eh btw sudah pada tau kan kepanjangan PLN?? Yaudah Bang Doel kasih tahu yaitu Perusahaan Listrik Negara.

Tugas PLN Ngapain aja??



PLN adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara loh guys. Jadi perusahaan ini milik negara tidak di punyai swasta. PLN saat ini terus berupaya untuk mengurangi defisit listrik yang sering terjadi di Indonesia. Fyi aja dari tahun 2015 sampai 2017 defisit kita tidak ada dan sudah mempunyai cadangan listrik sebesar 30%. Sekarang mungkin masih sekitar sumatera yang masih terkendala defisit karena adanya pembangkit yang berubah statusnya.

Ngomong-ngomong tentang listrik, saya punya pengalaman menangani masalah listri di dua pulau terluar di Indonesia. Listrik di pulau tersebut sudah menggunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Nah sebelum ada PLTS terpusat di pulau ini di kasihkan pembangkit listrik per rumah oleh PLN yaitu LTSHE (Listrik Tenaga Surya Hemat Energi). Nah ternyata LTSHE ini adalah program dari PLN untuk pulau-pulau terluar yang belum dapat dijangkau sama PLN untuk masalah listriknya.


 Program-Program PLN??


Program-program PLN sampai saat ini juga terus berkembang. Saat ini ada program 35000 Mega Watt yang sedang di programkan oleh PLN. Saat ini programnya sudah hampir 96% yaitu mencapai 3100 Mega watt. Sst mau kasih tau juga neh ternyata PLN sudah menerangi sebanyak 76.152 desa dari tahun 2015 sampai tahun 2018 ini loh. Target PLN juga tak tanggung-tanggung, di Papua akan di terangi listriknya.

PLN sering Byar Pet bro


Iya sih kadang suka kesel kan, lagi enak-enak kerja ga taunya listrik mati. Nah ini sebenarnya bukan kemauan PLN juga. Saat ini misalnya di jakarta saja sudah beberapa pembangkit yang dalam proses pergantian atau sudah tua hingga beban tidak sanggup. Nah dalam proses pergantian dan beban yang tinggi ini menjadikan listrik kadang menjadi byar pet. PLN sendiri tidak mau keadaan kaya gini karena sangat merugikan konsumen dan PLN sendiri.

Kenapa tidak pakai energi lain?


PLN saat ini masih menggunakan batubara untuk menggerakan pembangkit-pembangkitnya. Namun PLN juga tidak hanya mengandalkan energi batubara saja. Beberapa daerah sudah menggunakan energi baru terbarukan yang lain. Misal di daerah sulawesi ada energi angin yang dipakai, lalu ada energi air yang di kerjakan di beberapa daerah. PLN mengembangkan terus-terus energi yang ada di Indonesia.

PLN sering menaikan Tarif Listrik


Banyak slentingan yang bilang kaya gini “Tarif Dasar Listrik naik terus”. Eh ternyata tarif dasar listrik kita tidak naik selama 3 tahun ini. Tantangan lain buat PLN adalah: harga listrik tidak boleh naik, tapi biaya produksi meningkat, dan PLN sebagai salah satu BMUN, juga harus tetap untung supaya tidak membebani APBN. Dari sisi keuangan, PLN juga harus tetap sehat. Outputnya: tambahan pinjaman cukup rendah dibandingkan dengan tambahan investasi. Wiiih, ini sih harus tetap mutar otak.

Terus kita sebagai konsumen gimana?


Nah kita sebagai konsumen juga harus hemat-hemat listriknya. Mengurangi beban yang ada dan tinggalkan penggunaan listrik yang sia-sia. Bila lampu tidak terpakai sebaiknya dimatikan, atau alat-alat elektronik yang tidak dipakai jangan dihidupkan terus. Selain menambah beban listrik yang ada juga menambah berat ongkos listrik kita di rumah guys.

Sekarang  sebagai konsumen kita semakin dipermudah dengan adanya layanan PLN Mobile. Dengan aplikasi ini, kita bisa dengan mudah untuk tambah daya, pengaduan gangguan, melihat histori pembelian token dan lain sebagainya. Customer service berbasis mobile atau smartphone ini langsung terintegrasi dengan sistem pelayanan terpadu, jadi, pelanggan akan semakin mudah dan cepat mendapatkan layanan informasi.

Ok guys, sebagai anak muda kita harus menghemat listrik kita. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengunaan bahan pembangkit yang semakin berkurang juga sebagai penghematan diri kita dalam penggunaan listrik

Info PLN
Twitter @pln_info untuk pengaduan dan layanan pelanggan @pln_123
Instagram @pln_id @listrik_kita



You Might Also Like

4 komentar

  1. Di tempat tinggaku di Serpong jarang mati lampu, jadi hampir tak pernah komplain kepada PLN. Cuma di Lampung kemarin, tiga hari aku di sana, dua hari mati lampu. Lamanya sekitar satu jam lah. Dan memang menjengkelkan kalau sudah mati lampu :)

    ReplyDelete
  2. tahun ini di kotaku udah jarang banget mati lampu, kalopun mati gak pernah lewat 1 jam. beda banget dengan beberapa tahun lalu yang sering banget mati lampu udah gitu matinya lama pula

    ReplyDelete
  3. Alhandulillah bulan sekarang tak pernah mati lampu lagi tidak seperti bulan kemarin yang sering mati lampu...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah tinggal sedikit lagi target tercapai. 400 watt lagi. Makin besar target pln maka makin hemat pemakaian pln

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh