Tips Mudik Ala Kemenkes

June 09, 2018

Setiap tahunnya ada kegiatan yang pasti dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kegiatan ini adalah mudik. Hampir semua orang yang merantau pasti akan mudik. Oh iya tau kan arti mudik darimana?. Mudik dalam bahasa jawa itu singkatan dari “Mulih Dilik” atau pulang sebentar. Sebenarnya mudik itu tidak hanya saat lebaran saja tapi bisa jadi setiap waktu. Namun bagi perantau berkumpul bersama keluarga di hari lebaran adalah hal yang tak baik di lewatkan.
Tips Mudik Kemenkes

Mudik sendiri ada rasa tersendiri bagi kita para perantau. Bang Doel sendiri sempat merasakan bagaimana itu mudik, hampir 9tahun merasakan mudik dari merantau kerja. Bagaimanapun mudik sendiri itu harus dipersiapkan. Mulai dari diri sendiri, kendaraan atau transportasi yang akan kita gunakan. Transportasi bisa dari kendaraan pribadi sampai kendaraan umum.

Persiapan Mudik

Mudik harus disiapkan, mulai dari kondisi badan, transportasi, dan biaya. Nah untuk transportasi dan kondisi tubuh ini ada beberapa hal yang harus kita siapkan. Kebetulan pada tanggal 5 Juni 2018 kemarin Bang Doel bincang-bincang bareng bu menkes Nila F Moelek di Kampung Rambutan. Bu Menkes menyampaikan “Komitmen Pemerintah saat ini adalah tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum, maka Kementerian kesehatan menyiapkan pos kesehatan di terminal angkutan umum dan di daerah rawan kecelakaan”.
Bu Menkes Nila F Moeloek

Kementerian Kesehatan ikut serta pengendalian kecelakaan lalu lintas dengan mengecek kesehatan pengemudi, melakukan edukasi kepada masyarakat dan menyiapkan pos-pos kesehatan di terminal, pelabuhan dan menyediakan layanan darurat melaui 119.

Selain itu bertambahnya angka kecelakaan saat mudik menjadi fokus utama di tiap tahunnya. Jumlah pemudik setiap tahunnya bertambah, seperti peningkatan dari 2016 ke 2017 sebesar 2,44% atau sejumlah 18.603.081 pemudik. Walau begitu, resiko terhadap kecelakaan selama mudik masihlah tinggi. Walau jika dibandingkan dengan tahun 2016, tahun 2017 kemarin relatif turun 41,2 % dan diharapkan tahun 2018 ini akan semakin turun . Resiko terhadap kecelakaan tersebut semestinya bisa dicegah dari diri kita sendiri.

Berikut 15 tips mudik sehat dari kemenkes :

 
Tips Mudik Sehat

Selain untuk diri sendiri juga diharapkan para pengendara kendaraan roda dua menyimpan motornya. Bila memang terpaksa membawa kendaraan roda dua harus ada persiapan-persiapan yang baik.  Ini tips untuk bagi para pengendara motor :
  1.       Persiapkan kondisi kendaraan motor
  2.      Jangan berlebihan muatan
  3.       Istirahat yang cukup
  4.       Untuk mengendarai usahakan fokus
  5.       Tidak stress


Nah sudah pada siap untuk mudik?

Kita lebaran dan mudik ngin kumpul bersama seluruh keluarga dan merayakannya bersama-sama. Bukannya mau jalan-jalan jadi sangat aman dan nyaman jika kita menggunakan transportasi umum. Sekarang  setiap tahunnya selalu ada mudik gratis dari beberapa perusahaan dan dinas perhubungan. Jadi kita gunakan dan manfaatkan itu saja.
Yuk mudik

Lebaran adalah momen kita berkumpul bersama keluarga. Bercerita bersama, maka daripada itu hindari hal-hal yang merugikan diri saat bermudik. Bila memang sudah capai berkendara harap diperhatikan kondisi.

Hindari mengemudi saat siang menjelang magrib, karena kondisi tubuh saat itu mulai melemah karena nutrisi yang kurang mengakibatkan tidak fokus. Istirahatkan diri untuk kendaraan minimal 4 jam sekali dan berganti supir setiap 8 jam sekali.

Jadi guys udah siap mudik? Yuk ah tetep jaga kondisi diri dan bersiap mudik ke kampung halaman kita. Untuk tahun ini saya pulang ke RT sebelah dulu aja ah,,

Ajak Abang Mudik donk

You Might Also Like

4 comments

  1. Semoga event mudik tahun ini, pemudik lebih aware dengan kondisi kesehatan diri dan keselamatan berkendaraan ya bang...

    ReplyDelete
  2. Semoga event mudik tahun ini, pemudik lebih aware dengan kondisi kesehatan diri dan keselamatan berkendaraan ya bang...

    ReplyDelete
  3. Mudik ke tetangga sebelah aj lah..
    Skalian ngemil kue2 lebaran..

    ReplyDelete
  4. Jadi pingin ngerasain mudik gratis itu rasanya gimana. Penasaran....

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh