CSR Aston Priority Simatupang : Mari Menanam Pohon Sejak Dini Untuk Kebaikan Sekitar

January 26, 2019

Menjaga dan merawat bumi merupakan hal wajib, harus dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Tugas ini kita emban karena memang sebagian dari bentuk tanggung jawab sebagai makhluk berakal yang tinggal dan hidup di bumi. Masa sih, kita yang tinggal, kita juga yang gak perhatian?

Salah satu hal dasar yang bisa sama-sama kita lakukan untuk menjaga dan merawat bumi yaitu dengan langkah penghijauan. Dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya. Pepohonan tidak hanya menjaga bumi yang kita pijak dalam menahan erosi, tapi ia juga berperan dalam mensuplai kebutuhan utama kita sebagai makhluk hidup. Ya, oksigen.

program CSR Aston Simatupang
Membiasakan untuk menjaga dan merawat bumi sejak dini.

Pagi itu, senin 21 januari 2019, sinar matahari tidak cukup menyengat bumi lantaran terhalang gumpalan-gumpalan awan. Menciptakan suasana redup di area lapangan SD Kebagusan 01 Jakarta Selatan. Namun justru matahari lain bersinar cerah dari wajah-wajah sekitar 900 adik-adik yang kini duduk rapi dilapangan. Adik-adik berwajah secerah mentari ini, hendak mengikuti kegiatan penanaman pohon dilingkungan sekolah.

Agenda ini merupakan bagian dari program CSR Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. CSR (Corporate Sosial Responbility) sendiri, merupakan suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar di mana perusahaan itu berada.

program CSR Aston Simatupang
Matahari cerah yang terbit dari wajah-wajah ceria adik-adik SD Kebagusan 01

Kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai bentuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon yang tahun ini diperingati pada bulan Januari 2019. Program ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan mengajak generasi penerus bangsa untuk peduli akan lingkungan diawali dengan menanam pohon.

Sebagai salah satu hotel yang berlokasi di daerah Jakarta Selatan, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Cente mengagas program CSR di lngkungan sekitarnya dengan mengangkat program penghijauan yang  melibatkan adik-adik dari SD Kebagusan 01 dalam melakukan penanaman pohon. Di tahun 2019 ini, program CSR dari Aston adalah yang pertama kali dilaksanakan. 

Program CSR ini akan terus dilakukan sebagai bentuk pengabdian Aston Priority Simatupang kepada lingkungan sekitar. S. Aulia Masjhoerdin selaku General Manager Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center menuturkan, “Program Penghijauan lingkungan yang dilakukan oleh Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini merupakan bagian dari kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjaga lingkungan.”

program CSR Aston Simatupang
Pak S. Aulia dalam sambutannya di hadapan adik-adik SD Kebagusan 01

Meskipun gumpalan-gumpalan awan di langit kemudian menjatuhkan tetesan-tetesan air ke bumi dengan suksesnya, namun tidak sedikitpun menggentarkan jiwa antusiasme adik-adik sekolah dasar ini. Pembukaan acara penanaman pohon pagi itu, dilakukan dengan penyerahan bibit pohon dari pihak Aston Simatupang kepada kepala sekolah SD Kebagusan 01.

Sulaiman, selaku Kepala Sekolah SD Kebagusan 01 juga mengucapkan rasa syukur dan harapannya di sela sambutan. “Terimakasih atas program ini, dan semoga kedepannya Aston akan terus melakukan gerakan bersama SD kebagusan 01.”

program CSR Aston Simatupang
Penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Pihak Aston kepada Kepala Sekolah SD Kebagusan 01

Pada acara ini, adik-adik SD Kebagusan 01 tidak hanya melakukan kegiatan penanaman pohon semata, mereka juga memperoleh edukasi melalui dongeng yang bercerita seputar pentingnya menanam pohon dari Kak Maulana. Titik-titik air dari langit yang jatuh kian lebat pagi itu, seolah menjadi berkah tersendiri untuk para makhluk bumi yang mencintainya. Sebab walau hujan kian deras, adik-adik sekolah dasar ini tetap duduk disiplin dan bergembira mendengarkan dongeng dari Kak Maulana di area selasar sekolah.

program CSR Aston Simatupang
Tetap ceria dan bergembira mendengarkan dongeng dari Kak Maulana, walau hujan melanda

Yuk, Mari Kita Menanam Pohon

Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu pun dilakukan setelah dongeng seru dan lucu dari Kak Maulana usai. Ya, acara menanam pohon. Penanaman pohon ini dilakukan oleh adik-adik kelas 3, dengan harapan adik-adik kelas 3 yang diangggap sudah cukup besar dan bisa mengemban tanggung jawab. Karena nantinya merekalah yang akan merawat dan menjaga bibit pohon yang ditanam. Selain itu, rentan waktu tiga tahun ke depan, sebelum adik-adik kelas 3 lulus, dianggap cukup efektif untuk memastikan bibit pohon yang mereka tanam tumbuh sehat dan subur.

Adik-adik ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok berjumlah 10 anak yang didampingi oleh pegawai Aston untuk bersama-sama menanam satu batang pohon pada lubang yang sebelumnya sudah digali. Pohon yang ditananam adik-adik SD Kebagusan 01 terdiri dari beberapa jenis pohon seperti ketapang, tabibuya, bungur, kencana dan lain sebagainya.

program CSR Aston Simatupang
Bekerjasama dalam menanam pohon oleh adik-adik SD Kebagusan 01 dan pegawai Aston

Biit-bibit pohon ini lantas dibagi ke dalam lima titik penanaman. Terdapat sekitar 30 pohon yang ditanam di lingkungan SD Kebagusan 01.

program CSR Aston Simatupang
Inget ya, yang butuh dijaga dan dirawat itu bukan hanya cinta saja, tapi bumi kita juga! 

Hotel Aston Priority Simatupang

Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini meruapakan salah satu hotel bintang empat yang sudah beroperasi sejak mei 2015. Memiliki sebanyak 277 Kamar yang terdiri dari tipe Deluxe hingga Governor Suite. Sebagai bagian dari fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung hotel ini, telah dilengkapi teknologi terkini berupa; TV berbasis internet, sensor Gerak yang dapat membantu tamu mengendalikan tombol power untuk AC dan fasilitas lainnya dengan hanya menggerakan tubuh saja.

program CSR Aston Simatupang
Salah satu fasilitas di Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center

Di sisi kecanggihan teknologi yang ditawarkan, hotel Aston juga sudah menerapkan pengurangan sampah plastik. Salah satunya dengan mengurangi pengunaan sedotan dan gelas plastik. "Andaikan saja 1 hotel mengurangi penggunaan sedotan dan gelas plastik selama setahun, betapa bagusnya lingkungan kita ke depan", tutur Pak Aulia di sela rehat siang seusai acara penanaman pohon.

program CSR Aston Simatupang
Rehat sembari bincang-bincang ringan di Aston Hotel Simatupang

Maka bukan hal yang mengherankan jika Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini acap kali diajak diskusi dengan WWF terkait dalam program menjaga lingkungan sekitar. Turut mengambil andil dalam kegiatan menjaga dan merawat bumi tempat kita tinggal dan berpijak dimulai dari lingkungan sekitar.

Jadi gimana, Gengs? Sudah sejauh mana kamu berperan dalam menjaga bumi kita. Adik-adik dari SD Kebagusan 01 saja sudah take action dengan mulai menanam pohon di lingkungan sekolahnya. Jangan mau kalah dong dengan mereka.

You Might Also Like

20 komentar

  1. Jadi penasaran di Aston dengan bintang 4 ini minumnya langsung saja gitu ya? Kalau membutuhkan sedotan, sedotan terbuat dari apa yang sekarang mereka pakai ya?

    ReplyDelete
  2. Asik dong kalo main ke Aston minumnya nggak di gelas plastik dan langsung sruput.

    Seru banget ini acaranya buat anak anak. Semoga jadi punya semangat menanam yaaa para generasi penerus bangsa.

    ReplyDelete
  3. Keren nih gandeng anak-anak Sekolah Dasar, mudah2an mereka bisa menerapkan dalam kesehariannya hingga dewasa nanti ya tentang pentingnya menanam pohon dan bahaya nya limbah plastik.

    ReplyDelete
  4. Acaranya bagus, merangsang anak-anak agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Toh kalau lingkungan sudah dijaga dengan baik manfaatnya juga akan dirasakan oleh kita.
    Mestinya kegiatan seperti ini rutin dan wajib apalagi untuk generasi muda.

    ReplyDelete
  5. Aston Priority Simatupang salah satu wish list staycation nih, karena pengen banget nyobain si Governor SUitesnya. Btw CSRnya bagus nih menanam pohon secara ya perkotaan sekarang butuh penghijauan.

    ReplyDelete
  6. Suka banget program CSR seperti ini, peduli pada bumi dan lingkungannya. Semoga pohon-pohon yang ditanam adik-adik kelas 3 saat ini, tetap akan mereka lihat berpuluh tahun mendatang. Kan bangga jadinya karena mereka bagian dari sejarah pohon itu

    ReplyDelete
  7. Bagus banget CSR-nya, ya peduli lingkungan, ya peduli mental penerus bangsa ya. Kalau anak2 diajari ttg menanam sejak dini mereka akan lbh peduli pada bumi ini. Keren ASton.

    ReplyDelete
  8. anak-anak jaman sekarang memang bagus kalo dikasih edukasi tentang menanam seperti ini, soalnya kalo saya amati kebanyakan waktunya banyak untuk gadget. ketimbang menanam di gedget mending menanam beneran hehe

    ReplyDelete
  9. Moga aja kegiatannya bisa mengedukasi dan memberikan bekas diingatan anak2 tentang pentingnya menjaga bumi dengan menanam pohon.. jauh2 deh kalo gede galauan kaya yg punya blog ini. Aamin.

    ReplyDelete
  10. Keren nih Aston dan SD Kebagusan 01 mulai mengambil gerakan peduli lingkungan. Semoga diikuti dengan yang lain

    ReplyDelete
  11. Keren nih Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center, sudah peduli lingkungan dnegan gerkan penanaman pohon melakukan juga pengurangan pemakaian gelas platik dan sedotan. Salut!

    ReplyDelete
  12. Seru nih, tapi gue ngga nya ga diajak

    ReplyDelete
  13. Aston Simatupang keren karena pemimpinnya mikir lingkungan hidup juga, coba semua hotel begitu yaa

    ReplyDelete
  14. Menanam pohon begini tuh penting buat lingkungan ya. Biar makin sejuk. Mantep CSRnya.

    ReplyDelete
  15. Edukatif banget ini kegiatan dari CSR Aston Simatupang, ngajak anak-anak kecil lagi. Biasanya kan penanaman pohon gitu kan orang gede-gede. Lha ini di sekolah SD lho, patut ditiru dan disebarkan beritanya.

    ReplyDelete
  16. Acaranya terlihat seru banget deh, kegiatan yang mengedukasi anak-anak seperti ini patut kita dukung.

    ReplyDelete
  17. Wuihh keren nih programnya CSR Aston Priority Simatupang! Kebayang beberapa tahun yang akan datang, lingkungan sekitar sana bakal sejuk dan asri karena adanya pepohonan.

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau klo hotel Aston CSR nya keren gini, menanam pohon bareng anak-anak SD.. Semoga CSR nya semakin kereen

    ReplyDelete
  19. Kegiatannya asyik banget. Nanem2 pohon gini secara tidak langsung ngajarin anak2 peduli lingkungan sejak dini. Good job Aston !

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh