3 Hal yang Kamu Kangen Indonesia Saat Puasa Ramadhan Di Negeri Orang

June 16, 2019

Pernah tidak sih kalian punya impian merasakan di luar negeri? Apalagi saya yang dahulu pernah merasakan puasa di beberapa daerah di Indonesia aja sudah keteteran karena beda jam dengan Jakarta. Nah bagaimana ya rasanya?? Berpuasa bareng dengan orang-orang yang seiman kita diluar sana.

1. Waktu Puasa
Merasakan puasa Ramadhan di luar negeri akhirnya saya rasakan sewaktu saya umrah bulan puasa 1440 H. Waktu Arab Saudi yang berbeda 6jam sangat membuat “rasa” puasa berbeda. Indonesia yang biasanya hanya punya waktu 12 jam untuk berpuasa. Arab Saudi waktu puasa kita lebih lama sekitar 14 jam. Rasanya kalau melihat postingan temen-temen di Indonesia tuh yang udah buka puasa duluan bikin gregetan. Apalagi kalau di Indonesia sudah magrib kita di Arab masih jam 2 siang.

Apalagi di negara lain ya, misal di negeri Amerika sana. Dapat cerita dari temen-temen IMSA (Indonesia Muslim Society America), bahwa puasa di negeri Paman Sam ini puasa sampai 19 jam sehari. Duh gimana ya rasanya? Puasa selama itu so pasti haus banget ya. Saat Umrah aja sudah kehausan banget apalagi yang 19 jam. 

2. Saat berbuka Puasa
Selain waktu yang lama dalam berpuasa, ada rasa yang juga kita nantikan saat berbuka puasa. Yah buka puasa kita tidak hanya dengan yang satu nusa dan satu bangsa tapi dengan saudara kita seiman. Pasti kita dapat merasakan makanan berbuka yang berbeda di negaranya. Saat Umrah kemarin saya pun merasakan bagaimana kangennya dengan gorengan yang mengiurkan saat berbuka. 

Bagaimana juga dengan saudara kita yang di Amerika yang tergabung di IMSA?? Apakah masih ada makanan yang sama disana? Pasti kangen kan dengan makanan khas di Indonesia seperti gorengan, es buah dan macam lainnya yang membuat kita serasa rindu tanah air.

3. Suasana Ramadhan 
Banyak yang hal yang saya kangenin waktu berpuasa Ramadhan di Mekkah. Selain makanan so pasti rasa kebersamaan dengan sanak saudara lainnya. Bahkan saya pun saat berbuka masih kumpul bareng dengan saudara satu nusa dan satu bangsa. Mungkin di IMSA juga begitu ya, ada buka bersama bareng dengan keluarga satu nusa di Amerika.

 Pasti banyak hal-hal yang dirindukan oleh kita saat kita harus tinggal di luar negeri. Apalagi di negeri non muslim seperti Amerika. Kegiatan-kegiatan setiap Ramadhan banyak yang dirindukan seperti tadarus alquran, bangunin sahur atau sekedar menunggu adzan magrib dikumandangkan menuju buka puasa. Itu mungkin yang dirasakan oleh temen-temen IMSA (Indonesia Muslim Society Amerika) saat harus berpuasa di luar negeri.

Bulan puasa memang selalu menjadi kenangan tersendiri bagi kita. Bagaimana kita bisa mengisi kegiatan di bulan Ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat. Apalagi saat kita di Indonesia, banyak keanekaragaman hal yang membuat kita rindu akan nuansa Ramadhan. Banyak berbeda saat kita memang jauh dari sanak family dan berbeda kebudayaan yang ada. 

Saat kembali dari Umrah kemarin pun saya ditanya “bagaimana puasa disana?” 
Banyak beda yang kita rasakan, dan langsung satu yang saya bilang. Kangen suasana ramdhan di Indonesia dan makanan berbukanya. Memang Ramadhan selalu menjadi rasa yang berbeda dari kita. Namun tak hanya suasana tapi kita juga harus mendapatkan pahala yang baik setelah bulan Ramadhan.

IMSA (Indonesia Muslim Society Amerika) juga mengadakan berbagai macam kegiatan yang dilakukan seperti, Pembagian zakat Fitrah,berbagi buka puasa, Belanja Bareng yatim, dan masih banyak kegiatan yang dilakukan dari perkumpulan saudara muslim Indonesia di amerika. Ladang amal memang bisa terbuka luas saat di bulan Ramadhan. Maka dari itu perkumpulan ini mengembangkan kegiatan yang kegiatan yang banyak manfaatnya.

Jadi gimana?? Beda kan puasa di Indonesia dengan Luar Negeri?? Apa yang kamu kangenin??

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog IMSA dengan tema Ramadan Bersama IMSA. #RamadanIMSA2019



You Might Also Like

1 komentar

  1. Belum pernah ngerasain puasa di negeri orang. Kayaknya memang jadi gimana gitu ya ... semoga pahalanya juga lebih besar ya , hehe ...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh