Yuk Wakaf : Biar Produktif Bareng-bareng

October 04, 2019

Wakaf? Kalau nyebut kata ini pasti langsung kepikiran tentang makam,masjid, dan madrasah. Pasti kan? Padahal wakaf itu tak hanya itu saja. Masih banyak hal yang bisa kita perbuat dari wakaf ini. mulai dari pembangunan sekolah, pengembangan budidaya tanaman hingga rumah sakit.

Kepikiran kan wakaf dari wakaf bisa banyak banget yang terbantu. Apalagi sesama muslim bahkan saudara non muslim bisa merasakan manfaat dari wakaf ini. ya meskipun pengelola (nazir) itu harus dari muslim.

Kalau ngomongin wakaf ini kemarin tanggal 3 oktober 2019 kebetulan saya berkesempatan merasakan bagaimana tanah wakaf bisa menjadi hal yang produktif bagi orang lain. Ya hari itu saya menggunjungi ke daerah parung namanya zona madani. Zona madani ini adalah zona yang dibangun oleh dompet dhuafa dari untuk kepentingan umat.

Pagi itu saya dengan beberapa blogger menghadiri acara yaitu wake up wakaf. Acara ini memang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa. Acara ini mengajak para blogger melihat wakaf produktif yang terus dikembangkan oleh Lembaga ini. Tempat ini juga ada beberapa tempat yang dibangun dari wakaf yaitu Sekolah Smart Ekslensia, Sekolah Hafidz Quran, Rumah Sakit Sehat Terpadu dan Djampang

Dompet Dhuafa memang membangun 4 pilar dalam mengembangkan wakafnya. Mulai dari bidang kesehatan, Pendidikan, Sosial Ibadah dan Ekonomi. 4 pilar ini yang dikembangkan oleh dompet dhuafa untuk wakafnya. Di bidang kesehatan DD membangun banyak rumah sakit untuk dhuafa. Lalu pada bidang Pendidikan ada smart ekslensia dan beasiswa dari DD Pendidikan. Sosial ibadah DD, banyak membangun masjid dan pusat kegiatan. Untuk bidang ekonomi DD punya lahan kebun di Subang.

Sedikit mengulas tentang Smart Ekslensia. Sekolah ini merupakan sekolah menengah akselerasi, berasrama, dan  bebas biaya untuk anak-anak marjinal yang tidak memiliki kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas karena faktor ekonomi. SMART Ekselensia Indonesia menyelenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ditempuh selama lima tahun. 

Jadi disekolah ini para murid akan tinggal di asrama yang ada di lingkungan sekolah. Muridnya cukup banyak prestasinya. Selain itu banyak tambahan ekstrakuliker yang membuat anak-anak yang sekolah disini lebih memiliki daya saing unggul. 

Untuk seleksi program di Sekolah ini banyak hal yang harus dijalani. Mulai dari wawancara hingga survey rumah para calon murid. Selain ada sekolah, di DD Pendidikan juga ada program Beasiswa Etos dan Bakti nusa. Kalau dua beasiswa ini sudah tidak asing lagi bagi saya. Saat kuliah dulu banyak temen yang mendapatkan beasiswa ini.

Selain bidang Pendidikan di lingkungan zona madani juga ada rumah sakit terpadu. Rumah sakit ini dibangun dari tahun 2012 yang awalnya dari LKC (Lembaga kesehatan Cuma-Cuma) yang sudah berdiri dari tahun 2001. Rumah sakit ini bisa menampung 87 pasien untuk dirawat inap. Rumah sakit ini juga memiliki 8 poli yang bisa diakses para kaum dhuafa.

Ada 3 jaminan pelayanan pasien yang bisa digunakan di rumah sakit ini, yaitu kartu member, Jamkesnas dan asuransi. Untuk kartu member ini berlaku 2 tahun dan pasien akan mendapatkan pengobatan gratis setiap kali berobat. Orang mampu bisa ga?? Menurut dr. Zulfikar “ pasien yang mampu bisa berobat ke RS ini, namun memang harus biaya yang sesuai peraturan”. Ujar Direktur RS sehat terpadu ini.

Oh iya dilahan zona madani yang seluas 8 hektar ini juga ada tempat outing class dan masjid al Madinah. Di masjid al Madinah ini bisa digunakan untuk manasik haji bagi warga sekitar. selain itu ada Djampang yang merupakan lahan untuk kegiatan outdoor. Ada kegiatan memanah yang bisa kita coba dengan membayar infak kepada petugasnya. Selain itu juga ada paket pernikahan sebesar 15 juta bagi ada yang mau menyewa di lahan ini.

Jadi wakaf itu ga hanya makam, masjid dan madrasah saja kan? Banyak hal yang bisa dikembangkan dari wakaf ini. Menjadi Wakaf yang produktif untuk semua orang dan merasakannya. So gimana sudah siap berwakaf?? 


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh