Liburan di Kabupaten Semarang ini Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

February 28, 2020

Semarang? Apa yang kamu pikirkan dari kabupaten ini??
Eh kok kabupaten sih? Emang ada??

Nah pasti orang-orang pada mikir kalau Semarang itu hanya ada di wisata kotanya saja. Ternyata banyak sekali loh wisata di kabupaten Semarang ini. Mulai dari Candi Gedong Songo, Kopeng dan yang terbaru ada Sakola.

Awal februari kemarin bang doel kembali jalan-jalan ke kota ini. Menggunakan bus dari Jakarta sampai di Ungaran jam 12 malem. Sempet bingung juga karena tidak buka kamar hotel namun akhirnya Bang Doel mencari makan dulu dan menunggu pagi di Ibu kota kabupaten Semarang ini. malam itu dengan sepiring pecel dan teh manis anget menemani malam menuju pagi.

Pagi itupun saya kembali mencari sarapan. Karena kebetulan kegiatan yang akan diselenggarakan jam 9 pagi dan saat itu jam masih menunjukan angka 7. Jalanan pun mulai rame, maklum hari itu hari kerja. Sarapan pagi dibuka dengan makanan khas dari kota ini yaitu Tahu Baxo. Siapa yang tidak tahu makanan ini, apalagi ditambah sambal kecapnya.

Memang hari itu Bang Doel bersama 10 blogger dapet undangan dari Pemkab Semarang untuk menghadiri kegiatan Gedong Songo travelmart. Sampai di hotel tempat kumpul ternyata teman-teman blogger lain belom pada sampai. Duduk santai di Hotel C3 sembari mengecek gawai dan memonitor temen-temen yang lain dimana. Jam 9 mba Dian blogger Madura hadir bersama Dira dari Bandung. Ternyata mereka berdua sudah sampai dari kemarin dan sudah sempat jalan di kota. Duh saya belum sempet.

Jam setengah 10 barulah pada hadir temen-temen yang lain. Mereka ngumpul di kota Semarang dahulu lalu diantar pake bus ke tempat kumpul bareng-bareng dengan tamu lain. Awalnya saya dapet perjalanan menuju pabrik sidomuncul, namun karena ada keterlambatan dari beberapa blogger akhirnya saya pun menuju Kopeng. Yeaah sebenarnya awalnya saya mau kesini tapi karena ngikut panitia namun ya emang balik lagi sh.

Jam 10 bus menuju Kopeng pun berangkat. Ada beberapa destinasi yang kita kunjungi. Pertama kali kita meluncur ke Dusun Semilir. Eits jangan berpikiran ini dusun adalah seperti dusun biasa ya. Namun dusun ini seperti ecopark yang berisi taman bermain dan restoran. Masuk kesini bayar 15ribu untuk sekali masuk dan untuk makan temen-temen bisa top-up menggunakan kartu yang disediakan.

Dusun ini memang lagi tahap pengembangan, dilihat dari adanya beberapa pembangunan yang ada. Oh iya saya tertarik dengan perosotan yang ada di dusun ini. Menggunakan bak bekas sebagai media luncuran membuat orang menambah adrenalin. Namun sayang berat saya berlebih daripada tidak aman mending saya tidak mencoba. Untuk mencoba perosotan ini kita harus bayar 10.000 sekali mencoba.


Setelah puas liat tempat ini, kami pun kembali meluncur mengarah ke Kopeng. Usut punya usut ternyata saya baru tau bahwa Kopeng itu masuk dalam kabupaten Semarang. Saya kira masuk kota salatiga karena jalur menuju sana melewati kota salatiga. Kurang lebih 1 jam perjalnan kami pun sampai di Kopeng.

Pertama kami menuju taman wisata Kopeng. Kopeng ini terletatk di ketinggian kurang lebih 1600 mdpl. Jadi wajar dingin banget tempat ini. Taman wisata Kopeng ini menyajikan kolam renang dan tempat outbound bagi wisatawan yang ingin main. Selain itu ada kafe tempat ngopi yang menawarkan sensasi berbeda.

Di tempat ini juga disediakan kamar yang untuk disewa. Harga kamar di taman wisata Kopeng ini mulai dari 300.000 permalam. Hari itu kami pun makan siang di tempat ini. beberapa temen pun mencoba naik ATV disini. Pada bagian belakang taman wisata Kopeng ini juga ada tempat jual bunga dan tanaman hias. Jadi kalau untuk temen-temen yang suka bunga bisa mampir kesini neh.


Kopeng itu ibarat Puncak di Bogor atau Lembangnya Semarang. Mempunyai suhu yang dingin memang membuat daerah ini menjadi tempat wisata yang diandalkan oleh Semarang. Selepas dari taman wisata Kopeng kami pun menuju tree top Kopeng.

Sama-sama Kopeng ngapain juga? Ternyata ini adalah tempat yang berbeda dan ada yang menarik disini yaitu tempat makan yang ada diatas pohon jadi kita bisa menikmati makan di ketinggian pohon. Untuk harga juga murah kok masuk disini.


Selain ada makan diatas pohon pinus disini juga kita bisa mencoba flyfox dengan rel yang memutar. Pokoknya nagih banget deh disini. Fyi juga pohon pinus disini dirawat dan memang disiapkan untuk wisata jadi kalian tidak perlu takut pohonnya rapuh.


Selepas asik main di atas pohon kamipun berangkat menuju desa menari. Hah desa menari yang kkn itu?? Ga kok bukan yang itu, tapi ini adalah desa binaan dari Astra yang terletak di desa tanon kabupaten Semarang. Disini kita bisa menonton pertunjukan menari, membuat sabun susu, membeli buah2n serta mencoba permainan anak2 yang tersedia dalam paket desa ini


Dinamakan desa menari karena desa ini memang awalnya ada beberapa kesenian menari yang sudah ada namun kurang hidup sehingga dibentuklah pokdarwis untuk mengembangkan kesenian yang ada. Menari merupakan akronim Menebar Harmoni Merajut Inspirasi Menuai Memori. Ini tergambar di paket-paket bisa merasakan harmoni atau keselarasan dengan lingkungan, masyarakat serta apa yang ada di Tanon.

Selepas puas menari di desa ini kami pun meluncur menuju saloka. Theme park terbesar se jawa tengah ini memang bagus banget tapi sayang sampai disana sudah tutup. Kami pun tak sempat mencoba wahana di tempat ini. Namun ternyata perasaan kecewa itu terbayarkan saat malam hari ada air mancur menari yang bercerita tentang rawa pening. Tiket masuk ketika weekday dibandrol Rp. 120.000 per orang, sedangkan tiket weekend dan musim liburan nasional Rp. 150.000 per orang.


Huah puas banget kan perjalanan di kabupaten Semarang ini seharian saja kita bisa mendapatkan 4 destinasi wisata yang keren-keren dan kece. Apalagi kalau sampai 3 hari ya? Ini aja masih di bagi 3 kelompok. Saya pun masih penasaran dengan kabupaten ini apalagi saya ingin ke ambrawa untuk jalan-jalan.

Jadi kalian mau sudah siap ke kabupaten ini??


You Might Also Like

8 komentar

  1. Saya ke Kopeng 20 tahun yang lalu. Hahaha... (Ketahuan umurnya berapa.) Semua yang ditulis di artikel ini belum ada. Jadi penasaran nih, Kopeng masa kini.

    ReplyDelete
  2. Mau dong ajak aku ke Semarang udah lama ga jalan jalan.
    Pengen nyoba main seluncuran rainbow ih seru fufufu

    ReplyDelete
  3. saya masih keder antara kota semarang sama kabupatennya, loh ternyata ungaran itu masuknya kabupaten semarang toh kirain ungaran kabupaten sendiri. saya terakhir ke kopeng masa2 sekolah tahun 90an akhir, liat foto2 ini masya allah udah berubah banget, makin cakep ternyata, dulu diajak main ke daerah salatiga,ambarawa,ungaran, mampir2 rumah temen.skrg banyak area wisata bagus2 gini, jadi kangen pengen jalan-jalan ke sana:D

    ReplyDelete
  4. Wah makin banyak destinasi keren di Kab Semarang ya.. Mantab memang.. Thx sdh berbagi cerita ini,Doel..

    ReplyDelete
  5. Sebagai orang Semarang yang kini sudah nggak lagi tinggal di Semarang sejak lama, aku bangga dong dengan keberadaan tempat-tempat wisata di sana baik di kota maupun kabupaten. Kalau ke Semarang, aku memang lebih suka ke kabupaten sih daripada kota yang panasnya ampuuun.

    Tapi aku belum pernah ke Kopeng, nih. Wah, kalau tempatnya secantik itu, mesti diagendakan nih lain waktu.

    ReplyDelete
  6. Seru banget nih liburannya di Semarang, ingin sekali kaki ini berkunjung kesana. Semoga segera terwujud secepatnya.

    ReplyDelete
  7. Kalau seharian mah kurang, lebih dari tiga hari deh biar asik liburannya

    ReplyDelete
  8. wah ini sih favorite banget sih wisata yang begini. makasih infonya yaaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh