Belajar SEO di Skill Academy dan Pendaftaran Kartu PraKerja - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

April 20, 2020

Belajar SEO di Skill Academy dan Pendaftaran Kartu PraKerja

Gimana rasanya kapasitas kemampuan diri kalian bertambah? pasti asik donk apalagi saat dimusim wabah yang kaya gini. Saya sendiri pengen banget menambah kemampuan diri ini. ya minimal dalam bidang internet atau web lah. Karena kebetulan kerjaan saya masih bersingungan dengan dunia internet. 
Kursus Online

Beberapa hari belakangan juga pemerintah Indonesia sudah meluncurkan kartu prakerja. Program ini merupakan program pelatihan yang diberikan kepada masyrakat yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya untuk menambah penghasilan atau mencari pekerjaan baru khususnya untuk para profesi yang terkena dampak COVID-19.
Kartu Prakerja

Pada tahun 2020 ini penerima Kartu Prakerja dibatasi untuk 2 juta penerima. Program ini telah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto pada tanggal 20 Maret 2020. Kemenko turut menggandeng pelaku usaha swasta untuk menjadi mitra pelatihan di antaranya adalah Skill Academy by Ruangguru, Pintaria, Pijarmahir, MauBelajarApa, Tokopedia, Bukalapak, dan Sekolahmu.

Sudah ada yang daftar??

Kebetulan bang doel sendiri sudah daftar program prakerja ini. daftarnya sangat mudah kalian tinggal siapkan ;
- Email
- Foto ktp
- Foto selfi sama ktp

Kalau 3 data itu udah siap langsung ke webnya kartu prakerja. Lalu isi data diri, ikuti tes yang ada. Tesnya mudah banget kok kaya hitung-hitungan dan potensi akadamik. Ada batas waktu saat kita mengisi kurang lebih 20 menit sebanyak 25 soal. Setelah semuanya dijawab nanti akan ada pemberitahuan tentang kartu prakerja ini. 
Setelah Daftar

Kartu prakerja ini dibuat oleh pemerintah tujuannya yaitu 
1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal
5. Membantu para pekerja yang penghasilannya berkurang atau bahkan kehilangan pekerjaan
akibat wabah corona

Sudah buat dan jadi terus ngapain??

Program pelatihan prakerja ini memang banyak kerja samanya. Seperti yang saya sebutkan diatas, kartu prakerja ini bekerja sama dengan berbagai macam platform pelatihan. Salah satunya adalah skill academy, milik ruang guru. Jadi nanti temen-temen yang sudah dapat kartu prakerja ini akan diarahkan untuk menambah kemampuan dari pelatihan-pelatihan yang ada kaya kursus online

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim terbaik yang sebelumnya telah menyukseskan aplikasi Ruangguru.

Wih banyak sekali ya? Carany gimana biar bisa menggunakan applikasi ini??

1. Peserta harus sudah mendaftar ke website prakerja  dan dinyatakan lolos seleksi (pendaftaran dibuka tanggal 11 April 2020 & penerima bisa mengikuti pelatihan di platform pada tanggal 17 April 2020)

2. Kunjungi web skill academy dan pilih kelas yang diinginkan (disarankan memilih kelas paket karena lebih hemat dan ada donasi 10% dari nilai pelatihan) 

3. Pilih Prakerja sebagai metode pembayaran 

4. Masukkan Nomor Kartu Prakerja

5. Tekan tombol Verifikasi Akun 

6. Baca Syarat dan Ketentuan. Jika setuju, tekan Lanjutkan 

7. Apabila: Nomor Kartu Prakerja yang dimasukkan sesuai; 

● Pagu mencukupi; 
● Tidak ada kelas yang sedang diambil dengan Kartu Prakerja Kode OTP akan dikirimkan ke Nomor Handphone yang didaftarkan pada Akun Prakerja 

8. Masukkan Kode OTP

9. Tekan tombol Checkout

10. Kelas yang berhasil dibeli dapat diakses dengan menekan tombol Lihat Kelas

Mudah kan? 

Ada apa aja di platform ini? pasti banyak donk yang bisa kita coba dari platform ini. tenang semuanya ini bisa kita coba dan cari yang sesuai kita banget. Terus bahan pembelajaran dari skill academy memang mudah. Berikut beberapa fitur yang ada di skill academy

1. Materi bervideo

Untuk saya yang mudah bosen kalo belajar mungkin disini sangat mudah. Video disini semuanya beranimasi dan tidak lebih dari 10 menit. Mudahkan?

2. Banyak kategori
Kategori 

Jadi kita bisa ambil materi yang kita inginkan. Ada 5 fokus kategori yang ada di skill academy. Terdapat lima kategori kursus, yaitu Pemasaran, Pengembangan Diri, Bisnis & Keuangan, Teknologi & Software, dan Persiapan Tes yang memiliki turunan kursus beragam.  

3. Dapat sertifikat
sertifikat

Sesuai dengan namanya biasanya pelatihan ya akan dapat sertifikat. Disini akan di bagikan dua serifikat yang akan diterima. Terdapat dua jenis sertifikat, yaitu sertifikat  penyelesaian setelah rangkaian materi diselesaikan dan sertifikat penilaian (post-test  ). Sertifikat dapat diunduh pengguna untuk berbagai kebutuhan.

4. Ujian

Masa udah pelatihan ga ikut ujian. Nah ini penting banget biar kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kita. Akan ada dua yaitu saat sebelum dan sesudah materi.
resume

5. Rangkuman materi

Kita pasti butuh banget nih. Biar ga lupa materi yang kita inginkan. Skill akademi juga aka nada rangkuman materi setelah kita ikut pelatihan nih. fitur rangkuman yang berisi ringkasan materi kursus dengan visual menarik dan penjelasan yang singkat. Enaknya adalah Infografik ini dapat diunduh, disimpan, dan dibagikan oleh pengguna.  

6. Bimbingan karir

Fitur ini akan di launching nanti. Setelah pelatihan aka nada pengarahan tentang jenjang karir yang akan di pilih

7. Paket bundling untuk kartu pra pekerja. 

Dari atas sudah saya bilang kalau di platform ini sudah kerja sama dengan program pemerintah. Pengguna dapat membeli kelas apapun di Skill Academy secara gratis dengan membayar pakai Kartu Prakerja. Namun terdapat Paket Pelatihan Kombo yang sudah terdiri dari berbagai kelas sehingga harganya menjadi lebih murah daripada kelas satuan. Paket-paket pelatihan ini juga dikemas agar lebih tepat sasaran, seperti misalnya Paket Pelatihan untuk design grafis.

Gimana sudah tau kan tentang skill academy ini? nah kebetulan saya sudah mencoba salah satu kelasnya yaitu kelas SEO. Ya pas lah buat saya yang seorang blogger untuk mencoba kelas di skill academy ini.

1. Cari kelas dahulu

Saya mencari kelas yang saya ingin dalamin. Ada beberapa kelas yang membuat saya tertarik. Akhirnya saya memilih kelas SEO101 : cara membuat web eksis di google. Setelah dapat lalu klik kelas tersebut 
Bisa Search

2. Masuk akun

Kita bisa daftar akun kita. Atau bisa juga menggunakan socmed kita langsug dengan facebook atau google.

3. Bayar

Akan masuk ke link pembayaran. Nanti aka nada banyak metode pembayaran. Kalo ada yang sudah mendapatkan kartu pekerja silahkan isi saja. Caranya tadi seperti yang diatas saya sebutkan
List pembayaran

4. Belajar

Nanti kita akan masuk ke link pelatihan kita. Kalau nyoba di pelatihan saya, akan ada pre exam. Dan saya salah banya isiannya.
Yuk Belajar

Nah gimana? Sudah kan? Apalagi kita punya kartu prakerja nanti kita punya banyak keuntungan seperti :

1. Menambah keterampilan baru dengan ikut pelatihan di Skill Academy secara gratis kare dapat membayar dengan kredit yang diberikan 

2. Kredit yang diberikan untuk mengikuti pelatihan sebesar Rp1.000.000

3. Insentif total Rp2.400.000 per orang dari pemerintah jika mengikuti pelatihan hingga selesai

4. Rp150.000 bila mengisi Survei Kebekerjaan 

5. Kelas-kelas di Skill Academy dapat membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan, cari pekerjaan baru, dan jadi lebih hebat lagi karena memiliki keterampilan baru

6. Kelas-kelas di Skill Academy diajarkan oleh para ahli di bidangnya dan berbahasa Indonesia 

7. Kelas-kelas di Skill Academy mudah dipahami dan dilaksanakan 

8. Bonus gratis paket langganan ruangbelajar (Ruangguru) selama 3 bulan untuk anak 

9. Dapat tambahan 10% dari Skill Academy jika membeli Paket Pelatihan Kombo / Paket Prakerja

Gimana sudah daftar kan prakerjanya? Kita dapat menambah kapasitas kita dengan mengikuti berbagai kursus di Skill Academy secara gratis dan menggunakan kredit Kartu Prakerja, khususnya bagi mereka yang penghasilannya menurun atau kehilangan pekerjaan akibat wabah corona.


Share with your friends

21 comments

  1. membuka wawasan means membuka rejeki itu berarti bener banget ya

    ReplyDelete
  2. Wuiih asik banget nambah skill saat lagi di rumah aja. Jadi rebahannya juga bermanfaat ya

    ReplyDelete
  3. Makin kebantu banget Skill Academy,, materinya emang dari expert jadi memang udah ahli dibidangnya... kemarin juga sempet nyobain Kelas Gratisnya.. sayangnya cuma 1 kali bisanya hahahah

    ReplyDelete
  4. Mau coba ikutan daftar, udah nggak bisa ya kayaknya? Sebenarnya ini program bagus, cuma timing releasenya agak offside. Kalau lagi gak ada pandemi mungkin gak bakal rame.

    ReplyDelete
  5. wah keren ya kak progran kursus online nya. yang pasti bermanfaat banget nih untuk membantu masy. yg pendapatannya terdampak krna corona sdh nambah skill dot insentif lagi.mantab lah

    ReplyDelete
  6. Wah udah daftar aja ya bang doel. Apresiasi banget deh ada kartu pra kerja ini. Nggak ada istilah mati gaya ya

    ReplyDelete
  7. Bagus banget materinya nih, mungkin ada sebagian orang yang tidak sampai ke materi tersebut.. Bermanfaat banget deh, apalagi bisa dapet sertifikat dari situ. Bisa jadi portofolio yang baik :D

    ReplyDelete
  8. Huaaah banyak banget Keuntungannya terutama sial pelatihan online. Honestly belum pernah ikut pelatihan online yang Tema temanya berat hehe tapi udah diclose yah pendaftarannya?

    ReplyDelete
  9. Materi pelatihan bagus ya. Dan di jaman sekarang memang kita perlu banget memperlengkapi diri dengan beragam skill.

    ReplyDelete
  10. Bang doel, kalo ga keberatan, share dong hasil ikut skill academy-nya ... share ilmu "gimana caranya supaya web kita eksis di google" please please??! heheheh

    ReplyDelete
  11. Bang doel, kalo ga keberatan, share dong hasil ikut skill academy-nya ... share ilmu "gimana caranya supaya web kita eksis di google" please please??! heheheh

    ReplyDelete
  12. Jadi kalau daftar kartu prakerja ini bakalan dapat semacam dana yang bisa dipakai untuk skill academy itu ya Doel? Ada batas umurnya nggak sih? Oya, share juga dong kelas SEO yang doel ikutin.

    ReplyDelete
  13. lumayan ya nambah skill yang berguna buat bekerja ke depannya.. wah ilmu SEO nya nambah nih

    ReplyDelete
  14. aku jadi penasaran sama skill academy, sebagus itukah? btw bagi bagi ica keles ilmu seonya.

    ReplyDelete
  15. Bagus juga ini program Skill Academy ya, jadi bisa membantu untuk yang lain disaat seperti ini ya. Nanti aku bisikin ya ilmu SEOnya

    ReplyDelete
  16. Pengen juga ikutan belajar. Tetapi, harus punya kartu prakerja ya, Doel?

    ReplyDelete
  17. Sudah daftar sih tapi belum beruntung kepilih. Udah buka2 juga webnya..keren ya jadi membuka peluang tuk mengembangkan diri.

    ReplyDelete
  18. Wah udah daftar kartu pra kerja ya bang doel. Semangat, semoga sukses.. Mantep juga bisa belajar di skill academy

    ReplyDelete
  19. Bang Doel sudah berhasil daftar ya di skill Academy, semoga ilmunya Bermanfaat amin

    ReplyDelete
  20. Efek ikut kelas SEO jadi langsung ganti template ya Doel? Sungguh langsung ilmunya langsung di coba. mantap nih

    ReplyDelete
  21. sudah daftar tapi gak kepilih. hiks sedih. beruntunglah yg kepilih bisa dapet pelatihan di tengah pandemi gini. nambah aktivitas dan skill pengetahuan juga.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done