Corona Jadi Bencana Nasional, Ini Dampaknya ke Berbagai Usaha di Indonesia - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

April 25, 2020

Corona Jadi Bencana Nasional, Ini Dampaknya ke Berbagai Usaha di Indonesia


Berdasarkan konferensi pers yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang telah merubah status corona menjadi salah satu bencana nasional ternyata menurut beberapa penelitian akan memiliki dampak yang begitu luar biasa pada beberapa usaha yang ada di Indonesia. Hal tersebut dilakukan oleh Jokowi karena berbagai macam pertimbangan yang telah dilakukan. Dan untuk menanggapi hal tersebut maka salah seorang Pakar Hukum Tata Negara UI telah memberikan keterangan bahwa penetapan tersebut nantinya akan sangat berdampak pada berbagai macam sektor usaha yang ada di tanah air. Dan kondisi ini tentunya juga akan berdampak pada sektor kontrak-kontrak bisnis yang ada di Indonesia.

tukang jualan banyak terdampak

Mengingat masuk dalam satu bencana nasional maka kemampuan untuk manusia menghadapi kondisi dan wabah yang semakin meluas tersebut memang sudah tidak bisa lagi dihindarkan dari kerugian. Untuk pertimbangan peningkatan status tersebut karena didasarkan dari semakin banyaknya jumlah kasus pasien yang positif dan juga korban yang meninggal disertai dengan kerugian harta benda yang disebabkan oleh covid -19. Karena semakin meluasnya wilayah di Indonesia yang terdampak covid-19 ternyata sudah mampu berimplikasi dan menimbulkan berbagai macam dampak pada aspek ekonomi dan sosial yang terjadi di wilayah Indonesia.

Tidak hanya didasarkan pada beberapa aspek saja namun juga berdasarkan dari semakin meluasnya cakupan wilayah di Indonesia yang sudah terpapar virus covid-19. Dan berdasarkan dari status yang telah disepakati secara bersama tersebut Jokowi kembali memberikan arahan kepada pemerintah daerah yang di dalamnya termasuk ada gubernur, bupati, sampai dengan walikota yang merupakan ketua Gugus Tugas yang ada di daerah mereka masing-masing supaya dalam menetapkan dan memberikan kebijakan kepada wilayahnya harus memperhatikan pertimbangan pemerintah pusat.

Corona memang tidak hanya berdampak pada segi kesehatan masyarakat Indonesia saja, akan tetapi juga telah memberikan dampak yang begitu luar biasa dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Saat ini sudah banyak sekali masyarakat di Indonesia yang memiliki usaha harus ikhlas untuk sementara waktu menutup usaha mereka karena dampak dari covid-19. Dampaknya juga tidak main-main. Seperti contohnya adalah saat ini sudah banyak sekali para pengusaha resto dan tempat makan yang ada di wilayah yang terkena paparan covid-19 mulai menutup usaha mereka karena sepi dan atau karena untuk membantu pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia.

Sebenarnya yang paling merasakan dampak dari covid-19 ini adalah mereka yang berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah. Banyak dari mereka yang harus rela kehilangan pekerjaan dan usaha mereka karena kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yakni dengan membatasi setiap kegiatan sosial. Meskipun demikian pemerintah Indonesia juga sudah menyiapkan berbagai macam rencana yang cukup macam untuk menghadapi kerusuhan yang mungkin bisa saja timbul karena dampak ekonomi yang semakin buruk yang dirasakan oleh masyarakat.


Oleh karena itu masyarakat Indonesia dan pemerintah memang harus saling bekerja sama dan tidak boleh saling menjatuhkan satu sama lain. Untuk kasus penanganan corona di Indonesia banyak yang mengatakan lambat sehingga banyak sekali korban yang berjatuhan. Padahal ini bukan saatnya untuk saling menjatuhkan. Masyarakat harus mengikuti setiap himbauan yang diberikan oleh pemerintah dan pemerintah juga harus bersikap tegas serta cepat dalam mengambil tindakan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Ingin informasi lebih lanjut seputar covid-19 Anda bisa kunjungi di aplikasi

Halodoc.

Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done