Cara Menaikkan Domain Authority - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

May 31, 2020

Cara Menaikkan Domain Authority

Bagaimana cara menaikkan Domain Authority? 

Cara menaikkan domain authority selama 30 hari
Cara Menaikkan Domain Authority selama 30 hari 

Awalnya ga kepikiran dengan memanajemen kembali blog ini. apalagi setelah DA turun drastis dari 30 ke 20 terus sekarang ke 9. Duh kayaknya kesel banget dah. Ditambah Spam Score blog ini makin melonjak tajam. ah mending mikirin jodoh deh daripada mikir gimana naikin Domain Authority.

Namun belakangan ini beberapa temen blogger pun mulai ngebahas ini. Dalam hati sudah terbesit, ah mau banget neh cara menaikkan Domain Authority. ya kali ga naikin DA malah bikin gue kehilangan banyak job. Iya gue yang beberapa tahun ini mengandalkan blog sebagai salah satu mata pencaharian memang harus dibenahi. 

Awalnya pengen belajar sendiri aja, maklum gue orangnya suka coba-coba. Oprak oprek blog sendiri. Tapi mager banget sih kalo ga ada yang bimbing. Akhirnya disebuah grup ada yang share tentang belajar menaikkan DA apalagi pelatihannya gratis. Duh gue banget dah ini. Akhirnya daftar dah, kebetulan yang ngajar ada mas punto yang dari dulu, merongrong gue buat rapiin blog. 

Apa itu Domain Authourity?

bagaimana menaikkan domain authority
Menaikkan Domain Authority itu bisa berbagai cara

Sebelum panjang lebar ngomong tentang cara menaikkan DA, mari kita kepoin dulu apa itu Domain Authority. Bagi seorang blogger mah ini udah ga asing banget. Apalagi akhir-akhir ini ramai dibicarakan. Domain Authority atau yang disebut DA adalah acuan yang dibuat mesin pencari untuk menentukan peringkat website atau blog. Semakin besar peringkat DA yang dimiliki maka semakin bagus untuk bersaing di mesin pencarian Google. Biasanya skala yang diberikan dari angka 1 sampai 100.

Kelas 30 Hari Menaikkan Domain Authority


Akhirnya gue kepilih untuk masuk kelas ini. ada sekitar 29 orang blogger yang berusaha menaikkan DA nya selama 30 hari. Dengan duo mentor yang keren mas punto dan om Irwin. Kalau dilihat dua-duanya memang ekspert di bidang ini. gue sering meminta saran juga sih tentang dunia blog.
belajar cara meningkatkan domain authority
Belajar dulu bagaimana menaikkan domain authority

Awal masuk kelas sudah diberikan materi yang membuat alis tegang. Hahaha, iya apalagi saat itu lagi bulan puasa, materi diberikan jam 20.00 langsung deh pada belajar ngoprak ngoprek blognya. Gue termasuk orang yang santuy, tapi perlahan mengubah beberapa hal yang disampaikan. Menurut gue ada 6 hal yang perlu diperhatikan.

1. Cek masalah dalam blog
2. Koneksikan blog ke Google Search Console dan Google Analytic
3. SEO on Page
4. Gunakan tools moz pro
5. SEO off Page
6. Disipilin dan kerjakan


Nah itu 6 hal yang harus kita perhatikan dalam menaikkan Domain Authority dalam kelas ini. oke mari gue bahas-bahas satu persatu materinya. Semoga hal ini bisa membantu kalian dalam perbaikan domain authority di blog masing-masing

1. Cek Masalah Dalam Blog


Nah ini yang harus kita perhatikan dalam blog kita. Sehat atau tidak. Apa banyak yang tidak baik dalam blpg kita. nah saat memulai kelas ini kita disuruh cek dah tuh blog kita, ceknya di SEO optimer. Dari web ini kita bisa lihat kendala dari blog kita dan ada penilaian berdasarkan blog. Kalo blog ini dapet nilai B+, kalo kata om Irwin nilai harus A. 
cek masalah blog cara menaikkan domain authority
cek masalah blog untuk bisa tahu meningkatkan domain authority

Dalam web ini kita dapat melihat dari theme blog kita, social media dalam blog lalu sampai ketingkat keamanan dari blog kita. Hmm hmm dalam blog gue ini banyak yang harus dibenahi nampaknya. Tapi its oke mari kita lanjutkan ke materi berikutnya yang ga kalah bikin sedih melihat daleman blog kita.

2. Koneksi ke Google Search Console dan Google Analytic


Emang harus konek ke ini? ya karena saat ini  mesin pencarian masih memakai google. Kedua tools ini agak mirip kegunaanya namun ada beberapa hal yang berbeda fungsi. Keduanya sama-sama bisa mengecek perambaan web kita. Perbedaannya ada di GA menampilkan seluruh traffik baik dari Search Engine, Iklan , Direct, Hingga Sosial media. Sedangkan GSC menampilkan traffik berdasarkan Search Engine saja
Google Analytic untuk membantu naiknya domain authority
Tampilan Google Analytic yang bisa membantu meningkatkan domain authority

Google Search Console ini kita bisa fungsikan untuk detect tulisan kita di blog ada tidak di google. Di GSC ini kita juga bisa membuat audit SEO untuk blog kita sendiri. Sudahkah web kita terkonek di google search console?

Google Analytic bisa kita pakai untuk mengetahui traffic dari blog kita. Bagaimana orang-orang mencari blog kita setiap harinya. Enaknya di google analytic ini kita bisa melihat audiens dari berbagai kalangan dan tempat.

Nah sudahkan web kita terkoneksi ke tools ini? yuk kita lakukan agar Domain Authority kita naik.

3. SEO on Page


SEO? Waduh berat banget nih pasti harus menerapkan SEO. Awalnya juga berat banget gue saat diasih materi ini. Maklum belajar materi ini itu 4 tahun lalu. Dan sebelum masuk kelas ini juga dapet pelatihan tentang SEO juga. Tambah dah melepuh nih kepala.
H1,H2,H3 salah satu cara untuk menaikkan domain authority
Penetuan H1,H2,H3 salah satu cara menaikkan domain authority

Materi ini kata mas Irwin sangat penting banget bagi kita untuk pengunaan dalam blog kita. Ada berbagai macam cara yang dilakukan dalam penerapan SEO on page ini. diantaranya adalah

- Keyword
- Search Volume
- Kompetisi kata kunci
- KEI (keyword effectiveness index)
- Penggunaan keyword di judul
- Keyword di permalink
- Keyword di deskripisi
- Keyword di 150 kata pertama
- Jumlah kata
- Link internal
- H1,H2,H3
- Keyword di nama Image
- Title & Alt Image/Video
- Max 2 Eksternal Link
- Share di media sosial (FB/Twitter/dll)
- Submit di GSC


Anjay banyak banget yang harus dilakuin. Beneran dah gue sampe bingung. Pusing banget beneran, apalagi itu perblog harus di edit ulang. Kemarin aja saat pelatihan disuruh edit 3 artikel aja sampe 5 hari itu edit semua. Tapi ya gitu alhamdulillah ada yang masuk page one tulisannya. Seneng donk? 

4. Cek moz pro


Weidih lu bayar donk pake moz pro?

Alhamdulillah selama sebulan dikasih gratis sama para mentor. Makasih ya para mentor hihi. Mayan kan kita bisa mengetahui letak kesalahan blog kita dari tools ini. 
Dalam tools ini kita bisa lihat daleman dari blog kita sendiri. Ada beberapa fitur yang bisa kita lakukan yaitu 
Moz pro tools untuk kiat menambah domain authority
Moz Pro Tools yang digunakan dalam kelas 30 hari meninggikan domain authority

- Moz Pro Campaigns

ini berguna untuk melakukan track pada blog kita,,, baik menganalisa maupun memberi masukan kepada blog kita untuk lebih SEO

- insights 


Berisi tentang laporan dari moz,,, ibaratnya macam notifikasi di facebook,, dari komentar, ajakan menyukai halaman hingga tambah teman ada di notifikasi,,, begitu pula pada MOZ seluruhnya ada di menu insight

- Page Optimization


kita bisa cek seluruh halaman, dari homepage sampai artikel apapun,, tinggal masukan link dan keyword utama,,, maka temen-temen akan dapat nilai dan masukan dari Moz untuk diperbaiki dalam hal ini SEO On Page
Banyak banget option yang kita bisa pergunakan dalam tool ini. gue bener-bener pusing gengs.

5. SEO off Page


Sebenarnya materi ini juga pernah gue dapatkan dulu. Bahkan 2017 gue pernah “bertarung” sama om punto dalam melakukan SEO Off Page. Iya kami sibuk menanam backlink di berbagai tempat untuk job SEO. 

Saat pelatihan ini om punto membagikan beberapa web yang bisa kita tanam untuk backlink blog kita. Baek banget dah ini orang. Berkah berkah ya untuk keduanya. Tapi ini juga bikin gue jelimet karena harus bikin akun di web yang disarankan untuk backlink

6. Disiplin dan kerjakan


Kenapa gue bilang gini dalam cara menaikkan domain authority?? Ya karena semua itu harus dilakukan. Jujur gue sendiri belom disiplin apalagi untuk penerapan di cara no 3 dan 5. Makanya DA gue belom naik selama sebulan ini sedangkan teman-teman yang lain sudah banyak naik dan melejit.
hasil menambahnya domain authority para peserta 

Ilmu yang diberikan dalam kelas ini beneran daging banget loh guys. Ilmunya bisa kita aplikasikan ke dalam blog kita sendiri loh. Gue rasa sebulan ini ga cukup tapi kalo menurut gue juga lebih kelamaan karena memang harus kita yang kerjakan blog kita sendiri. 

Yaudah lah semoga kita bisa naikkan domain authority blog kita yaaak. Ini hasil dari kelas gue selama 30 hari kemarin dalam cara menaikkan domain authority blog kita. Kalian ada cara lain? Coba share di komen ya gengs

Share with your friends

13 comments

  1. Mantep dul, jangan patah arang. Mimpi aja dl bisa di atas 30

    ReplyDelete
  2. Hmm hmm ikutan pusing aku hahaha. Etapi jadi pengen ikut kelas naikin DA ihh. Semoga dibuka kelas khusus mak emak. Biar loadingnya samaan, haha

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya.
    Aku coba deh. Kebetulan blogku juga baru saja diurus. :)

    ReplyDelete
  4. Doel, keren banget bahasannya! Ini langsung aku bintangin buat belajar lagi.

    ga heran blognya Da Pa 30 lawong keren gini bahasannya! makasih ya, pr banget aku naikkan da pa

    ReplyDelete
  5. Trims Dul. Banyak banget printilan DA. Mau coba satu-satu nanti. Kalau domain tidak berbayar ngaruh gak?

    ReplyDelete
  6. Mantap bang infonya berguna banged, jadi pengen ikut kelas gratisnya next time

    ReplyDelete
  7. Wah mantap nih ulasannya, yang paling ribet dari naikin DA tuh kadang kebentur untu bebersih broken link wkwk.

    ReplyDelete
  8. Ku daftar tapi ngga kepilih tapi ngga papa soalnya aku dapat ilmunya d postingan ini hehe bener bener kudu hard work yaa. Trus soal SEO on page itu pake tool apa?

    ReplyDelete
  9. Nah ini nih tipsnya. Yg terakhir yg sulit. Hiks

    ReplyDelete
  10. Sip sip sip bisa ikut belajar saya dr bang doel

    ReplyDelete
  11. wah terima kasih buat ilmunya, kudu dipraktekkin nih!

    ReplyDelete
  12. Wah masih banyak yang bolong nih untuk diterapakan..

    Makasih banyak Bang doel ilmunya. Ijin save dulu...

    ReplyDelete
  13. Aku sedih ga terpilih, padahal aku udah sesuai ketentuan dehh, ya weis belum rezeki berada di kelas 2 suhu itu, tapi dengan baca artikel ini paling ga kebayang ribet dan pusing kepalanya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done