Vaksin Corona akan Hadir ini dia Jenisnya - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

December 21, 2020

Vaksin Corona akan Hadir ini dia Jenisnya

Corona sudah mewabah satu tahun ini. Banyak orang yang sudah terkontaminasi virus ini bahkan sampai meninggal namun banyak juga yang sembuh. Tak sedikitpun masyarakat Indonesia yang terkena virus ini. Data terakhir bulan desember 2020 sudah ada sekitar 100.000 orang yang sudah terkena virus. 

Pakai Masker untuk cegah corona


Namun tenang vaksin sudah ada dan lagi di Uji klinis di laboratarium untuk pengerjaannya. Bahkan pemerintah Indonesia di bulan desember sudah mengimport sekitar 12 juta vaksin untuk dibagikan ke masyarakat Indonesia. 

Ngomongin tentang vaksin sudah tau belum vaksin itu apa?

vaksin adalah zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut. Vaksin mengandung bakteri, racun, atau virus penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau sudah dimatikan. Saat dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi. Proses pembentukan antibodi inilah yang disebut imunisasi.

Dilansir dari halaman WHO ada 4 macam vaksin yang ada yaitu :

1. Vaksin hidup. Di antaranya adalah Vaksin Polio Oral (OPV), campak, rotavirus, demam kuning. 

2. Vaksin yang sudah dimatikan. Di antaranya adalah vaksin pertusis utuh, IPV. 

3. Vaksin yang berisi sub unit dari antigen (antigen yang sudah dimurnikan). Di antaranya vaksin Hepatitis B. 

4. Vaksin yang berisi toksoid (Toksin yang sudah diinaktivasi). Di antaranya adalah vaksin Toksoid Tetanus dan Difteri toksoid.

Vaksin (pic for halodoc)


Sudah tahu kan vaksin itu apa? Lantas untuk vaksin corona ini seperti apa?

Menurut berita yang saya baca di berbagai media vaksin corona yang akan masuk ke Indonesia itu ada sekitar 5 macam yaitu :

Vaksin corona dari Sinovac

Vaksin corona dari Sinopharm 

Vaksin corona dari Moderna

Vaksin corona dari AstraZeneca 

Vaksin corona dari Genexine

Kelima vaksin diatas akan masuk ke Indonesia untuk dijual bebas dan ada yang juga melalui pemerintah dalam pemberiannya. Untuk setiap dosis juga ada takaran dan harga yang harus dikeluarkan. Seperti contoh vaksin moderna yang dijual seharga 300ribuan per sekali suntik. 

Untuk vaksin moderna sudah sampai ke tahap uji ke III di bulan juli kemarin. Rencananya vaksin ini akan di produksi masal di bulan januari 2021 nanti. Waah semakin banyak variasi vaksin yang bisa kita gunakan untuk menangkal virus corona ya.

Ada tidak efek samping vaksin?

Vaksin corona juga memiliki efek samping. Sebagai contoh vaksin moderna ini, dari data perusahaan saat uji klinis ke 3 ada efek samping yang dialami diantaranya adalah demam dan nyeri otot. Tetapi efek samping dari vaksin bisa berbeda disetiap individu, tergantung respon dari sistem kekebalan masing-masing.

Itu dia tentang vaksin corona, untuk sekarang sambil menunggu tahun 2021 kita harus tetap jaga protokol Kesehatan kita dengan cara 3M yaitu, Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari kerumunan. Bagaimana pun sampai vaksin ini di jual bebas 3 hal diatas harus terus kita pegang teguh untuk terhindar dari virus ini. 

Selain itu temen-temen bisa juga baca tentang virus corona di halodoc. HaloDoc adalah sebuah aplikasi kesehatan terpadu yang memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pasien. Bagi mereka yang sibuk, aplikasi ini akan sangat membantu karena kamu bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat bahkan video call untuk mengetahui penyakit yang sedang diderita saat ini. 

Nah gimana temen-temen tetep kan jaga Kesehatan kita ya dengan 3M dan banyak olahraga agar kita terhindar dari virus corona.


Share with your friends

2 comments

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done