Perawatan Badan Pakai Tanaman Lokal Kenapa tidak? - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

February 15, 2021

Perawatan Badan Pakai Tanaman Lokal Kenapa tidak?

 Ngomongin tentang cantik, bagi setiap pria identik dengan putih, mulus, tinggi. Atau bisa saja definisi cantik setiap orang itu berbeda. Bisa jadi cantik menurut setiap orang itu sawo matang, agak pendek rambut panjang. Memang definisi cantik itu punya banyak persepsi. 




Bagaimana dengan Kamu??

Kalau melihat definisi cantik dari KBBI adalah merujuk kepada wajah atau rupa seorang wanita. Jadi kita masih bisa mendefinisikan cantik itu secara bebas. Tapi kalo cantik itu pasti ada perawatan pastinya. Tidak hanya dari luar saja tapi juga dari dalam. 

Perawatan kecantikan

Saya sebagai pria memandang perawatan kecantikan itu memang wajib namun saat ini masih banyak teman-teman wanita yang masih salah pilih dalam melakukan perawatan. Ya kadang perawatan dari bahan kimia masih ada yang bermasalah ya entah dari merkuri atau bahan kimia yang tak cocok di wajah

Indonesia sebagai negara yang mempunyai keanekaragaman hayati, pasti banyak mempunyai resep alami dari turun temurun untuk resep kecantikan. Banyak tumbuhan yang bisa kita jadikan bahan alami untuk perawatan kecantikan. 

Perawatan apa?

Iseng saya menanyakan tentang perawatan apa yang dipakai teman-teman saya yang wanita. Beberapa teman saya ada yang memakai kopi, beras, bengkuang hingga tanaman rempah seperti, kunyit dan temulawak. Bahkan ada yang memakai bahan baku local seperti bangkal di kalimantan

Kadang saya sendiri sebagai pria melihat wanita yang mampu merawat tubuh dengan alami menjadi nilai plus sendiri. Maka dari itu saya coba sedikit membagikan beberapa tanaman yang biasa dipakai oleh teman-teman saya.

1. Kopi

Saat saya iseng nanya ke temen saya tentang perawatan apa, ada yang jawab “gue pake kopi ki”. Waduh saya yang suka kopi baru tau kalau ada yang perawatan pakai kopi. Setelah ditelusuri ternyata dalam biji kopi ada yang namanya asam klorogenat. Apa itu asam klorogenat? Senyawa ini termasuk antioksidan dan senyawa ini banyak terdapat pada kopi robusta yaitu sebesar 15% kandungannya (dewajanti 2019).

kopi


2. Bengkuang

Tak asing lagi bagi kita tanaman ini, tanaman jenis umbi ini pasti sudah banyak terdengar khasiat untuk perawatan. Bahkan ada beberapa merk yang memakai ekstrak bangkuang dalam produknya yang sudah berbentuk body lotion. Menurut penelitian ternyata umbi dari bengkoang terdapat kandungan vitamin C, Flavonoid dan saponin. Di beberapa daerah penghasil bengkuang banyak dipergunakan untuk bedak dingin. Ada penelitian juga menyebutkan bahwa bengkuang yang sudah afkir juga masih bisa digunakan untuk perawatan bahkan hasilnya hampir sama dengan bengkuang yang segar.

bengkoang

3. Kunyit

Tanaman rimpang ini menjadi tanaman yang menjadi produk lokal yang sering digunakan. Apalagi di masyarakat pulau jawa. Kunyit banyak mengandung kurkumin. . Curcumin adalah zat warna kuning yang dikandung oleh kunyit, rata-rata 10,29%, memiliki aktifitas biologis berspektrum luas antara lain antihepototoksik, antibakteri dan antioksidan sehingga kunyit mampu digunakan untuk obat tradisional baik menjaga kesehatan maupun kecantikan kulit tubuh (hermawan 2019)

kunyit

Di pulau jawa kunyit banyak digunakan untuk campuran dalam jamu atau bisa menjadi masker untuk perawatan wajah. Maka daripada itu banyak yang menggunakan komoditas ini bahkan bukan sekedar dari bumbu dapur biasa.

4. Bangkal

Bangkal

Tak banyak yang tahu tentang tanaman ini, saya sendiri pun baru mendengar tanaman ini dari seorang teman saya yang asli Kalimantan dari suku Banjar. Tanaman ini sejenis pohon dari Rubiacea yang banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Biasanya bangkal ini diambil dari kayunya lalu dibuat pupur (bedak) dan dioleskan ke wajah. Tanaman ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang merupakan antioksidan. 

Itu dia beberapa tanaman lokal yang digunakan beberapa teman saya. Indonesia banyak tanaman yang mengandung nutrisi dan khasiat untuk perawatan kecantikan. Baik itu dari perawatan dari dalam maupun dari luar tubuh. 

Dengan adanya tanaman lokal yang diberdayakan oleh masyarakat sendiri kita dapat bisa ramah lingkungan dan ramah sosial. Karena kita bisa memberdayakan potensi alam dan masyarakat sekitar dalam menanam serta membuat produk alami dari tanaman yang ada.

Namun ingat juga pemanfaatan tanaman ini juga harus dilihat dari lingkungan kita. Kelestarian alam yang terjaga juga menjadi ujung tombak dalam pemanfaatan perawatan secara tradisional. Sebagai contoh tanaman bangkal yang masih banyak di hutan Kalimantan. Pemanfaatan tanaman ini harus diawasi untuk lingkungan yang terjaga.

Jadi kalian para wanita biasa memakai tanaman yang mana untuk perawatan?




sumber :

1. Peranan Asam Klorogenat Tanaman Kopi terhadap Penurunan Kadar Asam Urat dan Beban Oksidatif Anna Maria Dewajanti 2019 Jurnal Kedokteran

2. FORMULASI SEDIAAN LULUR PENCERAH DAN PENGHALUS KULIT DARI KUNYIT (CURCUMA LONGA LINN) Rani Prabandani, Hilda Suherman Jurnal farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto

3. PEMANFAATAN BENGKUANG (Pachyrhizus Erosus) AFKIR UNTUK PEMBUATAN BEDAK DINGIN PADA KELOMPOK WANITA TANI BERKAT YAKIN KEC. BATANG ANAI KAB. PADANG PARIAMAN 2019  Risa Meutia Fiana Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat

Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done