Tips Aman Di Ruang Digital - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

May 24, 2022

Tips Aman Di Ruang Digital


Pernah ga tiba-tiba dapat wa atau sms masuk ke dalam gawai kalian?

Pasti pernah dong, kadang kita kesel juga kan ini dapat no darimana ya untuk wa dan sms kita. Keamanan di ruang digital itu memang harusnya penting banget untuk mejaga data privasi kita. Apalagi sekarang dunia digital makin berkembang. Gawai sudah menjadi sebuah barang utama dalam kehidupan kita.

Dikit-dikit buka gawai untuk pesan makanan, transfer duit atau untuk akses transportasi pasti dari gawai. Ibaratnya dunia itu ada di gengaman tangan kita. Lantas aman tidak ya data kita dalam gawai tersebut. Was-was donk kaya cerita saya yang diatas tau-tau no WA ada yang hubungin.

Kebetulan Bang Doel hari sabtu 22 mei 2022 ikut kegiatan tentang keamanan ruang digital. Pembicaranya ada Andri Hutama selaku Presiden Direktur of ITSEC Asia dan Ani Berta dari ISB (Indonesia Social Blogger). Kegiatan ini akan membahas bagaimana kita bisa menjaga keamana data kita agar tidak tersebar di dunia digital. Acara yang bertempat di 7shades coffe Cipete dimulai Jam 13.00-15.00 selesai.



Lantas apa yang harus kita perbuat dalam menjaga data kita dalam dunia digital? Ada beberapa hal yang saya dapatkan dalam kegiatan ini. Berikut yang akan saya bagikan :

1. Password yang Alay

assword atau kata kunci merupakan pintu gerbang orang lain untuk masuk ke akun kita. Banyak dari kita yang memakai password ini dari hal hal yang dekat dengan data pribadi, mulai dari tempat dan tanggal lahir, nama anak, namanya pasangan, nama panggilan dll.

“Pakai password yang alay untuk akun kita tapi jangan gunakan nama alay untuk username akun,” ucap Teh ani.

“Gunakan pasaword yang rumit agar tidak mudah dihack orang lain dan jangan cirikan dengan diri kita,” tambah Mas Andri.



2.  Aktifkan Two Factor Authentication. 

Fitur Two Factor Authentication (2FA) atau sistem lapisan keamanan tambahan selalu tersedia untuk melindungi akun kita. Gunakan fitur ini untuk akun social media. Cara ini akan memberikan kode tambahan selain kata kunci jika kira ingin masuk ke sebuah akun. Bila sudah ada ini maka bila ada yang akan mensabotase akun kamu akan ketahuan dan akan masuk ke dalam gawai kamu.

3. Atur Email

Gunakan beberapa email untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Misal untuk urusan akun bank, gunakan satu email. Untuk aplikasi game gunakan akun lain. Untuk kegiatan keseharian surat menyurat, gunakan akun khusus. Hal ini agar kita dapat mendeteksi hal-hal yang tidak kita inginkan masuk ke dalam email kita. Setidaknya kita tahu bahwa ini email untuk perbankan atau socmed kita.

Gimana sudah sesuai kah keadaan kita dalam menjaga ruang privasi kita di dunia digital? Saya saja sendiri masih belum bisa mengatur hal-hal yang diatas. Apalagi sekarang banyak banget virus atau kejahatan daring yang masuk. Mulai dari  phising hingga malware. Phising ini adalah bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi yang sensitif, seperti kata sandi dan pembobolan nomor rekening melalui komunikasi elektronik resmi seperti surat elektronik atau via whastapp blast yang masuk ke gawai kita. Malware juga menjadi sebuah kejahatana dalam dunia digital. Malware adalah perangkat lunak yang masuk lewat tautan ke perangkat kita tanpa izin dan bertujuan untuk mengumpulkan data.

Nah sudah siapkah kita menjaga data kita dalam ruang digital? Jangan sampai data kita tersebar kemana-kemana. Yuk bareng-bareng jaga privasi kita.

 

 

Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done