"Bismilah Qurban" Menebar Manfaat Qurban bareng Rumah Zakat - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

June 16, 2022

"Bismilah Qurban" Menebar Manfaat Qurban bareng Rumah Zakat

 

Qurban??

Pasti setiap tahun umat islam di seluruh dunia melakukan prosesi ini. ibadah yang didasari atas ketakwaan nabi Ibrahim kepada Allah SWT saat mengobarkan anaknya Nabi Ismail. Kisah ini banyak teman-teman yang  sudah pernah dengar atau membacanya. Dari sikap itu bisa menjadi teladan yang baik untuk kita semua.



Perintah berqurban sendiri hukumnya adalah sunah. Dalil tentang qurban ini banyak tersebar di ayat Alquran. Salah satunya di surat al Hajj ayat 34 yang berarti “"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)

Nah nah gimana  ibadah Qurban kira tahun ini? apalagi di era pandemi kemarin dan saat ini juga ada wabah PMK yang menyerang hewan khususnya sapi. Qurban sendiri biasanya dilakukan 4 hari dari tanggal 10,11,12 dan 13 dzulhijah. Pada hari itu banyak sekali yang berqurban di setiap masjid atau tempat lainnya, namun apakah semua mendapatkan daging kurban?

Beberapa waktu lalu saya sempat membaca artikel yang menceritakan bahwa qurban di sekitaran JABODETABEK itu melimpah dagingnya. Saya sendiri yag setiap tahun berkesempatan menjadi petugas hewan qurban melihat ini sesuatu hal yang kurang berkenan. Distribusi kurban sangatlah kurang ke daerah lain.

Saat saya tugas di pulau terluar yang merupakan kawasan muslim disana tidak ada pemotongan kurban. Harusnya ada daging atau pemotongan disana. Supaya masyarakat bisa menikmati daging qurban untuk semua. Tidak hanya di kota besar saja namun desa-desa yang jauh disana bisa merasakannya.



Salah satu lembaga yang mengambil peran dalam qurban yaitu Rumah Zakat. Lembaga yang sudah berkiprah lama ini banyak mempunyai program untuk perbedayaan salah satunya Desa Qurban dan Superqurban. Mungkin dari saya sendiri Superqurban ini sudah dengar beberapa lama. Program yang membuat daging qurban menjadi kornet untuk dibagikan ke daerah-daerah terpencil.

Target dari Rumah Zakat sendiri untuk sebaran ditahun ini yaitu  2022 adalah 20.000 pequrban, 500.000 penerima manfaat di 34 provinsi dan 8 negara. Melampaui target  tahun 2021, sebaran distribusi qurab oleh rumah zakat yaitu 17.000 pequrban, 251.194 penerima manfaat tersebar di 34 provinsi dan 3 negara.

Rumah zakat seniri meluncurkan dua program yaitu superqurban dan desaku berqurban. Program desaku berqurban ini, kita bisa melaksanakan kurban di daerah yang minim pekurban di mana lokasi desanya sudah ditentukan oleh Rumah Zakat. Meskipun kita tidak dapat menyaksikan pemotongan kurban secara langsung, namun akadnya sudah diwakilkan dan pemotongan pun dilakukan sesuai syariah.Nantinya daging kurban dari hasil pemotongan kurban akan disalurkan pada masyarakat desa tersebut sehingga tepat sasaran, karena akan dipilih desa yang pekurbannya minim. Tidak hanya pemotongan saja, hewan qurban yang dipakai pun digunakan dari penduduk lokal, sehingga tidak hanya qutban saja tapi berayakan peternak lokal.

Selain Desaqku Beraurban programnya dari Rumah Zakat yaitu Superqurban. Menurut Nur Efendi CEO Rumah Zakat dalam konfrensi pers superqurban, “Superqurban terinspirasi dari nabi Yusuf ketika memberikan saran kepada raja mesir. Dimana beliau menyarankan agar raja membuat keputusan untuk menyimpan hasil pangan selama 7 tahun dimasa panen, dan memanfaatkannya lagi dimasa paceklik selama 7 tahun berturut-turut”



Kolaborasi qurban ini untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia juga melibatkan banyak pihak mulai dari pemerintah, lembaga, komunitas masyarakat, dunia usaha, masjid, majelis taklim, sekolah dan lain-lain. Bersama rumah zakat sehingga mendapat rekor MURI untuk kategori Pengemas Daging Qurban Pertama di Indonesia.

Pada program Superqurban ini pekurban bebas memilih akan berkurban kambing atau sapi. Nah, dagingnya tersebut nantinya akan dikemas menjadi kornet dan rendang. Rumah Zakat akan mendistribusikan Superqurban ke daerah 3T, Desa Berdaya, daerah rawan pangan, dan daerah bencana.  Untuk pekurbannya sendiri pastinya akan mendapatkan jatah 1/3 daging yang sudah dikemas dan boleh memilih daging olahan kornet atau rendang. Jika menghendaki daging yang dikemas akan dikirim ke alamat rumah, tapi pekurban pun boleh membagikan daging tersebut ke tempat yang diinginkan misalnya panti asuhan atau suatu desa.

Pada kesempatan acara Bismillah Qurban ini Rumah Zakat juga mengajak duta qurban yaitu Citra Kirana. Artis cantik ini nantinya akan mengajak kita untuk berqurban di rumah zakat. Artis yang biasa disapa CIki ini menceritakan bahwa “ Daging SuperQUrban dari Rumah Zakat ini masih awet sampai 7 bulan apalagi dengan dibentuk kornet kita langsung bisa memakannya”.

Pekurban tidak perlu khawatir proses Superqurban sudah sesuai syariah dan memperhatikan protokol kesehatan termasuk pemeriksaan hewan kurban yang sehat dan terhindar dari Penyakit Mulut dan Kaki di peternakan yang bekerjasama dengan dinas kesehatan setempat.

Rumah zakat sendiri sudah menyiapkan standar untuk kegiatan ini untuk terhindar dari wabah PMK dengan cara :

-          Petugas penyelembelih diberikan desinfeksi, memakai sepatu boot dan masker.

-          Perlengkapan menyembelih dan memotong harus disanitasi

-          Pemisahan (karantina) hewan qurban yang terindikasi sakit

-          Melaporkan ke dokter hewan dan dinas peternakan setempat jika hewan qurban mengalami gejala klinis.

Bagaimana sudah Siap berqurban di Rumah Zakat? Cuss ikutan dan kepoin di webnya rumah zakat langsung  di https://www.rumahzakat.org/l/superqurban. biar bisa berdaya bareng dengan peternak dan daging kurban kita tersebar luas ke penerima manfaat yang lebih baik

 




Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done