Tips Backpacker ala Gue Makin Mudah dengan Internetnya Indonesia - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

July 16, 2022

Tips Backpacker ala Gue Makin Mudah dengan Internetnya Indonesia


Mengatur perjalanan merupakan suatu hal yang biasa saya lakukan saat mau jalan ke luar kota. Membuat sebuah catatan kecil dalam perjalanan bisa menjadi suatu hal kecil yag bisa memudahkan saya untuk mengetahui apa yang harus dituju atau sekedar barang apa yang harus dibawa.

Perjalanan backpacker saya waktu tahun 2019 keliling purwokerto-jogja-lombok-bali itu berawal dari saya yang mencoba membuat itenari kecil untuk perjalanan ini. Penulisan tentang intinary dimulai saat dapat undangan acara di Purwokerto. 

Membuat itenary perjalanan memang susah-susah gampang. Kita harus tahu nanti kapan nginep dimana, transportasinya apa hingga destinasi wisata apa saja yang harus kita persiapkan dalam perjalanan. Jangan sampai deh apa yang kita inginkan itu tidak sampai ke tujuan atau malah kita kacau balau dalam perjalanan, 

Bagaimana saya membuat itenary? Apa yang kita butuhkan? Berikut saya bagikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perjalanan.

1. Buat tujuan

Dalam backpacker kita harus buat tujuan destinasi wisata kita kemana saja. Cek harga tiket masuk serta akses jalan menuju kesana. Saya sebelum berangkat biasa mencari ini memakai internet dari rumah biar memudahkan sebelum jalan. Untung dirumah pakai wifi dari Indihome bisa sat set anti lelet.

2. Tentukan menginap

Hal yang ini biasa saya lakukan dalam perjalanan menuju ke suatu destinasi. Mau menginap dimana? Biasanya saya kalau lagi mepet saya buka kamar yang murah. Karena saya pikir toh Cuma numpang tidur saja. Waktu perjalanan backpacker bahkan nginep di pom bensin atau numpang dimushola. Kadang saya juga menginap di rumah temen yang kebetulan dekat dengan destinasi yang ada. 



3. Biaya yang dikeluarkan

Ini salah satu hal yang sangat penting saya perhatikan dalam perjalanan. Biaya yang dikeluarkan harus kita tekan sedemikian penting. Misal kita ke suatu destinasi kita harus keluarin budjet 2 juta. Ya harus segitu sampai pulang kembali ke rumah. Jangan sampai over budjet. Niat mau healing malah tekor. Jangan sampai deh

4. Transportasi

Ini menjadi hal yang paling utama saya dalam perjalanan. Menggunakan transportasi yang nyaman, aman hingga murah menjadi bahan yang harus ditentukan. Gimana rasanya saat kita mau jalan malah tidak sesuai yang kita harapkan. Pilih transportasi yang mudah. Gunakan sewa motor yang murah saat di daerah karena bisa menekan biaya biasanya saya search dulu penyewaan motor yang ada destinasi. Salah satu manfaat internet yang memudahkan kita dalam perjalanan.

5. Makan dimana?

Makan selalu menjadi momok menakutkan dalam perjalanan. Mengatur tempat makan bisa menjadi kelebihan budjet saat perjalanan. Saya sendiri kadang makan bisa 2x sehari untuk meminimalisir budjet. Minimal bila ke suatu daerah saya mencoba kuliner khas daerah sana, dengan adanya mengatur biaya makan kita dapat mencicipi makanan khas tanpa perlu mengeluarkan biaya berlebih dalam perjalanan.

Gimana sudah siap berpetualang dengan cara backpacker ala saya? 2019 saya keliling itu habis hanya 2 juta rupiah saja. Dan sudah sangat puas dapat destinasi kemana saja. Mengatur semua hal diatas harus siap  semua sebelum perjalanan. Makanya tadi saya bilang kalau sebelum jalan cek semua melalui internet agar memudahkan dalam perjalanan. Beruntung juga di rumah memakai internetnya Indonesia yaitu Indihome dengan penggunaan internet yang aman dan nyaman.

Sudah siap kelililing Indonesia lagi? Ikutin cara saya diatas dapat memumdahlan perjalanan kita deh.. 


Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done