Bijak Jadi Nasabah? Yuk Jaga Diri Kita - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

September 11, 2022

Bijak Jadi Nasabah? Yuk Jaga Diri Kita

Ketipu online?
Ketipu online, pernah ga kalian kalo lagi komplen tentang sebuah bank di socmed tiba2 ada yang komen dari akun palsu bank??
Sering donk, apalagi mirip-mirip banget dengan akun aslinya. Udah gitu dia dm pake langsung wa dengan link.

Kadang banyak banget yang ketipu dengan kegiatan ini. Yang pasti itu phising dan bisa saja mencuri data kita semua. Ga enak banget, bahkan duit bisa aja kecuri karena akun kita dihack dan di bobol
Pernah dulu saya juga hampir ketipu saat di twitter mention akun bank BRI untuk nanya data ternyata banyak dm yg masuk bukan akun asli. 
Kejahatan cyber hari ini sangAt variatif dan banyak hal tidak hanya dm melalui socmed. Bisa saja kita ketipu saat mau mengambil duit atm.

Menjadi nasabah yang bijak itu harus dalam penggunaan data kebijakan setiap tranksasi. Kita harus menjaga data diri kita dan kepercayaan dalam perbankan.
Ada beberapa kejahatan dalam dunia digital yg bisa saja menimpa kita. Berdasarkan apa yang saya baca antara lain

Skimming
Teman-teman harus waspada saat menggunakan ATM. Perhatikan dulu mulut memasukkan kartu ATM, apakah ada alat skimmer atau tidak. Karena alat inilah yang menggandakan data nasabah melalui mesin ATM.

Phising
Tidak hanya lewat alat skimmer, ternyata penggandaan data nasabah juga bisa melalui layanan internet banking, SMS, dan penyebaran link palsu.
One Time Password (OTP)
Teman-teman jangan asal belanja online. Pilih e-commerce yang bonafit dan terpercaya. Kejahatan One Time Password (OTP) adalah kejahatan yang menyedot dana nasabah melalui sejumlah situs jual beli (e-commerce)

Vishing (Voice Phising)

Saat menerima telepon, teman-teman juga harus berhati-hati. Pelaku menghubungi korban melalui telepon dan mengaku dari pihak bank.

Sim Swap

Sim Swap ini adalah kejahatan perabnkan dengan cara pencurian data dengan mengambil alih nomor HP untuk mengakses akun perbankan korban

Menjaga kejahatan digital itu harus dimulai dari kita sendiri. Kalau kita tidak bisa
Aware kita bisa aja menjadi korban dari kejahatan digital ini. 
Ada beberapa hal yang bisa kita jaga dari kejahatan digital ini, yaitu dengan cara
- Jaga data diri 
Kita harus tak asal memberikan data diri kita ke orang lain atau memasukan ke suatu data. Dengan data yang asal dimasukan ke situs atau berikan ke orang yg tak dikenal. Harus awas-awas data kita untuk menjaga lebih baik
- Jangan asal klik
Ga  kaget deh banyak banget phising atau link yang disebar orang. Banyak orang asal klik dan kita ga tau link itu aman atau. Tidak
- Ganti pasword berkala
Mengganti password secara berkala bisa mengurangi dari kejahatan cyber. Kita harus menjaga pasword dan jangan disebar
- Menggunakan Gadget untuk Kepentingan Pribadi
Penggunaan gadget yang dilakukan untuk kepentingan bersama memang rentan membuat Anda menjadi korban cyber crime. Karena bukan mustahil bila akun Anda akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Alangkah lebih baik bila Anda menggunakan gadget untuk kebutuhan pribadi. Lindungi gadget dengan username dan password supaya data-data penting Anda tidak bisa diakses sembarang orang.
- Mengaktifkan Data Encryption
Manfaat data encryption untuk melindungi data-data penting memang tak boleh dianggap remeh. Anda wajib mengaktifkan data encryption pada jaringan lokal seperti LAN atau nirkabel di rumah dan kantor. Aktivasi data encryption akan mencegah akses yang berstatus tidak sah serta meminimalkan risiko penyadapan teks
Mengabaikan Email atau Notifikasi Lainnya yang Mencurigakan
Cara mengatasi cyber crime agar tidak terulang lagi juga membuat Anda harus lebih teliti mengabaikan email atau notifikasi yang mencurigakan. Kiriman email atau notifikasi tersebut biasanya menjadi jebakan untuk memuluskan rencana peretasan. Sebaiknya Anda mengabaikan dan langsung menghapus notifikasi apa pun yang mencurigakan dan tidak dikenali. Jangan mengambil risiko dengan menuruti rasa penasaran dan membuka notifikasi tersebut.
Itu dia cara menurut saya yang bagaimana mengurangi kejahatan cyber menjadi nasabah bijak agar aman dalam bertransaksi. Kita sendiri harus menjadi penyuluh digital untuk kita dan teman-teman kita supaya aman. 

Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done