Zona Madina, Bagaimana Wakaf Bisa membangun Bersama - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

November 3, 2023

Zona Madina, Bagaimana Wakaf Bisa membangun Bersama


 Hah wakaf? Wah wakaf pasti mikir ini tentang ke masjid, atau makam? Tapi kepikiran kan wakaf dari wakaf bisa banyak banget yang terbantu. Apalagi sesama muslim bahkan saudara non muslim bisa merasakan manfaat dari wakaf ini. ya meskipun pengelola (nazir) itu harus dari muslim.


Kalau ngomongin wakaf ini kebetulan saya berkesempatan merasakan bagaimana tanah wakaf bisa menjadi hal yang produktif bagi orang lain. Ya hari itu saya menggunjungi ke daerah parung namanya zona madina. Zona madina ini adalah zona yang dibangun oleh dompet dhuafa dari untuk kepentingan umat.


Pagi itu saya main ke ZOna Madina yang lagi memberikan kegiatan tentang wakaferse. Acara ini memang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa. Acara ini mengajak saya dan teman2 influencer, blogger hingga komunitas melihat wakaf produktif yang terus dikembangkan oleh Lembaga ini. Tempat ini juga ada beberapa tempat yang dibangun dari wakaf yaitu Sekolah Smart Ekslensia, Sekolah Hafidz Quran, Rumah Sakit Sehat Terpadu dan Wisata Djampang.

Intimate Gathering kali ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Eka Setiawati (Direktur Mobilisasi dan Sumberdaya Dompet Dhuafa), Sulistiqomah (So Retail Fundraising Wakaf) dan Ustadz Syari’ie el-Bantanie (Praktisi Wakaf Dompet Dhuafa dan Penulis Buku Membangun Peradaban Wakaf).


Ketika berkunjung ke Zona Madina ini, semuanya terlihat jelas bahwa manfaat wakaf sungguh luar biasa jika dikelola dengan baik. Seperti Zona Madina yang memiliki luas 8,5 hektar yang merupakan sebuah kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan oleh Dompet Dhuafa. Disinilah banyak masyarakat yang terlibat dan langsung mendapatkan manfaatnya.


Kami pun diajak keliling tempat ini yang dimana banyak tempat asik buat didatangin dan buat jalan-jalan santai bersama keluarga. Dalam Zona Madina ini tempatnya komplit banget. Bisa buat tempat makan hingga buat pengobatan. Dengan adanya tempat ini bisa menjadi pilihan untuk jalan-jalan warga sekitar Bogor nih.

Ada beberapa tempat yang saya kunjungi yaitu 

1. Tempat makan dan main 

Yups di tempat ini ada zona buat makan dan main. Mulai dari kopi madaya yang merupakan tempat asik buat nongkrong dan ngopi cantik disini. Kopinya dari pemberdayaan binaan Dompet Dhuafa guys, jadi dari beli kopi disini bisa membantu kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Kalo ngopi aja pasti ga kenyang ya temen-temen. Selain ngopi kita juga bisa mampir makan di teras madina. Tempat makan yang berisi beberapa tenant yang merupakan usaha dari masyarakat sekitar. Makanan disini menurut saya cukup enak untuk dicoba. Oh iya para penyewa tenan ini diberikan gratis untuk tempatnya loh.

Nah disini juga ada kebun binatang kecil yang berisi hewan-hewan lucu. Tempat ini bisa digunakan untuk kegiatan anak sekolah untuk wisata pendidikan. Selain itu ada tempat bermain kecil buat anak-anak main.


2. Zona Pendidikan

Sedikit mengulas tentang Smart Ekslensia. Sekolah ini merupakan sekolah menengah akselerasi, berasrama, dan  bebas biaya untuk anak-anak marjinal yang tidak memiliki kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas karena faktor ekonomi. SMART Ekselensia Indonesia menyelenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ditempuh selama lima tahun. 


Jadi disekolah ini para murid akan tinggal di asrama yang ada di lingkungan sekolah. Muridnya cukup banyak prestasinya. Selain itu banyak tambahan ekstrakuliker yang membuat anak-anak yang sekolah disini lebih memiliki daya saing unggul. 


Untuk seleksi program di Sekolah ini banyak hal yang harus dijalani. Mulai dari wawancara hingga survey rumah para calon murid. Selain ada sekolah, di DD Pendidikan juga ada program Beasiswa Etos dan Bakti nusa. Kalau dua beasiswa ini sudah tidak asing lagi bagi saya. Saat kuliah dulu banyak temen yang mendapatkan beasiswa ini.


Tidak hanya untuk anak SMA dan SMP tapi disini juga ada kampus yang dibangun. Kampus budi Bakti yang siap menelurkan alumni yang kompeten di bidang manajemen. Kampus ini sudah banyak mahasiswanya dan mengembangkan alumni untuk berdaya bersama.


3. Rumah Sehat Terpadu

Rumah sakit ini dibangun dari tahun 2012 yang awalnya dari LKC (Lembaga kesehatan Cuma-Cuma) yang sudah berdiri dari tahun 2001. Rumah sakit ini bisa menampung 87 pasien untuk dirawat inap. Rumah sakit ini juga memiliki 8 poli yang bisa diakses para kaum dhuafa.


Ada 3 jaminan pelayanan pasien yang bisa digunakan di rumah sakit ini, yaitu kartu member, Jamkesnas dan asuransi. Untuk kartu member ini berlaku 2 tahun dan pasien akan mendapatkan pengobatan gratis setiap kali berobat. Selain itu pembangunan dari rumah sakit ini bangun atas wakaf dari banyak orang 


4. Zona Bisnis dan UMKM

Zona Madina memiliki banyak zona bisnis dan UMKM yang berada disini. Selain tadi ada kafe dan teras madina, di tempat inia da beberapa Ruko yang dipersiapkan untuk kegiatan usaha dari Dompet Dhuafa.

Disini ada beberapa kegiatan seperti DD Water, Poliklinik, Masyarat Madani ( penjualan hasil pemberdayaan) dan Optiknya. Semua ini terjadi dibangun dengan pengelolaan dana wakaf yang kita wakafkan.




Gimana dari satu tempat aja sudah banyak program dan bahan yang dibangun dari wakaf yang bisa bermanfaat untuk kita semua. Apalagi di tempat lainnya? Dompet Dhuafa sudah berdirikan program dari wakaf diberbagai daerah, ada wakaf rumah sakit di Jombang hingga wakaf Tahfidz Quran di Lido Sukabumi.

Maka dari itu Dompet Dhuafa mengajak kita untuk berwakaf mulai dari 10.000 rupiah. Dan memulai bersama membangun ini dengan semuanya. Yuk semangat untuk terus berwakaf. Karena mulai dari Rp10.000 sudah bisa berwakaf bersama Dompet Dhuafa. Wakaferse #TeruskanKebaikanmu #PahalaMengalirAbadi





Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done