CSR Hebat Bersama SIDAYA

December 20, 2017

Pernah tidak terpikirkan oleh kita terkadang dana bantuan itu tidak tepat sasaran. Terkadang kita melihat ketidak adilan dalam pembagian bantuan dari pemerintah. Misalnya saat bantuan datang ternyata bantuan yang di kasih ke penerima manfaat tidak tepat atau bahkan mereka tidak berhak di bantu.


Kesel kan kita kalau melihat seperti itu? Nah kebetulan bang doel pada tanggal 8 Desember 2017 datang ke acaranya Kementerian Sosial RI  bekerjasama sama Forum CSR, Conoco Philips, SKK Migas, Kementerian Sekretariat Negara dan Filantropi Indonesia. Nama acaranya “Workshop Nasional Peta Permasalahan Sosial Potensi Dunia Usaha dan Filantropi” di Hotel Golden Boutique di jalan Angkasa, Kemayoran – Jakarta Pusat.

Kegiatan yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai bidang di CSR. Eh ada yang tau tentang CSR? . CSR adalah suatu mekanisme dalam perusahaan untuk secara sadar untuk mengintegrasikan perhatian terhadap lingkungan sosial kedalam operasi dan interaksinya dengan stakeholder, yang melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum. Nah setiap perusahaan itu pasti akan memberikan bantuan, namun terkadang data penerima bantuan ini tidak tepat sasaran.

Kemensos sebagai pihak pemerintah yang menanggani masalah sosial pada hari itu meluncurkan program SIDAYA.  SIDAYA ( Sistem Informasi Pemberdayaan Sosial ) adalah sebuah program untuk memantau pengembangan dana sosial. Selain itu program ini mempunyai beberapa keuntungan bagi  Penggiat CSR, Masyarakat dan Pemerintah, berikut keuntunganya :
  1. Bagi penggiat CSR dan filantropi, membantu dalam perencanaan, implementasi, evaluasi dan monitoring program CSR. Juga memudahkan dalam berbagi peran dan tanggungjawab antar penggiat.
  2. Bagi masyarakat, kegiatan CSR – Filantropi akan dirasa lebih merata, berkelanjutan, komprehensif, dan berkeadilan
  3. Bagi Pemerintah, dapat ‘berbagi tugas’ dan sumberdaya dalam upaya penanggulangan kemiskinan, pengangguran, kesenjangan, serta beragam permasalahan sosial lainnya.

Pada nantinya program ini akan berisikan Informasi dan Data yang menunjang terlaksananya fungsi koordinasi, inisiasi, fasilitasi, dan menyinergikan potensi pelaku usaha, lembaga sosial, perguruan tinggi dan masyarakat untuk mengoptimalkan implementasi tanggungjawab sosial dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, sebagai upaya percepatan pencapaian tujuan pembangunan Kesejahteraan Sosial. Selain itu SIDAYA akan berisikan data PMKS ( Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di seluruh Indonesia berdasarkan Propinsi sampai tingkat desa atau kelurahan , Data PMKS ini akan meliputi data : Kemiskinan, Keterlantaran, Kecacatan, Keterpencilan, Ketunaan Sosial atau Penyimpangan Perilaku, Korban Bencana, Korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskrimasi.

Untuk para penggiat CSR program ini sangat dibutuhkan. Suatu saat nanti kita tidak akan sulit untuk mencari data saat akan memberikan bantuan. Pada nantinya kita tidak terjadi lagi ketimpangan sosial saat bantuan datang ke penerima manfaat. Semoga dengan program ini pemerataan bantuan dapat diperbaiki.


You Might Also Like

2 comments

  1. syukurlah, kecanggihan teknologi bisa membawa perbaikan kesegala sektor. Semoga dengan adanya SIDAYA ini bantuan CSR benar2 tepat sasaran demi Indonesia yg lebih sejahtera

    ReplyDelete
  2. Yaa!! Semoga sindaya bisa memberikan sesuatu dengan mudah tanpa adanya kendala teknis lainya, sehingga bisa jadi panutan masyarakat umum..😄

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh