Menanam Pohon dan Menyusuri Curug Goong di Lereng Gunung Gede Pangrango bersama Aqua Lestari

December 05, 2017

Aqua... dum dum dum.. pasti orang Indonesia banyak yang tahu dengan cuplikan lirik dari iklan ini. Bahkan bang doel sendiri kadang kalo ingat aqua pasti langsung menyenandungkan jingle ini. Pasti sobat pembaca juga kan.


Ngomong-ngomong tentang Aqua, bang Doel bersama kawan-kawan blogger pada tanggal 29-30 november kemarin berkesempatan untuk mengunjungi salah satu plan pabriknya. Pabrik ini terletak di daerah Cianjur tidak terlalu jauh dari kota. Pabrik #AquaCianjur ini ternyata mempunyai program CSR di sekitar daerah pabriknya. CSR yang dikelola oleh #AquaLestari ini mempunyai banyak program mulai dari pertanian terpadu, sumur resapan hingga program penghijauan di lereng gunung di sekitar pabrik.


Salah satu program dari #AquaLestari ada di daerah kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat. Kampung yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango ini mendapatkan program pertanian terpadu dan penanaman pohon.  Pertanian terpadu di kampung Tabrik ini memiliki produk unggulan yaitu paprika. Paprika-paprika dari kampung Tabrik ini dirawat dengan cara organik.

Bang doel sendiri sangat terkesima saat pertama kali memasuki daerah kampung ini. Kiri kanan kulihat banyak pohon cemara Green House berjejer rapi dan ladang-ladang pertanian banyak didekatnya. Sampai di kampung ini kami disambut dengan tarian pencak silat dari pihak Aqua serta  pihak terkait di kampung ini.

Pembuatan pertanian terpadu dengan konsep Ecofarming ini awalnya sangat sulit bagi petani di daerah ini. “Namun karena semangat dari kolaborasi Aqua dengan Masyarakat Mandiri dalam mengedukasi tentang pertanian maka akhirnya petani mau melakukan kegiatan ini “ujar Pak Djarot dari pihak Aqua. Selain pengelolaan pertanian #AquaLestari dan #AquaCianjur juga melakukan gerakan menanam pohon.

Penanaman pohon ini dilakukan di daerah kaki Gunung Gede Pangrango berkolaborasi pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Pohon yang ditanam jenis Rasamala dengan nama latin Altingia Excelsa Noronha ini nantinya akan menjadi penyangga dalam ekosistem dan juga pelestarian air. Penanaman pohon ini juga menjadi salah satu kontribusi Aqua dalam memperbaiki ketersediaan air di lereng-lereng gunung.

Oh iya menanam pohon ini tidak di dekat perkampungan tapi di daerah kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang bisa menjadi menahan erosi dan pengundulan hutan yang makin marak. Jarak yang mendaki membuat bang Doel agak kecapean dan cuaca yang juga tidak menentu namun tidak kehausan karena ada Aqua yang menemani. Ternyata tidak hanya menanam pohon, kami juga diajak mengunjungi air terjun atau orang sunda bilang curug.


Curug Goong orang dekat situ bilang. Awalnya bang Doel merasa sanggup saat dibilang hanya 10 menit dari tempat penanaman pohon. Sudah Pede aja dan merasa sanggup cuma 10 menit saja dan jalanan turun. Saat menemukan akses jalan turun tiba-tiba pikiran agak deg-degan, menjadi orang yang terakhir masuk ke jalanan menuju curug jadi merasa menyerah. Pikiran pun bilang sudah kepalang basah masuk ke jalur akhirnya berjalan terus ke bawah menyusuri jalur yang telah ada. Mungkin seperti peribahasa yang ada di balik kesusahan pasti ada kemudahan. Diujung jalan yang curam dan berliku ada curug yang indah. Curug yang masih belum terjamah dan masih sangat asri ini sangat bagus dan indah. Hati terpikir untuk cuci muka namun apa daya napas udah kecapean akhirnya hanya duduk mojok di atas batu sambil menikmati curug.

Hujan kembali menguyur deras daerah curug. Kami akhirnya kembali ke tempat pertemuan awal di perkampungan. Menjadi peserta paling akhir yang naik ke atas karena badan sudah tidak seperti dahulu lagi yang masih bisa diajak kompromi saat berjalan. Seperti saat menuju ke curug kembali pulang pun menjadi yang terakhir. Jalanan terjal kembali dilalui untung ada bapak-bapak jagawana dan adik-adik SMK yang membantu untuk kembali pulang. Oh iya curug ini awalnya ditemukan oleh adik-adik pencinta alam dari SMK bersama Jagawana. Jadi untuk teman-teman yang mau mengunjungi curug ini coba contact penjaga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dulu karena masih di dalam kawasan juga dan akses yang masih belum tertata rapi.

Badan sudah sangat lelah namun hati puas telah mengunjungi curug dan menanam pohon di kampung ini bersama #AquaLestari dan #AquaCianjur. Sudah selesai keseruan? Belum belum masih ada kita memanen paprika dan mengunjungi pabrik #AquaCianjur.


  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. Ah menyenangkan ya ikut acara ini. Coba dikunjungi 5 Tahun lagi, mungkin pohonnya sudah besar. Pohon Bang Doel.

    ReplyDelete
  2. Diet bang, biar gak keteteran lagi kalo ada undangan di sekitaran gunung hahaha...

    ReplyDelete
  3. wah coba saya ikut ya, pasti ada penjelasan ttg CSRnya yg pastinya nyerempet2 ke akuntansi lingkungan :p

    btw, banyakin nanjak nurun bang, biar kuat

    ReplyDelete
  4. klo udah duduk santai dipinggir curug capeknya cepet hilang :D. sempet main air g mas?

    ReplyDelete
  5. Bawa coklat bang klo lg main2 ke tempat yg tracknya naik turun begitu :)

    ReplyDelete
  6. Capek-capek langsung ilang ya pas udah liat curug yang cakep gini. Adem lihatnya :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh