DS Hostel Layur : Hotel Murah 50.000an Dekat Stasiun dan Kota Lama Semarang

January 10, 2018

Pernah kepikiran tidak saat jalan-jalan menemukan hotel seharga 50ribu rupiah? Sudah komplit dan full dengan makan pagi handuk dan loker ya?. Cerita ini berawal saat gue iseng backpacker ke Semarang sehabis dari Pekalongan. Ituuuh abis ikut kegiatan Petung Kriyono gitu. Awalnya bingung mau nginep dimana, karena terbiasa ngegembel dan tidur di stasiun tiba-tiba iseng nanya ke temen yang sering memakai aplikasi untuk cari hotel murah.  
(sumber: Traveloka.com)

Saat itu teman ini langsung kirim kode referal dia dari kode booking.com. “bang coba deh pake kode booking ini deh”. Gue pun mencoba dan iseng searching hotel murah di sekitaran Semarang dengan budjet 100ribuan (maklum backpacker mah ngapain cari yang mahal-mahal).  Tiba-tiba mata tertuju dengan hotel seharga 50ribu dan dekat dengan stasiun besar di Semarang. Nama hotelnya yaitu DS Hostel Layur.

Cek-cek arah dan tempat akhirnya booking langsung deh via aplikasi ini. Padahal Cuma cari yang murah aja, lagipula Cuma buat tidur dan nitip tas saja. Sampai di Semarang sudah jam 8 malam dan benar-benar buta arah mau kemana. Mau tanya ke temen nampaknya sedang sibuk malam itu. Padahal sudah janjian sama adik kelas tapi masih agak lama dia sampai ke tempat janjian. Oh iya sudah ada OJOL di sini akhirnya pesan dahulu untuk menuju hotel ini. 

Tidak sampai sepuluh menit driver pun sampai namun bingung juga saat di telepon dan minta arah petunjuk utara dari stasiun (kejadian kalo di jawa tengah pasti dikasih petunjuk arah gitu). Setelah sepuluh menit ketemu juga dengan drivernya. Sepuluh menit perjalanan di tempuh dengan santai. Awalnya agak was-was juga masuk ke daerah hotel ini karena dekat dengan rel kereta dan pemukimanya sepi di sekitarnya. Sampai di hotel terlihat sepi dan hanya sebuah bangunan ruko, resepsionisnya ternyata sedang keluar hanya ada tamu yang sedang menonton TV. Akhirnya naik ke kamar dahulu karena badan sudah lelah dan mau taruh tas untuk jalan lagi pada malam itu.

Masuk kamar ya seperti biasa ada beberapa kasur untuk tidur dan modelnya seperti kabin-kabin. Kurang lebih ada 16 kabin di dalam kamar ini dan Bang doel memilih yang paling ujung karena sepi dan tidak menggangu yang lain untuk keluar masuk. Bagi Bang doel yang hanya numpang tidur saja kabin dari hostel layur ini lumayan nyaman dengan kasur yang empuk tapi mungkin agak kecil ya dan kurang untuk menaruh tas dan akhirnya Bang doel menaruh tas di atas kasur.

Malam gue baru kembali jam 23.00 setelah menikmati Semarang di malam hari bersama adik kelas saat kuliah. Badan sudah agak capek dan istirahat lah Bang doel. Mungkin yang agak kurang dari kabin ini yaitu penutup dari kamarnya, karena penutupnya hanya selembar kain yang disangkutkan ke peniti jadi kadang kalo kegeser suka lepas penitinya. Untuk lampu gelap di luar kabin namun di dalam ada lampu kecil untuk tidur kita. Tepat jam 00.00 akhirnya tertidur juga.

Bangun pagi agak kelaperan dan memang belum buka loker karena di pastikan tidak muat untuk tas yang gede, eh pas buka loker ternyata dapat Pop mie dan handuk beserta odol. Wah lumayan juga hotel ini. Sudah murah tapi fasilitasnya wow, oh iya untuk kamar mandi juga luas dan enak, ada shower dan WC yang bersih. Disini juga dapat free air minum dari galon yang tersedia. 


Jadi sudah bersiap backcpacker ke Semarang? Jangan lupakan Hostel ini untuk mencari tempat yang murah dan lengkap fasilitasnya. Akses untuk kemana-kemana juga dekat, hotel ini dekat dengan kawasan kota lama dan juga dekat dengan stasiun kereta api besar Semarang tawang dan Poncol. 

You Might Also Like

26 komentar

  1. Kasurnya muat bang? Hihi. Tapi ya namanya hostel pasti begitu ya. Buat numpang tidur doang lumayan lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha muatt.. untuk tidur dan istirahat cukup daripada harus ngemper di jalanan

      Delete
  2. Lumayan laaaaah buat numpang tidur mah ya.

    ReplyDelete
  3. Penampakan luarnya ni hotel perasaan agak horor ya 😅

    ReplyDelete
  4. kelihatannya sih bersih. boleh lah, nice info. btw, diriku heran mengapa dirimu nulis nama sendiri tidak pakai huruf kapital? tertulis Bang doel beberapa kali. keep writing and cheer up

    ReplyDelete
  5. Murah sih, tapi model asrama kadang suka bikin kurang nyaman euy

    ReplyDelete
  6. Ngga sampai 50 rb malah pas aku ke sana. Memang modelny kurang tertutup.

    ReplyDelete
  7. Harganya mencengangkan, fasilitasnya lumayan y dikasih pop mie segala. Kalo buat backpacker mah ini inceran bgt, orang kasur paling dipake 4-5 jam sisanya keliling kota buat jalan2.

    ReplyDelete
  8. Wah mulai ngetren model dormitory ya

    ReplyDelete
  9. Kalo ke semarang bisa nih nginep di hotel ini

    ReplyDelete
  10. DS. Hostel Layur membantu kaum / kelas bawah. Saya pasti nyari tempat menginap yg murah kalau sempat ke Semarang

    ReplyDelete
  11. uwooww harganya. Ini hotel buat single traveller kali ya

    ReplyDelete
  12. Murah banget, 50ribu deket stasiun lagi. Next kelai ke Semarang, bisa jadi referensi

    ReplyDelete
  13. Modelnya homestay ya..
    Kalau buat numpang tidur okaylah, apalagi yang backpakeran, pas ini.

    ReplyDelete
  14. Buat packpakeran its ok bang. Tidur beberapa jam cukuplah kan asyik klayapan sepanjang liburan.

    ReplyDelete
  15. Horor gak bang? Soalnya di foto kelihatan horror.

    ReplyDelete
  16. Bagus nih penampakannya, bisa jadi pilihan bagi yang backpakeran... hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau yang emang datang untuk jalan-jalan di Semarang, nginep mending yang sederhana tapi nyaman gini yaa. Thanks for sharing, mas!

    ReplyDelete
  18. Wih murah banget om. Noleh dicoba tuh kapan-kapan ah kalo maen ke Semarang. 😎👍

    ReplyDelete
  19. Kalau main ke semarang mau coba kesini ah, harga nya terjangkau

    ReplyDelete
  20. Kalau buat numpang tidur dan taruh barang lumayan banget nih hostel. Selebihnya kan mau jalan-jalan keliling kota. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  21. Buat backpakeran cocok niy low budget tapi tetap seru tempatnya ya.

    ReplyDelete
  22. lumayan ya tempat nya bersih. cuma klo mau pergi2 tas baju nya aman tuh di tinggal di hostel?

    ReplyDelete
  23. Lumayan bisa buat berhemat ya.

    ReplyDelete
  24. makasih infonya Bang, pankapan bisa dicoba ini...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh