Menjemput Takdir Indonesia Jaya 2020

May 23, 2018

Indonesia merdeka sudah hampir 73 tahun, tapi masihkah ada harapan kita untuk negeri ini? 110 tahun juga kebangkitan nasional  setiap tahunya kita peringati. Mulai dari jaman Boedi Oetomo dibentuk sampai jaman sekarang. Indonesia sudah bangkit tapi kita belom menggapai kejayaanya  untuk Indonesia yang baik.

Ngomong-ngomong tentang kejayaan itu akan berarti tentang bagaimana kita siap untuk maju dengan kaki dan tangan kita sendiri. Indonesia negara luas, 17 ribu pulau membentang dari Sabang sampai Merauke. Ada 34 provinsi di negeri ini beragam macam suku, beragam macam bahasa. Tidak ada yang kurang dari negeri ini. Negeri yang Gemah Ripah Loh Jinawi selalu di dengungkan sedari dulu.

Hmm apa yang bisa kita banggakan?

Oke saya akan berbicara ke makanan dulu deh. Karena makanan adalah kewajiban ya? Kalau enggak makan kita akan mati, begitu orang-orang bilang setiap harinya. Indonesia makananya banyak banget, mulai dari yang pedes, asem, manis dan pahit pun ada.

Ikan asin, kalau saya sebut kata ini pasti akan langsung menuju sebuah ikan yang digoreng lalu ada sambal terasi dengan nasi hangat beuh pasti ajib. Banyak orang yang mengagap makanan ini kelas rendah loh. Memandang sebelah mata produk yang cara membuatnya sangat mudah. 

Ikan asin ini adalah ikan yang sangat mahal harganya kalau di luar negeri. Bayangkan saja satu potong ikan jambal roti itu bisa di hargai sebesar 20.000 rupiah. Namun untuk di dalam negeri sendiri harga ikan asin bisa 30.000 per kilonya di pembuatnya langsung. Kemarin saya sempat melihat pengolahan ikan asin di Karimun Jawa. Disana masyarakat ada yang membuat ikan asin. Ikan asin disana bila di jual ke wisatawan bisa mencampai 20.000 per bungkusnya yang berisi hanya 3 potong ikan asin.

Fyi guys, Sejak abad ke-9 dan ke-10 di berbagai prasasti juga ditemukan bukti-bukti tentang adanya industri ikan asin serta industri pembuatan garam yang menjadi bukti sejarah bagaimana nenek moyang kita secara naluriah mengembangkan sebuah “kearifan lokal”.

Nah itu baru ikan asin aja loh yang bisa kita banggakan. Hari minggu tanggal 20 mei kemarin ada acara blogger gathering bersama Sembutopia membahas masalah tentang ini loh. Membahas bagaimana Indonesia kedepanya. Indonesia 2020 akan menjadi jaya di mata dunia dengan menggunakan kearifan lokalnya.

Kita tidak pernah naif tentang negeri ini. Negeri yang selalu ada untuk kita, negeri yang selalu bisa memberikan apapun. Lihat saja apa yang tidak ada di negeri ini? Semua melimpah ruah, dan tinggal kita yang mengembangkan.

Dalam acara ini juga hadir berbagai macam profesi yang menshare pengalaman dan mimpi mereka tentang indonesia di 2020 nanti, beberapa yaitu ada :

Kanti Janis - pengacara, novelis dan aktifis perempuan
Premita Fifi - novelis dan aktivis perempuan
Raja Asdi - aktivis dan sineas
Fritz Simandjuntak - pemerhati olahraga dan ahli komunikasi
Adya Novali - atlit binaraga
Iwan SJP - ahli komunikasi
Sandy Canester- Penyanyi

Para pembicara di atas memberikan mimpi tentang apa indonesia di masa mendatang. Mereka memberikan pernyataan bahwa indonesia harus jaya di 2020 nanti.

Indonesia 2020- Sebuah Takdir Kejayaan memiliki sejumlah makna, yang pertama adalah angka 2020 itu sendiri yang merupakan arti dari penglihatan sempurna dan yang kedua adalah tahun 2020 yang diharapkan menjadi tahun kejayaan bagi Indonesia.


So sudah siapkah kita untuk menuju Indonesia Jaya di 2020?? Pasti bisa dan selalu Jayalah negeriku Jayalah Bangsaku

You Might Also Like

6 comments

  1. Bener2 anak perikanan yah Bang Doel. Jaya selalu Bang 💪💪💪

    ReplyDelete
  2. pasti kalau kuliah di jurusan perikanan tahu banya ya tentang kekayaan alam indonesia, saya yang di jurusan sastra aja takjub dengan warisan sastra para leluhur.. tabik

    ReplyDelete
  3. Bang, ikan asin apa yang paling enak bang?

    ReplyDelete
  4. Yang foto terakhir gak mau dicoba adu panco gitu wkwkwk.
    BTW, seperti ada yang mirip Pak Kafi Kurnia ya...

    ReplyDelete
  5. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

    ReplyDelete
  6. Ini judul acaranya keren banget ya Takdir Kejayaan. Seolah Indonesia sudah (akan) ditakdirkan jaya tahun 2020 nanti. Amiin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh