10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Kamu Coba

March 25, 2019

Apa yang kamu pikirkan tentang Kota Solo?

Pasti langsung bilang Pak Jokowi, bapak presiden kita ini memang berasal dari kota ini. Selain beliau masih banyak hal yang bisa kita ingat tentang kota ini. Tempat wisata di kota ini pun banyak sekali mulai dari yang berada di Kota Solo hingga yang berada di daerah sekitarnya. Selain tempat wisata juga ada beragam kuliner yang wajib dicoba kalau ke kota ini. Untuk menginap hotel di Solo pun banyak. Hotel-hotel di kota ini sudah murah, bersih bahkan sudah banyak kok yang bintang 5

Kalau wisata tapi tidak kulineran mungkin kayak hidupku tanpa dirimu ya, kayak ada yang kurang. Kota ini banyak sekali macam kulinernya, mulai dari yang manis hingga yang gurih. Dari yang murah hingga yang mahal, tapi tenang harga masih terjangkau kok.

Mari kita sedikit menyusuri kota ini untuk mencari beberapa kuliner yang tidak bisa kita lewatkan kalau ke kota ini. Berikut saya akan bagikan 10 kuliner yang wajib kamu datangin kalau ke Kota Solo ini.

1. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Tengkleng ini sudah sangat legendaris banget di kota Solo. Untuk mencari tempat makan ini mudah sekali, tinggal menuju ke Pasar Klewer yang merupakan salah satu pasar terbesar di kota ini. Posisinya berada di pondok-pondok makan diantara Pasar Klewer dengan Masjid Agung

Tengkleng disini banyak menu yang bisa kita pilih seperti paket komplit dengan isinya yang penuh atau hanya bisa memilih beberapa isian saja seperti otak, jeroan hingga daging kambing saja. Harga untuk paket komplit dijual 50.000 rupiah. 

Tempat makan yang sudah buka dari tahun 1971 ini buka dari jam 12.00 sampai jam 16.00. Namun jam tutup ini tergantung ketersediaan menu, kalau sudah habis bisa saja lebih cepat. Apalagi saat jam makan siang kita harus ambil nomor antrian dulu sebelum membelinya.  Selain rasanya yang enak yang membuat beda dari tengkleng ini karena penyajiannya menggunakan pincuk.

2. Sop Buah Bunuh Diri

Tidak hanya makanan namun minuman yang segar pun ada di kota ini. Sop Buah Bunuh Diri begitu namanya. Sop ini dinamakan ini karena banyak banget isinya. Bayangin saja potongan buah yang banyak lalu ditambahkan sirup serta susu ini dihargai Cuma Rp 7.000 . 

Tempat warung es buah ini dekat Pasar Kliwon. Tempat jualan es ini agak ke dalam gang jadi yang membawa mobil bisa parkir di pasar. Es buah ini merupakan tempat mahasiswa dan anak muda Solo kumpul. Kalau siang-siang kesini pasti rame banget dan antri loh.

3. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi liwet merupakan salah satu masakan yang banyak ada di kota Solo. Nasi putih ditambah sayur labu, potongan ayam serta ditabur areh diatasnya. Areh ini yang menjadi ciri khas dari nasi liwet ini. Areh ini terbuat dari santan kelapa namun bentuknya kenyal.

Salah satu tempat yang menjual nasi liwet ini adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Untuk mencari tempat makan ini ada di jalan Keprabon dekat dengan Mangkunegaraan. Harga untuk seporsi nasi liwet ayam sebesar Rp. 20.000. Nasi liwet ini udah ada dari tahun 1950. 

Udah kenyang belum? Kalau belum kenyang ayo kita lanjut lagi tentang kuliner di Kota Solo yuk. 

4. Serabi Notosuman

Serabi? Pasti tidak asing dengan makanan ini kan, makanan yang terbuat dari tepung beras ini mempunyai rasa yang gurih. Kue ini merupakan salah satu makanan yang khas dari kota ini. Ada banyak tempat jualan serabi di kota ini. Salah satunya Serabi Notosuman

Kalau ke Solo tidak mampir ke serabi  ini kayaknya kurang afdol. Serabi Notosuman yang sudah berjualan dari tahun 1920 ini menyajikan dua rasa yaitu Coklat dan Polos.  Harga sekotak Rp 26.000 untuk yang polos dan Rp 28.000 untuk yang rasa coklat. Di tempat ini kita juga bisa melihat proses pembuatannya loh.

5. Sambal Tumpang Solo

Sambal tumpang merupakan makanan yang terbuat dari perpaduan tempe busuk dan tempe bagus. Perpaduan dua bahan yang bertolak belakang ini yang membuat rasa sambal ini agak gurih dan enak

Sambal tumpang ini biasa dimakan dengan sajian nasi putih lalu ditambah sayuran seperti toge, kol dan lainnya yang disiram sambal. Untuk mencari makanan ini bisa beli di tempat angkringan HIK atau warung makan di daerah Manahan seharga 15.000 rupiah per porsi.

6. Makan es krim di Kusuma Sari

Restoran ini merupakan salah satu restoran jadul yang ada di Kota Solo. Bangunannya pun mempunyai konsep yang jadul. Walaupun merupakan restoran yang jadul tapi salah satu menu yang wajib kamu coba adalah es krimnya

Selain makanan khas Solo yang dijual, restoran ini menawarkan sajian es krimnya. Es krimnya banyak macam menu seperti es krim nougat, es krim pinokio serta yang menjadi menu utama yaitu es krim Kusuma Sari. Harga per porsi es krim ini dijual seharga 18.000-25.000 rupiah saja.

7. Selat Viens

Saat wisata kuliner ke Kota Solo melupakan tempat makan ini kayaknya kurang. Restoran ini menjual salah satu makanan khas Solo yaitu selat. Selat ini merupakan perpaduan antara makanan eropa dengan jawa. 

Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica

Rumah makan ini mempunyai banyak cabang namun yang pertama kali buka terletak  di Jalan Hasanudin. Untuk harga per porsi dari selat Solo ini dijual dari harga 9.000 -13.000 rupiah tergantung menu selat apa yang dipilih. 

8. Timlo 

Makanan yang cocok dimakan saat malam hari dengan udara yang dingin. Timlo ini seperti sop dengan isian ati ampla ayam, irisan dadar gulung, irisan sosis Solo, mihun, dan suwiran ayam goreng. Kuahnya bening, encer, dan segar.

Timlo ini banyak dijual di sekitaran kota Solo. Ada beberapa restoran rekomendasi yang menjual makanan ini seperti Timlo Sastro, Timlo Solo dan Timlo Maestro.

9. Es Dawet Telasih

Minuman ini merupakan minuman kesukaan pak Jokowi. Untuk mencoba minuman ini ada di Pasar Gede Solo. Minuman ini berisi selasih dengan dawet hijau lalu ditambah es. 

Untuk warung yang biasa didatangin Pak Jokowi yaitu Warung Es Dawet Yu Dermi. Es dawet di sini sudah ada dari tahun 60an dan sekarang dipegang oleh anaknya. Untuk semangkok es ini dijual seharga 6.000 rupiah

10. HIK Solo

Kalau ke Solo tapi ga ke HIK? Seperti tidak ke kota ini. HIK itu kependekan dari Hidangan Istimewa Kampung. Menu yang ditawarkan di warung ini banyak ragam. Mulai dari sate-satean, goreng-gorengan hingga makanan utama.

Warung HIK banyak sekali di kota ini. Ada beberapa HIK yang wajib kamu datangin yaitu HIK Gaul, Wedangan Pendopo dan Wedangan Pak Dhe. Untuk makan di HIK murah meriah kok. Kita bisa menghabiskan 50.000 rupiah sampai kenyang.

Gimana sudah puas kulineran di kota Solo?? Nah kalau sudah puas pasti kita akan kenyang dan ngantuk neh. Jadi butuh istirahat di hotel yang nyaman atau bisa juga mencari hotel yang unik. Kalau saya merekomendasikan hotel di Solo yaitu Swiss Bell in Sari Petojo. Hotel ini punya sejarah yang teramat panjang di kota ini. Hotel ini dulunya adalah pabrik es pertama di kota Solo.



Untuk memesan hotel ini gampang saja tinggal buka aplikasi booking online di gawai kalian. Kalau saya rekomendasikan ke pegi-pegi. Kenapa ke pegi-pegi? Aplikasi ini mudah sekali untuk pembayaran, lalu banyak promo di aplikasi ini. Selain itu harga juga dijamin yang terbaik dari aplikasi lain.

Jadi itu 10 kuliner Kota Solo yang menurut saya wajib dicoba saat ke kota ini. Jadi yang mana yang sudah kamu coba??


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh